Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Handphone untuk Anak

1 Nov 2011 17:00 3363 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Handphone menjadi suatu kebutuhan dasar seperti layaknya sandang pangan akhir-akhir ini. Tidak hanya kalangan dewasa yang menggunakannya tetapi handphone juga telah merambah ke kalangan anak-anak. Sebagai orang tua, mungkin Anda perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum membelikan handphone untuk anak Anda.

Handphone menjadi suatu kebutuhan dasar seperti layaknya sandang pangan akhir-akhir ini. Tidak hanya kalangan dewasa yang menggunakannya tetapi handphone juga telah merambah ke kalangan anak-anak. Sebagai orang tua, mungkin Anda perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan untuk membelikan handphone untuk anak Anda.

Banyak kekhawatiran yang terlintas ketika Anda berencana untuk membeli sebuah handphone untuk anak. Apakah anak Anda sudah siap untuk memegang handphone? Apakah mereka bisa menggunakannya dengan bijak dan bertanggung jawab? Intinya Anda perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum membelikan perangkat pintar ini untuk sang buah hati tercinta.

Pertimbangan penting lainnya yang menjadi keputusan final dalam membelikan handphone untuk anak adalah masalah komunikasi. Anda akan merasa lebih nyaman ketika Anda bisa menghubungi mereka setiap saat. Tetapi, ada hal penting lain yang perlu Anda sadari bahwa dalam satu perangkat handphone memiliki pengaruh negatif yang cukup signifikan pada anak Anda.

Pertama, nomor handphone dapat tersebar ke sejumlah orang yang tidak Anda ketahui, sehingga sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan akan adanya penelepon yang tidak dikenal. Selain itu, jika Anda memilih handphone yang memiliki akses ke internet Anda harus memberikan pembatasan pemakaian. Misalnya dengan memblokir situs-situs dewasa, chat line atau situs-situs jejaring sosial yang bisa mempengaruhi waktu Anak Anda dalam belajar. Untuk itu Anda perlu menyaring situs apa saja yang bisa diakses dan yang tidak bisa diakses oleh anak Anda.

Kedua, sebelum membeli handphone pastikan bahwa Anda menjelaskan kepada anak Anda mengenai cara penggunaan handphone yang aman dan benar. Ingatkan bahwa penggunaan telepon seluler saat mengemudi atau berjalan akan sangat berbahaya bagi keselamatan anak Anda.

Ketiga, banyak pilihan handphone yang selalu update diluaran sana, oleh karena itua sebelum Anda memutuskan untuk membeli handphone pertimbangkan model dan kesesuaian handset. Fitur yang tersedia pada handphone akan memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana anak Anda menggunakan perangkat tersebut.

Selain hal-hal di atas, Anda juga patut mencari tahu bagaimana sebuah teknologi handphone dapat berguna bagi anak Anda. Periksa bagaimana cara menggunakannya, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan anak Anda serta budget yang Anda miliki. Sebaiknya, Anda tidak membiasakan Anak Anda untuk memiliki sesuatu yang lebih sebelum mereka bisa mengerti proses di balik itu semua.

Terakhir, setelah Anda memilih handphone yang sesuai, pertimbangkan call plan yang paling sesuai dengan anak Anda. Pastikan Anda melakukan setting agar mereka bisa selalu memanggil Anda dengan cepat jika terjadi sesuatu. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pilihlah salah satu operator telepon yang bisa mengajarkan mereka berhemat. Secara umum, penggunaan jenis layanan prabayar setidaknya akan membatasi mereka untuk melakukan panggilan dan pesan teks secara berlebihan, sehingga mereka bisa mengatur pengeluaran mereka, dan secara tidak langsung mengajari mereka betapa berharganya sebuah uang. ND

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel