Lima Cara Mudah Untuk Mengurangi Konsumsi Energi Listrik di Komputer Anda

6 Mar 2013 16:30 3812 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Komputer merupakan salah satu perangkat yang terus dipakai selama berjam-jam dalam sehari sehingga akan memakan energi listrik yang sangat banyak. Oleh karena itu, tidak salah jika komputer merupakan salah satu perangkat yang berpengaruh terhadap global warming.

Komputer PC merupakan salah satu perangkat yang terus dipakai selama berjam-jam dalam sehari sehingga akan memakan energi listrik yang sangat banyak. Oleh karena itu, tidak salah jika komputer merupakan salah satu perangkat yang berpengaruh terhadap global warming. Global warming sendiri merupakan sebuah ancaman serius yang harus ditanggulangi sedini mungkin untuk mencegah kerusakan alam yang semakin parah.

Maka dari itu, melakukan penghematan energi listrik pada komputer merupakan salah satu elemen penting yang dapat mencegah terjadinya global warming. Selain menyelamatkan lingkungan, hal tersebut juga pastinya akan menghemat pengeluaran listrik bulanan Anda. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Plimbi akan memberikan tips mudah untuk mengurangi penggunaan konsumsi energi listrik di komputer Anda. Simak ulasannya berikut ini.

1. Rubah Tampilan Google Menjadi Hemat Energi

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan merubah halaman depan mesin pencari Google dengan menggunakan aplikasi yang bernama Blackle. Dengan aplikasi ini, halaman depan Google akan berubah menjadi warna hitam. Seperti kita ketahui, warna hitam tersebut akan menghemat banyak energi pada monitor karena sebuah monitor memerlukan energi yang lebih banyak untuk menampilkan warna terang ketimbang warna gelap. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda menggunakan aplikasi ini jika Anda sering mengunjugi situs Google.

Perubahan tersebut mungkin tidak berarti apa-apa bagi Anda. Namun jika semua komputer merubah halaman depan Google-nya menjadi hitam, maka hal tersebut akan menghemat penggunaan listrik 750 Megawatt pertahunnya. Dapat dibayangkan betapa banyaknya pengaruh hal kecil tersebut untuk bumi ini.

Walaupun begitu, banyak juga orang yang meragukan manfaat aplikasi ini. Sebuah artikel di Wall Street Journal menyatakan jika aplikasi ini hanya bermanfaat bagi komputer yang menggunakan monitor CRT lama saja.

2. Optimisasi Windows dan Hitung Berapa Karbondioksida yang Telah Dihemat

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menginstal aplikasi bernama CO2 Saver. CO2 Saver merupakan sebuah aplikasi toolbar gratis yang dibuat oleh Snap dan dapat dijalankan pada sistem operasi windows. Aplikasi tersebut akan mengatur setingan Windows Anda sehingga komputer, monitor, serta hard disk yang ada di komputer tersebut akan memakan energi yang lebih sedikit. Hal ini sama seperti pengaturan power options yang ada di windows.

Setelah melakukan pengaturan, aplikasi ini kemudian akan menghitung seberapa banyak energi yang telah dihemat oleh komputer Anda. Uniknya, jumlah energi yang telah dihemat tersebut kemudian akan dikonversi ke dalam jumlah CO2 (karbondioksida) dari emisi kendaraan bermotor. Dengan begitu nda dapat melihat sejauh mana kontribusi Anda dalam mencegah terjadinya global warming.

3. Gunakan Produk Hemat Energi

Hal yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah menggunakan produk-produk yang hemat energi. Jika Anda berencana untuk mebeli sebuah komputer baru, pastikan komputer yang akan Anda beli tersebut memiliki label Energy Star atau label lain yang sejenis. Energy Star sendiri merupakan sebuah standar internasional untuk berbagai macam produk hemat energi. Dengan begitu, penggunaan listrik dari komputer tersebut akan lebih hemat dan efisien.

4. Gunakanlah Monitor LCD

Banyak sumber yang mengatakan jika monitor CRT memakan energi listrik 250% lebih banyak ketimbang monitor LCD yang memiliki ukuran layar sama. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan untuk mengganti monitor CRT lama Anda dengan sebuah monitor LCD yang lebih hemat energi. Selain itu, monitor LCD juga akan tampak seksi jika diletakan di atas meja komputer plus Anda juga akan mendapatkan kualitas gambar yang lebih jernih dan tajam ketimbang layar CRT.

5. Sesuakain Setingan pada Komputer

Tips terakhir yang bisa Anda implementasikan adalah menyesuaikan setingan pada komputer agar lebih hemat energi. Pengaturan ini tentu saja dapat dilakukan untuk komputer bersistem operasi Windows ataupun Mac. Untuk sistem operasi Windows, Anda dapat mengakses Control Panel kemudian power options untuk mengatur berbagai macam hal yang berkaitan dengan konsumsi listrik komputer Anda. sementara untuk sistem operasi Mac, Anda dapat mengaturnya dengan mengakses System Preferences dan Energy Saver. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel