Tips Untuk BlackBerry 10: Mematikan Fitur Swipe to Unlock

4 Apr 2013 16:05 2244 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
BlackBerry terbaru menggunakan sistem yang sama sekali berbeda dengan BlackBerry yang ada di Indonesia saat ini. Aplikasi yang dapat diinstall pada BB OS sebelum BlackBerry 10 juga tidak dapat diinstall pada sistem operasi yang tergolong baru ini. Simak tips untuk BlackBerry selanjutnya berikut ini.

BlackBerry terbaru menggunakan sistem yang sama sekali berbeda dengan BlackBerry yang ada di Indonesia saat ini. Perbedaan yang paling signifikan dapat dilihat dari modelnya, di mana BlackBerry 10 lebih mengoptimalkan fitur touchscreen, tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi yang terdapat pada perangkat satu ini juga memiliki sistem yang berbeda sehingga tidak dapat dijalankan pada BlackBerry keluaran terdahulu. Begitu pula sebaliknya, aplikasi yang dapat diinstall pada BB OS sebelum BlackBerry 10 juga tidak dapat diinstall pada sistem operasi yang tergolong baru ini.

Simak tips untuk BlackBerry selanjutnya berikut ini. Khusus untuk urusan layar, BlackBerry menawarkan berbagai hal baru salah satunya adalah dimaksimalkannya fitur gestur sehingga input tersebut berpengaruh besar dalam penggunaan perangkat ini. Hal ini disebabkan tombol fisik yang biasanya terdapat pada handphone ini tidak dijumpai pada BlackBerry terbaru BlackBerry 10 ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh gesture yang berpengaruh pada layar BlackBerry 10? - *Scroll*, dengan menggeser jari dari bawah ke atas layar. Hal ini dapat dilakukan pada kebanyakan aplikasi, gunanya untuk menggeser konten ke arah atas agar konten yang terdapat pada bagian bawah layar dapat terbaca. Scroll ini juga bisa dilakukan ke arah sebaliknya, yaitu menggeser jari dari arah atas ke bawah, fungsinya untuk menampilkan konten yang berada pada bagian atas.

- Scroll di antara 2 items dapat dilakukan dengan cara menggeser jari pada layar dengan gerakan menyamping, dari kanan ke kiri. Hal ini dapat digunakan untuk menggeser layar sehingga item berikutnya dapat dilihat.Hal ini juga dapat dilakukan dengan cara menggeser jari ke arah yang berlawanan.

- Memilih sebuah item, dapat dilakukan dengan cara melakukan proses sentuh dan menahan sentuhan tersebut (tap and hold) pada layar BlackBerry.

- Memilih beberapa item sekaligus, dapat dilakukan menggunakan dua titik sentuh atau 2 jari. Peek dapat dilakukan dengan cara menyentuhbagian bawah lyar dan menggesernya ke arah kanan.

- Membuka menu action  dapat dilakukan dengan cara tap and hold pada ujung kanan bawah layar

- Zoom in dilakukan dengan cara mencubit layar ke arah luar (jari saling menjauh) dan dilakukan dengan bersamaan menggunakan 2 jari. Zoom out juga dapat dilakukan dengan cara sebaliknya, mencubit layar ke arah dalam (seperti gerakan mencubit). Mayoritas sistem operasi saingan mengharuskan Anda untuk menekan tombol power terlebih dahulu dan diikuti dengan melakukan proses swipe untuk membuka layar. BlackBerry 10 berbeda, perangkat ini dapat diaktifkan dari keadaan terkunci dengan cara melakukan gerakan swipe dari arah bawah ke atas. Untuk dapat mengaktifkan perangkat dan menampilkan konten terakhir yang ditampilkan pada layar BlackBerry 10 Anda. Hal ini terkadang memang memudahkan, namun tentu saja dapat menjadi suatu hal yang merepotkan apabila layar sering terkena sentuhan jari. BlackBerry dapat aktif dengan mudah tanpa sengaja, untuk menghindari hal tersebut, banyak pengguna BlackBerry 10 yang ingin mematikan fitur gestur dalam hal mengaktifkan layar BlackBerry 10.

Bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut? Mudah saja. Tips untuk BlackBerry pertama pilih Settings dari menu utama, dilanjutkan ke Display, ubah pilihan Arrow Gestures when Locked menjadi OFF. Tips untuk BlackBerry sederhana ini dapat mencegah layar BlackBerry 10 yang aktif karena fitur gesture yang dilakukan secara tidak sengaja. Menggunakan cara ini berarti Anda harus menyentuh tombol power kemudian baru diikuti dengan melakukan proses swipe ke atas pada layar untuk membuka kunci layar dan mengaktifkan perangkat. Memang menjadi sama dengan handphone kebanyakan, namun cara ini merupakan cara paling aman untuk menjaga BlackBerry 10 Anda tetap dalam keadaan siaga karena cara untuk membuka kunci layarnya harus dilakukan dengan 2 tahapan.

Hanya menggunakan proses swipe pada layar BlackBerry 10 untuk membuka kuncinya memang sedikit riskan. Belum kemungkinan sentuhan yang dilakukan tanpa sengaja, bahaya juga mengikuti setelahnya, termasuk apa yang dapat kita lakukan tanpa sadar. Siapa tahu, ketika layar sudah terbuka secara tidak sengaja, Anda juga melakukan hal gawat setelahnya? Delete contact, misalnya? [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel