Teknik TDSC Siap Hinggapi Aksesoris Tablet PC Sebagai Brain Stimulator yang Wajib Anda Miliki

21 Feb 2012 15:00 3386 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Meskipun kafein merupakan obat stimulan yang paling murah untuk membantu Anda tetap fokus, manfaat yang dimilikinya hanya berumur pendek dan dapat diikuti dengan melemahnya *mood* /suasana hati. Sekarang sudah terdapat solusi alternatif untuk mencegah hal ini yang berbentuk aksesoris tablet PC.

Jika Anda melakukan aktivitas atau profesi sehari-hari yang memerlukan fokus, kafein akan membantu. Obat stimulan berupa kafein ini membantu untuk memfokuskan pikiran dan meningkatkan aktivitas, baik fisik maupun mental. Namun, meskipun kafein merupakan obat stimulan yang paling murah untuk membantu Anda tetap fokus, manfaat yang dimilikinya hanya berumur pendek dan dapat diikuti dengan melemahnya mood /suasana hati. Sekarang sudah terdapat solusi alternatif untuk mencegah hal ini yang berbentuk aksesoris tablet PC.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Cambridge dan Oxford menunjukkan cara lain untuk merangsang otak kita tanpa menggunakan obat dan dengan efek jangka panjang. Hal ini melibatkan penggunaan stimulasi otak dengan menempelkan elektroda di kepala dalam jangka waktu yang singkat.

Hal ini mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, tetapi teknik stimulasi otak ini telah dibuktikan dan berfungsi di dalam laboratorium. Teknik ini juga sangat murah untuk diimplementasikan di suatu hari nanti, sayangnya belum bisa dipastikan dalam jangka pendek atau jangka panjang. Peralatan TDCS bisa mengambil bentuk dalam aksesoris tablet PC atau laptop, secara teknis ia bisa berbentuk mirip dengan earphone yang ada hari ini.

Teknik, yang rencananya diterapkan dalam bentuk aksesoris tablet PC ini dikenal sebagai Transcranial Direct Current Stimulation (TDCS) yang pada awalnya dikembangkan untuk mengobati pasien stroke atau membantu orang yang kesulitan belajar. Tes TDCS yang dilakukan pada orang dewasa dengan kondisi sehat tanpa gangguan stroke maupun kesulitan belajar, menemukan hasil bahwa teknik ini juga meningkatkan kemampuan kognitif dalam jangka panjang.

TDCS bekerja dengan menerapkan arus yang kecil (1-2 mA) pada daerah tertentu dari otak. Dan sebagai hasilnya, akan membuat lebih mudah bagi neuron (sel saraf atau neuron merupakan satuan kerja utama dari sistem saraf yang berfungsi menghantarkan impuls listrik yang terbentuk akibat adanya suatu stimulus atau rangsangan) di daerah tersebut untuk ‘menembak’ dan akan membangun jaringan untuk menyimpan informasi.

Ini semua dilakukan tanpa pengguna mengalami apapun selain sensasi elektroda melekat pada kulit kepala mereka, dan hanya perlu dilakukan selama 20 menit setiap sekali penggunaan.

Penelitian ini sudah dilakukan di Universitas Oxford selama beberapa tahun terakhir dengan hasil tes yang menunjukkan perbaikan dalam bidang matematika dan kemampuan bahasa. Selain itu teknik ini juga akan bermanfaat untuk semua jenis pembelajaran serta meningkatkan memori secara keseluruhan, problem solving, attention, dan movement skills.

Ide berupa sebuah aksesoris tablet PC berbentuk seperti earphone yang bisa digunakan secara regular saat melakukan kegiatan belajar akan membantu memastikan materi pelajaran dapat dicerna dan dipertahankan sehingga memberikan setiap orang memiliki akses ke stimulator otak dengan dorongan kognitif.

Hingga artikel ini ditulis, tidak ada dan sepertinya tidak akan ada efek negatif dalam menggunakan stimulator otak ini. Dan karena alat yang kemungkinan besar berupa aksesoris tablet PC tersebut memiliki biaya rendah serta kebutuhan energi yang rendah, sangat masuk akal apabila kita dapat membelinya seharga sebuah espresso dalam beberapa waktu kedepan. Anda pun juga dapat menggabungkan keduanya, kafein kopi dan TDCS, tergantung pada apa kebutuhan Anda.

Hingga saat ini masih belum dapat dipastikan kapan aksesoris tablet PC brain stimulator ini akan tersedia, serta belum diuji apakah TDCS ini baik untuk anak-anak. But definitely I want one! [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel