Cara Memblokir SMS Spam pada Smartphone Anda

16 Aug 2011 14:55 16935 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda mungkin pernah mendapat SMS spam yang isinya entah itu berupa teror, sms promosi, sms premium atau sms mengganggu lainnya. Pada artikel ini Paseban akan memberikan tips bagaimana memblokir SMS melalui perangkat smartphone Anda.

Pernahkah ponsel Anda dibanjiri oleh pesan SMS berupa spam? Jika ya, Plimbi akan mencoba mengulas bagaimana cara memblokir SMS spam atau setidaknya memproteksi ponsel Anda dari SMS yang menjengkelkan tersebut.

Tips ini juga dapat digunakan untuk memblokir orang yang ingin mengirim pesan yang benar-benar tidak penting bagi Anda, apakah itu SMS promosi, penipuan atau pun pesan yang membuat Anda jengkel. Berikut ini adalah cara memblokir SMS spam pada perangkat smartphone Anda:

Hubungi Penyedia Layanan Ponsel Anda

Semua orang tahu bahwa hampir semua penyedia layanan email memiliki spam filter. Tetapi, apakah Anda menyadari bahwa provider ponsel anda juga telah dilengkapi oleh spam filter untuk SMS? Ketika Anda menerima SMS spam, itu berarti bahwa pesan-pesan tersebut telah berhasil melewati spam filter dari provider ponsel anda. Cara memblokir SMS spam terbaik yaitu menghubungi operator dari provider ponsel Anda. Selanjutnya mereka akan memperbaiki sistem tersebut.

SMS spam juga bisa berupa orang yang meneror Anda dengan nomor-nomor yang berbeda, satu-satunya cara adalah dengan menghubungi provider Anda. Sebenarnya jika Anda tidak terlalu memperdulikan SMS ini juga merupakan salah satu cara yang baik, toh pada akhirnya si peneror akan capek mengirim SMS tersebut.

SMS Spam bisa berupa SMS Premium berbayar. Kadang kita dibuat jengkel, bagaimana tidak? Kita tidak pernah sekalipun mendaftarkan SMS Premium ini, namun tetap saja kita mendapat SMS tersebut, belum lagi pulsa kita terpotong. Cara terbaik adalah dengan membalas SMS tersebut dengan mengetik STOP atau UNREG dan dikirim ke nomor yang sama. Jika Anda ingin lebih banyak tahu mengenai hal ini, Paseban pernah mengulas artikel bagaimana menghentikan SMS Premium yang bisa Anda baca kembali.

Memblokir SMS Spam dari Ponsel Android

Jika Anda mempunyai ponsel Android, maka Anda merupakan orang yang beruntung, karena ada ribuan aplikasi yang membantu Anda untuk mengetahui bagaimana cara memblokir SMS spam dari orang yang tidak termasuk dalam daftar kontak Anda. Ini mungkin cara yang paling ampuh untuk menyingkirkan spam, meskipun ternyata SMS yang terblokir berasal dari orang yang Anda kenal.

Anti SMS Spam & Text Filter merupakan aplikasi dari Bare Bones, fiturnya bukan hanya dapat memblok spammers saja. Namun aplikasi ini juga dapat memblokir nomor-nomor yang tidak dikenal. Selain itu Anda juga dapat memblok melalui kata kunci, nomor dan juga dapat memblok pesan-pesan spam yang telah diblokir. Ada banyak aplikasi lainnya yang tujuannya hampir sama dan bahkan memiliki fitur yang lebih banyak, yang perlu Anda lakukan adalah mencarinya.

Memblok SMS Spam pada iPhone

Steve Jobs pernah mengatakan bahwa iPhone tidak bisa dijebol (jailbreak), namun itu tidak sepenuhnya benar. Anda dapat menjebol (jailbreak) iPhone dan meng-install beberapa aplikasi dari Cydia yang akan membantu Anda memblokir SMS spam yang salah satu nama aplikasinya adalah iBlackList, di Apple Store iBlackList dijual dengan harga $12 USD. Selain mudah digunakan, aplikasi ini dapat memblok SMS serta memblok nomor-nomor tanpa batas dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Memblok SMS Spam pada BlackBerry

Sama halnya dengan Android dan iPhone, BlackBerry juga mempunyai fitur anti Spam yaitu SRS. Di BlackBerry webstore, SRS dijual dengan harga $9.99 USD atau anda juga dapat mencoba versi trial secara gratis, namun hanya berlaku untuk 30 hari saja. SRS dapat memblok SMS spam secara teratur sesuai waktu yang anda inginkan. Selain itu SRS juga sudah terintegrasi penuh dengan Call BlackBerry®, SMS dan aplikasi email. RC

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel