Tips Sederhana untuk Charging iPad via USB

15 May 2011 13:46 8658 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi pemilik iPad pasti pernah mengalami kesulitan saat mengisi ulang baterai iPad mereka, terkadang masalah terjadi pada saat iPad sedang dipasangkan pada dock iPad, tiba-tiba dilayar tertulis "Not Charging" (tidak terisi), bahkan saat disambungkan dengan iMac 27 inch-system sekalipun tetap saja tidak tercharger.

Bagi pemilik iPad pasti pernah mengalami kesulitan saat mengisi ulang baterai iPad mereka, terkadang masalah terjadi pada saat iPad sedang dipasangkan pada dock iPad, tiba-tiba dilayar tertulis "Not Charging" (tidak terisi), bahkan saat disambungkan dengan iMac 27 inch-system sekalipun tetap saja tidak tercharger.

Ketika itu terjadi, Anda mungkin berfikir bahwa jaringan sedang kurang bagus. Namun timbul asumsi bahwa hal ini terjadi karena masih terpasangnya kabel USB lain pada komputer saat sedang mencharger iPad melalui USB, ada yang bilang seharusnya menggunakan USB port yang berada di belakang dan bukan di depan PC, atau malah dock iPad lah yang bermasalah dan bila itu terjadi Anda tinggal pindahkan dari perangkat yang sejenis dan menyambungkan tali kabel langsung ke iPad, pasti bekerja dengan baik.

Berikut Paseban berikan tips sederhana untuk charging iPad via USB:

  • Pasangkan ke stopkontak dinding dengan iPad dock yang tersambung, selama sepuluh kali dicoba, ternyata berhasil hanya tujuh kali (charging bekerja dengan benar) dan tiga kali gagal.
  • Pasangkan ke stopkontak di dinding dengan kabel yang tersambung langsung ke iPad, upaya ini berhasil 18 kali dari 20 kali ujicoba, (kita harus tetap mengetesnya sampai tampak kata 'not charging').
  • Pasangkan ke iMac dengan dock iPad-nya: dengan memenuhi semua USB port ternyata tidak berhasil 9 kali dari uji coba 10 kali mencoba. Saat itu dipenuhi oleh keyboard, mouse, PC gaming headset dan iPad dock yang terhubung. Apa tidak terlalu menyedot Power?
  • Pasangkan ke iMac tanpa iPad dock (kabel terhubung langsung): dengan semua USB port yang masih penuh, "not charging" justru sembilan kali dari 10 kali ujicoba.
  • Pasang ke iMac dengan iPad dock dan pindahkan gaming headset: 'Charging' berhasil selama 9 kali dari 10 kali ujicoba.
  • Pasangkan ke USB ports depan di PC Windows: Terbilang 'not charging' sepuluh kali dari sepuluh kali ujicoba.

Pada umumnya orang berteori bahwa iPad harus dimasukkan ke port USB 2.0, bukan 1.0, namun menggunakan Port USB 2.0 justru kurang berhasil. Hal ini lebih berkaitan dengan daya output yang tersedia dari Port USB pada umumnya. Juga perlu diingat bahwa Anda tidak perlu plug ke Port USB di keyboard Apple Anda karena menggunakan USB 1.0. Sebagian besar PC berbasis Windows memiliki USB 2.0 port di bagian belakang dan 1,0 di depan.

Atas dasar uji coba tersebut, meskipun iPad akan mendisplay "Not charging" di layar iPad, namun pada kenyataannya iPad saat itu masih loading walau lebih lambat. Tidak heran, iPad dirancang untuk mengisi 10 watt adaptor tapi banyak USB port hanya memasok 2,5 watt (5 volt pada 500mA). Waktu pengisian baterai mungkin bisa semalaman, tapi bila Anda tidak memiliki waktu luang untuk itu, coba hapus dock dan pasang kabel langsung ke dalamnya atau menghapus perangkat USB lain dari sistem Anda, sehingga Anda dapat mengisi iPad. LN

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel