1

The Pedius - Aplikasi untuk Tuna Rungu yang Memudahkan Berkomunikasi

8 Mar 2015 16:00 5565 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kesulitan mendengar tidak lagi jadi halangan untuk bisa berkomunikasi menggunakan handhphone dengan banyak orang. Pasalnya, berkat The Pedius, mereka yang tadinya tidak bisa mendengar bisa berkomunikasi lewat smartphone dengan mudah dan cepat.

www.plimbi.com - Banyaknya aplikasi yang beredar di toko aplikasi, tetapi hanya sedikit aplikasi yang memiliki manfaat besar bagi manusia, terutama untuk orang yang mengalami kecacatan. Misalnya kecacatan pendengaran. Bagi orang ini, tentunya sangat sulit berkomunikasi apalagi menggunakan smartphone karena pendengaran mereka tidak sebaik manusia lainnya. Namun masalah ini bisa teratasi berkata salah satu aplikasi yang memiliki manfaat besar bagi manusia. Aplikasi tersebut adalah aplikasi untuk tuna rungu. Aplikasi tersebut bernama The Pedius.

Aplikasi untuk tuna rungu dihadirkan sebagai solusi bagi mereka yang tidak bisa mendengar dengan baik agar bisa berkomunikasi lewat ponsel. Tentu saja ini berarti mereka yang termasuk tuna rungu bisa memiliki handphone dan berkomunikasi layaknya manusia biasa. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mereka yang sulit bicara karena ada fungsinya yang memungkinkan pengguna untuk menulis teks dan sampai ke pendengar dalam bentuk audio. Penasaran dengan aplikasi ini? Simak pembahasannya berikut ini.

 

The Pedius

Kesulitan mendengar tidak lagi jadi halangan untuk bisa berkomunikasi menggunakan handhphone dengan banyak orang. Pasalnya, berkat The Pedius, mereka yang tadinya tidak bisa mendengar bisa berkomunikasi lewat smartphone dengan mudah dan cepat. Para tunarungu bisa mendengar dan berkomunikasi dua arah dengan lancar dengan aplikasi yang satu ini.

 

Desain dan Interface

Aplikasi Pedius hadir dengan tampilan desain cantik dengan sentuhan warna biru yang cukup kentara. Tampilan antarmuka aplikasi ini sederhana dan memudahkan kaum tuna rungu untuk bernavigasi dan menggunakan aplikasi ini dengan baik dan mudah. Tudaj ada pengaturan dan pilihan menu yang ribet. Pengguna cukup masuk aplikasi kemudian daftar terlebih dahulu. Pendaftaran bisa dilakukan lewat e-mail. Atau bisa juga masuk menggunakan akun Google Plus maupun akun Facebook saja.

 

Cara Kerja

Aplikasi benar-benar mudah untuk digunakan oleh mereka yang kekurangan fisik. Pengguna cukup menuliskan pesan yang kemudian pesan tersebut akan diterjemahkan ke dalam bentuk suara dan akan diterima oleh pendengar. Untuk pengguna yang ingin mendengarkan suara dari orang lain, maka aplikasi akan dengan mudah menerjemahkan penggunake dalam bentuk teks atau pesan. Jadi, dialog dari pengguna lain ketika menelepon akan mudah ditafsirkan oleh aplikasi ke dalam bentuk teks yang kemudian akan dibaca dengan baik oleh pengguna. Pengguna yang ingin membalas dialog tersebut cukup mengatakan dialog dan kemudian aplikasi akan mengirimnya ke pengguna lain.

 

Fitur

Saat ada orang yang menelpon, pengguna bisa melihat pemberitahuan di layar. Pemberitahuan berupa pesan yang akan muncul di bagian layar. Pengguna bisa melihat teks yang sudah diubah dari suara si penelepon. Pengguna pun bisa membalas dengan teks jika pengguna memang kesulitan berbicara dengan si penelepon. Selain itu, jika perubahan suara ke teks atau teks ke suara kurang jelas, aplikasi ini akan memberikan alternatif. Namun, jika alternatif yang diberikan kurang memadai, pengguna bisa memanfaatkan fitur pengulangan dengan menekan tombol R. Menariknya, kedua pengguna yang saling bercakap tidak mesti keduanya menggunakan aplikasi ini. Cukup salah satunya.

Satu hal lagi, percakapan menggunakan aplikasi ini cukup aman. Hanya saja fungsi percakapan menggunakan aplikasi ini berbeda dengan aplikasi chat yang menyediakan layanan telepon. Dalam hal ini perlu diingat, meskipun percakapan menggunakan aplikasi oleh kedua belah pihak, pengembang aplikasi tidak menyediakan layanan bicara gratis layaknya aplikasi instant messenger. Ini berarti, percakapan menggunakan aplikasi ini tetap dikenakan biaya sebagaimana mestinya.

 

Kesimpulan

The Pedius merupakan aplikasi yang memberi manfaat besar. Aplikasi ini merupakan jawaban bagi mereka yang mengalami kekurangan fisik dalam soal pendengaran maupun mereka yang sulit berbicara. Mereka tidak perlu lagi terpinggirkan karena merasa tidak bisa menikmati komunikasi menggunakan telepon. Kini, dengan aplikasi yang dikembangkan asal Italia ini, kaum tunarungu bisa diistimewakan. Tidak ada batasan lagi bagi mereka untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Mereka juga manusia yang patutnya bisa merasakan manfaat dari berkembangnya teknologi komunikasi. Ingin coba aplikasi ini. Silakan download aplikasi ini di Goolge PlayStore dan iTunes App Store. Di kedua toko aplikasi tersebut, The Pedius hadir sebagai aplikasi gratis. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel