Mencicipi OS Android Pada Komputer

19 Aug 2011 10:05 11713 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Android sedang menjadi wabah saat ini. Semua merk sedang gencar mempromosikan perangkat berbasis Android. Jika Anda penasaran mengenai perangkat ini, Good news! Anda bisa mencoba OS Android ini terlebih dahulu pada PC komputer Anda.

Android sedang menjadi wabah saat ini. Semua merk sedang gencar mempromosikan perangkat berbasis Android. Semua media teknologi kerap membahas OS besutan Google ini dan Anda sebagai pengguna pasti ingin mencoba berbagai macam aplikasi yang banyak dikembangkan untuk OS Android.

Bagi Anda yang masih belum yakin untuk membeli perangkat ini atau Anda yang sedang menabung untuk dapat mencoba OS Android. Good news! Anda bisa mencoba OS Android ini terlebih dahulu pada PC komputer Anda.

Aplikasi emulator Android yang akan Plimbi jelaskan sebenarnya dibuat oleh Google untuk para pengembang aplikasi, di mana dengan emulator ini pengembang bisa tes aplikasi Android buatannya melalui PC. Tetapi tidak ada salahnya apabila kita memanfaatkan aplikasi emulator ini untuk 'mencicipi' Android.

Berikut aplikasi yang Anda butuhkan untuk PC Anda:

  1. Download software Android di sini atau pilih sesuai sistem operasi Windows XP, Mac OS. Untuk Linux Anda bisa men-download di sini. (Paseban menggunakan sistem operasi Windows XP saat mencoba aplikasi emulator ini).

  2. Ekstrak installer android-sdk_r08-windows.zip di drive C atau drive D di PC Anda.

  3. Dari hasil ekstrak, Install SDK Manager.exe. Apabila setelah install Anda mengalami error dalam menjalankan SDK Manager.exe, berarti Anda wajib instal Java di sini terlebih dahulu.
    Berikut cara menjalankan aplikasi emulator pada PC Anda:

  4. Buka kembali file aplikasi SDK Manager.exe lalu akan muncul gambar seperti di bawah ini. Pada tahapan ini Kita harus membuat User baru, klik "New -> create AVD -> Ok"*.

  5. Selanjutnya akan muncul tampilan UI (User Interface) Android. Untuk memulai klik "Menu" pada keyboard Android.

Anda membutuhkan PC dengan memori yang cukup besar untuk menjalankan emulator ini, karena emulator ini berbasis java dan akan memakan memori cukup banyak. Selamat mencoba. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel