Tips dan Trik Windows 7: Cara Mematikan Login Setelah Mode Sleep

22 May 2013 23:45 4083 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips dan trik Windows 7 kebanyakan akan menyarakankan untuk mengaktifkan fasilitas login ini dinyalakan, untuk membuat batasan akses sehingga tidak semua orang dapat masuk dan menggunakan komputer yang dimaksud.

Panel login yang muncul di setiap awal pertama kali pengguna menyalakan komputer atau setelah restart maupun setelah komputer dibangunkan dari tidurnya (sleep) bertujuan untuk tetap menjaga keamanan bagi para penggunanya. Tips dan trik Windows 7 kebanyakan akan menyarakankan untuk mengaktifkan fasilitas login ini dinyalakan, untuk membuat batasan akses sehingga tidak semua orang dapat masuk dan menggunakan komputer yang dimaksud.

Ijin penggunaan hanya diberikan kepada orang yang memiliki akses dan informasi perihal username dan password unik yang sudah di-set oleh pengguna itu sendiri dalam komputernya. Namun apakah fitur login otomatis ini selalu diperlukan setiap saat oleh pengguna? Bagaimana caranya menonaktifkan fitur ini bila memang tidak diperlukan sama sekali? Tips dan trik Windows 7 kali ini akan membahas lebih dalam perihal pengaktifan maupun penonaktifan fitur login otomatis.

Perlukah Fitur Login Otomatis Setelah Sleep di Windows 7?

Demi keamanan pengguna dan kerahasiaan dokumen di dalam komputer, sebenarnya akan lebih baik bila fitur login otomatis diaktifkan dalam setiap awal mula kembali bekerjanya komputer, baik setelah dinyalakan, restart, maupun setelah modus sleep dinonaktifkan. Tips dan trik Windows 7 demi keamanan menyarankan pengaktifan fitur ini bila komputer yang dimaksud berada di lingkungan kerja, atau di tempat di mana lumayan banyak orang luar yang berlalu lalang tanpa atau dengan sedikit penjagaan.

Banyaknya file atau data yang masuk ke dalam kategori rahasia dan konfidensial pun harus menjadi alasan utama aktifnya fitur ini setiap saat. Windows 7 yang hadir sebagai pengganti Windows Vista juga menghadirkan fasilitas login yang otomatis muncul setiap kali komputer dinyalakan maupun bangun dari modus sleep. Namun, banyak yang merasa login otomatis setelah modus sleep tidak terlalu diperlukan.

Alasannya beragam, mulai dari memakan waktu dan repot ketika setiap bangun pengguna diharuskan memasukkan kembali username dan password, hingga pengguna yang berpikir memang fitur ini tidak diperlukan karena perangkat komputernya berada di lingkup privasi tanpa kehadiran pihak lain, seperti dalam ruang keluarga yang sudah dirasa cukup aman. Penjelasan langkah-langkah di bawah ini adalah tips dan trik komputer untuk menonaktifkan login otomatis setiap kali komputer bangun dari modus sleep.

 

Baca juga :

               Dukungan Windows 7 dan 8 Akan Segera Berakhir

               9 Jam Dinding Keren dengan Desain Antimainstream

 

Step by Step Nonaktifkan Fitur Login Otomatis

Tampilan panel pada Windows 7 berbeda dengan tampilan dari OS Windows sebelumnya. Dengan wajah baru ini, pengguna baru pada awalnya akan merasa kagok saat mengutak-atik setting dan perangkat penting di Windows 7. Tips dan trik komputer ini hadir untuk memberikan petunjuk bagi para pengguna agar tidak salah dalam melakukan perubahan setting dan perangkatnya, apalagi bila perubahan perangkat berhubungan dengan hal sensitif semacam password dan fasilitas login. Salah-salah, pengguna malah terkunci sendiri dan tidak dapat mengakses komputer sama sekali.

Tips untuk menonaktifkan login otomatis di Windows 7 ini apabila diikuti satu per satu langkahnya, perubahan fitur login otomatis akan menjadi sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh semua pengguna di komputer masing-masing dalam waktu yang sangat singkat.

  • Pertama kali harus masuk ke bagian Control Panel, lalu pilihlah menu Power Options.
  • Setelah menu Power Options keluar, di panel sebelah kiri akan keluar beberapa pilihan tambahan lainnya. Klik pada panel ini menu Require a password on wake up.
  • Di panel ini akan muncul bagian Password protection on wake up, pilihlah Don’t require a password.
  • Klik Save changes agar perubahan disimpan.

Dengan empat langkah tips dan trik komputer yang sangat simple untuk diikuti di atas, pengguna sudah berhasil menonaktifkan fitur login otomatis setiap kali modus sleep dihentikan. Pengguna sudah tidak perlu mengetik ulang password untuk mendapatkan akses masuk setelah komputer kembali bangun.

Apabila pengguna merasa bahwa fitur login otomatis setelah modus sleep perlu kembali diaktifkan, maka pengguna tinggal mengikuti tips dan trik komputer di atas hingga lagkah kedua, dan dilanjutkan dengan langkah ketiga dengan memilih pilihan lainnya, Require a password yang memang direkomendasikan oleh Windows 7 sendiri demi keamanan komputer.

Penutup

Dengan tips dan trik komputer simple di atas, pengguna dapat dengan mudah mengganti sesuka hati sesuai kebutuhan, aktif atau nonaktifnya fitur login otomatis ini di komputer masing-masing, namun demi keamanan ada baiknya kompensasi waktu yang lebih banyak diperlukan untuk memasukkan username dan password sebaiknya tidak terlalu menjadi masalah.

Kebijakan pengguna dalam mengatur perangkatnya sebenarnya menjadi faktor kunci apakah komputernya aman atau tidak. Semoga tips dan trik komputer ini bermanfaat bagi Anda.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel