Tips dan Trik Menginstal Aplikasi Android Menggunakan File APK

20 Jan 2012 17:00 34414 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagi para pemilik ponsel Android, tentunya Anda mengenal sebuah file bernama **file APK**, Android Package yang mirip dengan file zip atau rar dalam komputer Windows. Cara meng-*instal* aplikasi dengan file ini pun berbeda jika dibandingkan dengan menginstal file dari Android Market.

Bagi para pemilik ponsel Android, tentunya Anda mengenal sebuah file bernama file APK, Android Package. File ini hampir mirip dengan file zip atau rar dalam komputer Windows. Cara untuk meng-install sebuah aplikasi dengan file ini pun sedikit berbeda jika dibandingkan dengan menginstal file yang ada pada Android Market.

Cara meng-install sebuah aplikasi menggunakan file APK ini bisa Anda lakukan jika tablet atau smartphone yang Anda miliki tidak bisa mengakses Android Market. Cara untuk meng-install aplikasi menggunakan jenis file ini pun cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Untuk meng-install file APK, terdapat dua cara yang bisa dilakukan. Cara yang pertama adalah dengan melakukannya via Android Market. Sedangkan cara yang kedua adalah menggunakan Android SDK.

Menginstall file APK melalui Android Market

  • Copy file dengan format APK yang ingin di-install ke dalam memory card, lalu selanjutnya masukkan memory card ke dalam ponsel.

  • Pergi ke Android Market lalu cari aplikasi Apps Installer, z-App Installer atau Fast Installer. Buka dan tekan tombol install.

  • Setelah aplikasi tersebut ter-install, maka aplikasi tersebut akan memperlihatkan file-file APK yang tersimpan di direktori root pada memory card.

  • Selanjutnya klik file aplikasi yang ingin di-install.

Menggunakan Android SDK

Cara kedua untuk menginstal file APK adalah dengan menggunakan Android SDK. Untuk mengunduh file Android SDK, Anda bisa mengklik link ini.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah dengan meng-install Android SDK di komputer Anda. Dalam proses instalasi, Anda akan membutuhkan driver Android USB untuk menghubungkan SDK ke ponsel melalui USB. Driver tersebut bisa diunduh di sini.

Tetapi jika Anda ingin meng-install aplikasi dari sumber lain, Anda perlu mengatur beberapa pengaturan, di antaranya:

  • Settings-> Aplication Settings-> Enable Unknown Sources. Setelah itu klik Settings-> SDCard and Phone Storage-> Disable Use for USB Storage. Anda dapat mengaktifkan fungsi ini kembali setelah proses instalasi selesai.

  • Selanjutnya buka Command Prompt dan ketik: adb install path/file.apk

Sekedar informasi tambahan bahwa kata path tersebut merupakan letak dari file APK yang akan Anda install. Setelah mengetik perintah tersebut, klik enter maka aplikasi yang Anda inginkan telah berhasil ter-install. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut melalui ponsel dan selamat menggunakan. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel