Mengenal Rombertik, Virus yang Mampu Menghilangakan Drive Harddisk

6 May 2015 14:40 1947 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal virus komputer yang berbahaya bernama Rombertik

 

Perkembangan virus terus mengalami kemajuan seiring berkembangnya teknologi komputer. Perangkat yang paling rentan terhadap virus adalah komputer, terutama untuk Operating System Windows. Antivirus pun terkadang tak mampu melawannya, mereka harus terlebih dahulu mempelajari virus baru untuk membuat penangkalnya. Dan kali ini, virus komputer yang sangat berbahaya kembali muncul mengintai perangkat Anda. Virus tersebut di sebut Rombertik. Malware yang tak mau di deteksi dan berakibat dramatis. Ahli teknologi menyebutnya pemalu karena bila ada yang mendeteksinya, dia akan menghancurkan diri.

 

Seperti Apa Rombertik?

Rombertik secara umum tidak jauh berbeda dengan kebanyakan malware yang sudah ada saat ini, dia bertindak sebagai keylogger untuk web browser Anda. Berbahaya bukan? Dia memburu informasi yang memungkinkan untuk dilihat dari jarak jauh seperti username/kombinasi password atau nom0r kartu kredit. Kenapa ini yang menjadi target, karena data ini yang bisa menghasilkan uang dan paling mudah untuk di transfer melalui internet karena hanya merupakan angka dan huruf. Namun, untuk saat ini Anda tidak perlu terlalu khawatir karena malware ini baru sedikit menginfeksi komputer yang ada di dunia.

Rombertik menjadi perhatian ahli-ahli komputer karena kemampuannya untuk sembunyi, dia akan sembunyi bila Antivirus Anda melakukan scanning atau ketika Anda membuka folder yang berisi Rombertik. Cukup pintar bukan, tetapi sejatinya virus memang memiliki tingkah dan kemampuan seperti itu sejak diluncurkan pembuatnya.

 

Cara kerjanya

Rombertik memiliki taktik dengan tingkatan operasi yang berbeda, tergantung situasi yang terjadi. Secara otomatis malware ini akan memformat hard drive PC yang di infeksi untuk memuluskan operasi yang dia inginkan. Ada juga teknik kamuflase lain seperti mengelabui analisa sandbox dengan menyuntikkan 950 juta kode sekaligus atau mencoba menimpa master boot record (MBR), ruang penyimpanan di hard drive Anda yang berguna menyimpan informasi mengenai disk tersebut, biasanya hanya 512 byte saja. Jadi, bila informasi sudah menumpuk di sini hard disk tidak akan berjalan dengan baik dan sulit untuk di deteksi. Jika ini semua gagal, untuk mencegah orang melihat jeroan Rombertik dia akan memformat hard drive yang terinfeksi, menghapus semua program yang ada di hard drive dan menyimpan yang bisa dia simpan.

 

Cara mengatasinya

Malware ini benar-benar tidak mau terdeteksi orang lain, seperti seorang mata-mata. Malware ini akan menghancurkan diri sendiri bila langkah-langkah di atas tidak bisa dia jalankan dan sudah dideteksi oleh orang lain. Bila Anda berhasil menghentikannya untuk melakukan tahapan infeksi yang Rombertik ciptakan, tidak ada kata lain selain virus ini akan menghancurkan dirinya sendiri. Sepertinya dia benar-benar memegang filosofi seorang mata-mata yang rela mati demi informasi yang ada padanya tidak bisa diketahui orang lain. Tetapi, walau dia sudah menghancurkan diri sendiri bukan berarti keadaan sudah aman 100%, Anda perlu mengecek email Anda, apakah ada perubahan password/username, transaksi mencurigakan atau aktivitas lain yang berhubungan dengan hal yang rahasia.

Hingga saat ini belum ada antivirus yang berhasil menjinakkan virus komputer yang satu ini. Salah satu ilmuan komputer yang bekerja keras mempelajari malware ini adalah perusahaan keamanan komputer dan internet Cisco Talos. Perusahaan ini sekarang sedang bekerja keras untuk mengatasi malware jenis ini, Anda juga bisa membaca perkembangannya di website mereka mengenai Rombertik. Nasibnya malware ini akan sama dengan malware-malware lainnya, bisa di atasi, tetapi sebelum di atasi kita tentu berharap bukan PC kita yang terinfeksi virus ini.

 

Kesimpulan

Semakin tinggi intensitas orang-orang menggunakan internet terutama untuk transaksi, semakin tinggi pula lah kriminal mencoba untuk mendapatkan untung dari hal tersebut. Anda bisa lihat saat ini, pembelian aplikasi untuk smartphone, pembelian barang dan jasa semakin meningkat. Inilah yang coba dimanfaatkan pencuri-pencuri data di internet. Namun, ada sebagian ahli komputer yang merasa kalau sebagian perusahaan anti virus lah yang membuat malware itu sendiri untuk meningkatkan pembelian produk mereka. Namun, bisa saja itu hanya spekulasi belaka karena penjahat-penjahat dunia maya saat ini semakin pintar karena mudahnya untuk belajar saat ini. Yang terpenting adalah kewaspadaan kita melihat perilaku komputer sendiri, bila ada yang tidak biasanya Anda wajib memeriksanya, paling tidak memasang antivirus yang Anda percaya di komputer masing-masing. [RIC]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel