Mengetahui Cara Penggunaan Bluetooth: Profile Bluetooth

13 Feb 2012 11:30 15164 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bluetooth sudah menjadi fitur konektivitas yang sangat familiar untuk sebuah smartphone yang kini ada di pasaran. Bluetooth juga tersedia pada perangkat elektronik lain seperti laptop, tablet ataupun aksesoris elektronik seperti headset, earphone, dan lain-lain.

Bluetooth sudah menjadi fitur konektivitas yang sangat familiar untuk sebuah "smartphone" yang kini ada di pasaran. Bluetooth juga tersedia pada perangkat elektronik lain seperti laptop, tablet ataupun aksesoris elektronik seperti *headset*, *earphone*, dan lain-lain.

Namun apakah Anda tahu mengenai cara "penggunaan Bluetooth", dalam hal ini menggunakan "profile" Bluetooth? "Profile*" Bluetooth adalah salah satu jenis spesifikasi yang berhubungan dengan perangkat Bluetooth. Dalam sebuah tata cara penggunaan Bluetooth, sebuah alat haruslah kompatibel dengan "profile" Bluetooth untuk menggunakan jenis layanan yang diinginkan. Contoh konkretnya adalah Hands Free Profile 1.5 dapat digunakan untuk Bluetooth 2.0 dan Bluetooth 1.2. Total terdapat 31 jenis "profile" Bluetooth yang dapat dipakai. Berikut ini

Plimbi hadirkan beberapa profile Bluetooth yang sering digunakan. "Advanced Audio Distribution Profile" Mungkin Anda sering menemui kata Advanced Audio Distribution Profile atau A2DP dalam sebuah spesifikasi *smartphone*. "Penggunaan Bluetooth" yang memiliki "profile" ini memang cukup canggih. Sebuah Bluetooth yang dilengkapi dengan *profile* A2DP dapat ber-"streaming" audio berkualitas tinggi dari sebuah perangkat ke perangkat lain melalui koneksi Bluetooth. Contoh sederhana dari penggunaan "profile" ini adalah ketika Anda mendengarkan lagu melalui "wireless headset" dari sebuah "smartphone". "Audio/Video Remote Control Profile" Penggunaan Bluetooth memang sangat mutakhir. Kini sebuah perangkat Bluetooth bisa mengirimkan sinyal untuk mengontrol sebuah alat. Penggunaan "profile" Bluetooth ini biasanya bersamaan dengan A2DP atau VDP.

"Basic Imaging Profile" Penggunaan Bluetooth untuk mengirim gambar memang cukup efisien. Sebuah Bluetooth mampu mengirimkan gambar berkat kehadiran Basic Imaging Profile. Profile ini memungkinkan sebuah gambar untuk dipecah dalam bentuk "file' yang kecil dan selanjutnya dapat dikirimkan melalui koneksi Bluetooth. "Hands-Free Profile" "Profile" ini memungkinkan sebuah "hands free" mobil dapat terhubung dengan ponsel. Penggunaan Bluetooth secara *wireless* di mobil ini pertama kali diperkenalkan oleh Audi pada 2002 dalam mobil Audi A8. Setelah itu, penggunaan teknologi ini pun semakin berkembang setiap tahunnya. "Human Interface Device Profile" Penggunaan Bluetooth pada "joystick", "mouse" maupun "keyboard" merupakan salah satu fungsi dari profile Human Interface Device atau HID ini.

Dengan adanya "profile" ini, Anda bisa bermain game tanpa kabel dengan sangat menyenangkan dan tidak terbatasi oleh panjangnya kabel. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel