1

Mengenal 4 Layanan Cloud Gratis: Box, Mozy, HiDrive, dan JustCloud

21 Apr 2015 16:00 6690 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda bosan dengan layanan cloud gratis yang itu-itu saja, Anda bisa coba alternatif empat layanan cloud gratis yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam data berikut ini

Di era digital seperti sekarang, cloud atau biasa disebut dengan komputasi awan memberikan banyak sekali keuntungan pada Anda. Melalui layanan cloud gratis ataupun berbayar, Anda dapat menyimpan semua data serta mengambilnya dimana saja dan kapan saja dengan lebih aman.

Disamping itu, layanan ini pun didukung sistem canggih yang terbukti mengamankan data. Karena itulah, komputasi awan menjadi alternatif penyimpan data yang lebih modern.

 

Layanan Cloud Gratis

Saat ini ada berbagai macam layanan cloud yang tersedia. Namun Anda yang menggunakan layanan cloud gratis mungkin baru mencoba layanan populer, seperti Google Drive, Dropbox, SkyDrive maupun Mega. Tapi selain itu, ada banyak sekali layanan komputasi awan gratis  yang patut Anda coba, seperti empat  layanan berikut ini:

Box

Layanan komputasi awan ini dapat diakses melalui box.com. Didalamnya terdapat sejumlah fitur yang dapat bermanfaat untuk digunakan para pebisnis, industri dan personal. Untuk digunakan dalam sektor bisnis, layanan ini menawarkan sejumlah fitur seperti Enterprise Security, Secure File sharing, Policy & Workflow Management, IT & Admin Controls, Online Colaboration dan tentunya File Synchronization. Sementara untuk digunakan para pelaku industri, Box memiliki beberapa fitur yang fleksible, menyesuaikan dengan  bidang perusahaan, baik itu sektor periklanan, rumah sakit, konstruksi, industri makanan, media, entertainment, pemerintahan dan retail.

Sedangkan untuk personal, layanan ini dapat diakses secara gratis dan memiliki beberapa fitur standar, seperti mobile access, file sync, dan online collaboration. Untuk menikmatinya, Anda harus mendaftarkan akun melalui situs Box kemudian mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Dengan batas ukuran file 100 MB, aplikasi ini pun menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 25 GB yang dihargai $9.99.

Mozy

Layanan komputasi awan lainnya adalah Mozy. Sama seperti Box, Mozy juga membagi produknya untuk tiga kategori, seperti untuk kalangan bisnis, perusahaan dan personal. Untuk digunakan oleh kalangan bisnis dan perusahaan, ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan Mozy Stash, seperti diberlakukannnya standar enkripsi yang sama dengan lembaga perbankan dan militer terpercaya dan mempunyai sertifikasi ISO 27001.

Sementara untuk Anda yang ingin menggunakan Mozy secara gratis, Anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu melalui situs mozy.com. Jika sudah mendaftar, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB secara gratis dan tambahan 256 MB untuk setiap referral. Dilengkapi fitur seperti Office Web Apps dan dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan untuk pengguna Android dan iOS, Mozy juga menawarkan layanan berlangganan dengan biaya sebesar $ 5.99 per bulan untuk kapasitas 50 GB.

HiDrive

Layanan komputasi awan selanjutnya yang wajib Anda coba adalah HiDrive. Layanan ini hadir dengan fitur-fitur standar, seperti BackupControl, Share & exchange files, dukungan aplikasi mobile untuk pengguna iOS dan Android, Email upload, Community folder, Security options for shares dan Truecrypt compatible.

Untuk menikmati layanan ini secara gratis, Anda harus mendaftarkan diri melalui situs free-hidrive.com. Jika sudah mendaftar, Anda kemudian akan diberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan tambahan 5 GB jika dapat referral sebanyak 10 orang. Mempunyai batas ukuran file sebesar 2 GB, Anda juga dapat menambah kapasitas penyimpanan jika ruang gratis telah habis, yaitu dengan membayar sebesar  9.90 € per tahun untuk kapasitas 100 GB.

JustCloud

Layanan terkhir adalah JustCloud. Fitur yang dibawa JustCloud sejatinya tidak jauh berbeda dengan yang ditawarkan komputasi awan gratis lainnya. Namun, layanan komputasi awan ini memiliki dukungan support yang akan melayani penggunannya selama 24 jam, fitur control panel yang mudah, fitur drag & drop dan dukungan mobile app di banyak platform, seperti Android, iOS, BlackBerry, dan Kindle Fire.

Untuk merasakan layanan ini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu melalui situs resminya di justcloud.com, kemudian memperoleh ruang penyimpanan gratis yang berlaku selama 7 hari. Sementara jika Anda telah nyaman menggunakannya, Anda dapat melanjutkan dengan berlangganan minimal $5.61 per bulan.

Kesimpulan

Layanan komputasi awan yang banyak tersedia memang memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Namun, keempat layanan cloud gratis diatas dapat Anda coba untuk mengetahui bagaimana kinerja yang dihasilkan, selain layanan awan populer seperti Dropbox, Google Drive, SkyDrive, dll. Selamat mencoba![ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel