Ubah Layout Keyboard Anda Dengan 3 Aplikasi Gratis Ini

28 Jan 2013 20:00 7573 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda sudah merasa tidak nyaman ketika sedang mengetik di komputer Anda, maka mungkin sudah saatnya Anda merubah layout keyboard Anda. Layout keyboard secara tidak langsung akan mempengaruhi produktifitas Anda dalam bekerja. Oleh karena itu, mengubah layout merupakan hal yang layak Anda coba jika Anda sudah merasa tidak nyaman lagi ketika bekerja.

Jika Anda sudah merasa tidak nyaman ketika sedang mengetik di komputer Anda, maka mungkin sudah saatnya Anda merubah layout keyboard Anda. Layout keyboard secara tidak langsung akan mempengaruhi produktifitas Anda dalam bekerja. Oleh karena itu, mengubah layout merupakan hal yang layak Anda coba jika Anda sudah merasa tidak nyaman lagi ketika bekerja.

Sebagai contoh, banyak orang yang kurang merasa nyaman dengan tombol delete yang ada di barisan paling atas sebelah kanan keyboard. Pasalnya, tombol tersebut dianggap terlalu jauh sehingga membutuhkan sepersekian detik untuk mencapainya. Untuk mengakali hal tersebut, banyak yang memindahkan fungsi delete ke tombol shift yang ada di sebelah kanan. Dengan begitu, tombol delete menjadi mudah untuk digapai jari-jari Anda.

Hal tersebut merupakan salah satu contoh di mana merubah layout keyboard merupakan hal yang cukup penting untuk menambah kenyamanan ketika mengetik. Selain tombol delete, banyak juga tombol-tombol lain yang sering digunakan namun terletak jauh dari jangkauan. Tombol-tombol tersebut tentu dapat Anda pindahkan ke tempat yang Anda sukai.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas 3 buah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk merubah layout keyboard Anda. ketiga aplikasi ini memiliki ukuran yang relative kecil dan dapat Anda dapatkan dengan gratis. Apa sajakah aplikasinya? Simak ulasan berikut ini.

MapKeyboard

MapKeyboard merupakan aplikasi gratis yang hanya memiliki ukuran 28 KB. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk memindahkan fungsi tombol keyboard sekaligus mematikan fungsinya. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa perlu diinstal terlebih dahulu. Satu-satunya syarat untuk dapat menjalankan aplikasi ini adalah Anda harus memiliki Microsoft .Net Framework yang sudah terinstal di komputer Anda.

Mapkeyboard juga sangat mudah untuk digunakan. Caranya, pilih tombol keyboard yang ingin dipindahkan, kemudian pilihlah tempat tombol tersebut akan diletakkan pada dropdown menu. Dengan aplikasi ini Anda juga dapat merubah fungsi tombol mouse yang Anda miliki dan juga mematikan fungsi tombol yang tidak Anda inginkan.

Setelah selesai mengaturnya, Anda tinggal menekan tombol save kemudian restart komputer Anda. setelah itu, layout keyboard Anda akan langsung berubah dan perubahan ini akan tidak akan berubah hingga Anda merubahnya kembali. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus merubah layout keyboard Anda terlebih dahulu ke bentuk semula jika Anda berniat untuk menghapus aplikasi ini.

Sharpkeys

Aplikasi selanjutnya adalah Sharpkeys. Anda dapat dengan merubah tombol keyboard mana yang ingin Anda pindahkan untuk kemudian aplikasi ini akan secara otomatis merubah value registry-nya. Selain itu, untuk menghindari adanya tombol yang tertekan secara tidak sengaja, maka Anda dapat mematikan fungsi dari tombol tersebut. Jika Anda ingin mengembalikan layout ke bentuk semula setelah melakukan perubahan, maka Anda dapat melakukannya dengan menjalankan aplikasi ini kembali.

Aplikasi Sharpkeys ini mendukung berbagai macam layout yang dapat digunakan pada jenis keyboard standar. Namun tidak seperti aplikasi MapKeyboard, aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk merubah layout tombol mouse. Namun tanpa fasilitas itu pun rasanya aplikasi ini sudah lebih dari cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mengganti layout keyboard.

KeyTweak

Aplikasi terakhir yang dapat Anda gunakan adalah KeyTweak. Aplikasi yang hanya memiliki ukuran 280 KB ini dapat Anda gunakan dengan mudah untuk mengatur layout keyboard Anda. ketika menjalankan aplikasi ini, Anda akan melihat virtual keyboard yang sama seperti keyboard fisik yang Anda miliki.

Untuk memindahkannya, Anda dapat memilih tombol di keyboard virtual tersebut kemudian memindahkannya melalui menu dropdown. Selain untuk tombol Windows, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merubah layout keyboard Anda menjadi seperti Macintosh.

Menariknya, aplikasi KeyTweak ini juga dapat digunakan seperti halnya aplikasi portable yang lain dengan cara memindahkan file KeyTweak.exe saja. Jika Anda merasa kebingungan untuk menggunakan aplikasi ini, maka Anda dapat melihat file PDF yang berisi panduan cara menggunakannya. Selain itu, pada panduan tersebut juga dijelaskan mengenai beberapa tombol yang tidak bisa dipindahkan. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel