1

Kali Ini Paseban Merangkul Komunitas Penulis Buku

21 Jun 2011 12:55 3246 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada tanggal 19 Juni 2011 yang lalu, Paseban menjadi salah satu sponsor kegiatan "Melalui Karya Kita Abadi" yang diselenggarakan oleh NBC Bandung. Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya berupa *talk show*, bedah buku, pemutaran film, menulis buku kumpulan cerpen *#bandungstory* (*writing session*), dan *launching* buku.

Pada tanggal 19 Juni 2011 yang lalu, Paseban menjadi salah satu sponsor kegiatan "Melalui Karya Kita Abadi" yang diselenggarakan oleh NBC Bandung. Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya berupa talk show, bedah buku, pemutaran film, menulis buku kumpulan cerpen #bandungstory (writing session), dan launching buku.

Firah, Ketua koordinator kegiatan "Melalui Karya Kita Abadi" menuturkan, bahwa acara ini digelar dengan tujuan untuk menularkan semangat menulis pada generasi muda, selain itu sebagai ajang berbagi pengalaman dengan penulis yang telah lebih dulu terjun di dunia penerbitan, sehingga diharapkan mampu memompa semangat para penulis pemula untuk terus berkarya dan berani untuk menerbitkan karya-karyanya.

Narasumber yang hadir diacara "Melalui Karya Kita Abadi" ini diantaranya Ade Kusuma, seorang Penulis script juga Sutradara, Fahd Djibran, Penulis novel "Rahim", dan Agus Heri Prasetyo, penulis buku "Meraup Dollar dari Blog".

Acara dimulai siang hari mulai dari pemutaran film "Dipilih Tidak Dipilih" karya Ade Kusuma. Ade menuturkan bahwa film "Dipilih Tidak Dipilih" merupakan salah satu film yang diangkat dari salah satu cerita di blog "Curhat Cinta Colongan" yang kemudian dibukukan. Terdapat 4 ide cerita dari buku tersebut yang difilmkan yakni "Dipilih tidak dipilih", "Bersabar", "Tugas Akhir", dan "Kalau Mantan kamu nikah lagi kamu datang ga".

Ade turut memaparkan bagaimana proses penulisan script dari film tersebut. Dalam pembuatan script, ada beberapa point yang harus dilalui diantaranya menentukan tema/ide cerita, mengembangkan ide cerita, membuat synopsis, treatment dan skenario.

Kemudian acara dilanjutkan oleh Fahd Djibran. Fahd membuat presentasi yang menarik mengenai Magnum Opus (Karya Besar). Sebagai Penulis beberapa novel seperti "A Cat in My Eyes", "Curhat Setan", dan "Rahim", Fahd memposisikan tulisannya sebagai medium ekspresi. Baginya "Karya terbaik saya adalah karya saya selanjutnya! Karena saya akan lebih baik dan lebih baik lagi."

Peraih UNICEF Young Writer Award ini menjelaskan ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam penulisan diantaranya content, context, coherent dan color. Selain itu Fahd merujuk untuk fokus pada karya, karena menurutnya uang atau popularitas itu adalah efek.

Menjelang sore hari, para panitia dari NBC Bandung menginformasikan kegiatan writing session bertemakan Bandung Story, dimana setiap naskah tulisan yang masuk akan dibukukan melalui Nulisbuku.com.

Kemudian kegiatan diselang dengan coffee break. Setelahnya disusul dengan talk show dari Agus Heri Prasetyo. Penulis buku "Meraup Dollar dari Blog" ini menuturkan pengalamannya nge-blog hingga akhirnya membukukan blog-nya. Menarik, ketika hanya dari menulis di blog ia bisa mendapatkan tawaran pekerjaan hingga tawaran untuk membukukan kumpulan cerita di blog-nya. Dan bahkan bukunya tersebut menjadi Best Seller.

Setiap sesi dengan narasumber, selalu disertai dengan tanya jawab dan bagi-bagi hadiah. Selain itu terdapat door prize diakhir acara, diantaranya buku, souvenir dari para sponsor dan tidak lupa 2 voucher Indosat dari Paseban.com. Acarapun berakhir sekitar jam 5 sore, banyak ilmu yang didapat dari acara NBC Bandung ini. Untuk mendapatkan informasi mengenai NBC Bandung silahkan kunjungi Grup "Nulis Buku Club" di Paseban.com. "Mari berkarya, dengan berkarya kita akan abadi". ND

Nama Komunitas : Nulis Buku Club Bandung
Nama kegiatan : Melalui Karya Kita Abadi
Tempat : Café S28, Sulanjana No. 28
Tujuan utama diadakan Acara : Untuk menularkan semangat menulis pada generasi muda
Jadwal Kegiatan : talk show, bedah buku, pemutaran film dan launching buku.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel