Augmented Reality - Teknologi Pada Smartphone Selanjutnya

16 Aug 2011 09:57 4715 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam sebuah lingkungan nyata, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real-time. Nantinya konsep ini akan dipakai untuk teknologi smartphone selanjutanya.

Ronald T. Azuma (1997) mendefinisikan Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam sebuah lingkungan nyata, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real-time.

Augmented Reality berbeda dengan konsep Virtual Reality, di mana teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi, sepenuhnya menggantikan kenyataan. Konsep Augmented Reality tidak menciptakan computer-simulated environment semacam itu, melainkan berfungsi untuk menambahkan informasi dan hal penting lainnya pada suatu obyek atau tempat nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

Teknologi Augmented Reality sudah mulai digunakan oleh beberapa perusahaan saat ini, contoh:

  • Zugara, sebuah situs yang memungkinkan pengguna untuk mencoba baju secara online. Dengan memanfaatkan webcam, Shoppers bisa memilih dan mencoba baju melalui komputer miliknya.

  • Ray Ban, merk kacamata terkenal ini telah lama memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk memilih dan mencoba produk kacamata melalui situs resmi miliknya.

  • Skullycandy, berkonsep sama dengan kedua situs di atas, hanya saja produk Skullycandy berupa headphone.

Selain digunakan seperti ketiga contoh diatas, Augmented Reality juga bisa dimanfaatkan dalam bidang-bidang kesehatan, militer, dan banyak bidang lainnya. Misalnya; dengan memproyeksikan data gambar dari MRI ke tubuh pasien, Augmented Reality dapat membantu ahli bedah menentukan tumor yang akan dihapus; Museum dengan teknologi ini akan lebih menarik dikunjungi, dengan memanfaatkan kamera smartphone yang diarahkan ke sebuah artefak, info tentang artefak tersebut akan secara otomatis muncul di layar smartphone.

Beberapa pengembang telah menerapkan Augmented Reality pada aplikasi untuk smartphone ciptaannya, seperti aplikasi Street Tag untuk iPhone. Teknologi Augmented Reality ini sedang menjadi fokus pengembang aplikasi untuk diterapkan pada perangkat smartphone.

Dengan adanya Augmented reality aplikasi-aplikasi seperti game, peta navigasi dan lain-lain akan memiliki user interface yang lebih bagus, nyata, dan lebih informatif. Kedepannya, perangkat smartphone Anda bisa memiliki berbagai macam kemampuan sejauh yang bisa Anda imajinasikan menggunakan teknologi Augmented Reality. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel