oBaz - Bantu Anda Bernegosiasi Harga

12 Aug 2011 15:15 2345 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

oBaz adalah situs yang menyediakan layanan berupa melakukan tawar-menawar harga untuk member-nya yang terbentuk dalam suatu kelompok. Dengan situs ini, maka Anda tak perlu repot-repot melakukan tawar-menawar harga karena oBaz sudah membantu Anda.

Tawar-menawar harga atas suatu barang adalah hal biasa, tetapi bagaimana apabila sebuah situs yang melakukan tawar menawar untuk Anda? oBaz, sebuah situs asal Chicago, memberikan jasa semacam ini. oBaz adalah situs yang menyediakan layanan berupa melakukan tawar-menawar harga untuk member-nya yang terbentuk dalam suatu kelompok.

oBaz akan melakukan penawaran harga kepada merchants dan memberikan harga spesial tersebut kepada sekelompok konsumen yang memutuskan untuk menggunakan jasa situs ini.

Sistem oBaz hampir mirip seperti Groupon yang memberikan diskon kepada member. Namun perbedaannya adalah pada Groupon produk dan layanan yang mendapat diskon telah ditentukan. Pada oBaz, member mengorganisir suatu kelompok sendiri, menentukan produk atau layanan sendiri, kemudian oBaz akan mencari merchant dan menegosiasikan harga spesial.

Seorang member bisa menentukan apa yang ingin mereka beli dengan membuat atau bergabung pada suatu grup produk. Secara garis besar, member yang menentukan apa isi dari situs ini, sementara oBaz hanya melakukan tawar-menawar untuk mereka.

Member yang ingin membeli suatu produk dan membuat suatu grup mempunyai waktu tujuh hari untuk merekrut member lain sebanyak-banyaknya via situs jejaring sosial atau email. Setelah itu oBaz akan melakukan negosiasi harga dengan merchant atas produk yang mereka inginkan. Setelah harga spesial berhasil didapatkan oleh oBaz dan share pada grup, member grup tersebut mempunyai waktu 24 jam untuk membelinya dan oBaz mendapatkan keuntungan dengan memberikan sedikit biaya pada pembelian yang dilakukan member.

Ide situs ini berawal dari kebiasaan founder oBaz untuk mengorganisir teman-temannya untuk berkumpul dan melakukan suatu kegiatan bersama. Kemudian ia melihat adanya suatu peluang bisnis pada hal semacam ini.

Ficho, nama dari founder oBaz, mengajukan idenya ini pada Eric Lefkofsky dan Brad Keywell, Groupon co-founder dan Lightbank partners, 18 bulan lalu. Dan kini oBaz telah tersedia untuk digunakan oleh publik.

oBaz juga merencanakan akan merilis aplikasi mobile, namun tidak dalam waktu dekat, untuk saat ini oBaz memiliki fokus untuk lebih mengembangkan situsnya. RY

Tags Ulasan

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel