Pebedaan Post & Get Beserta Kekurangannya

9 Jul 2024 13:35 81 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut ini adalah perbedaan antara Post & Get

Dunia internet yang kita gunakan sehari-hari ternyata diatur oleh protokol yang kompleks, layaknya bahasa rahasia. Dalam protokol HTTP, terdapat dua metode penting, POST dan GET, yang berperan seperti kurir dan pengambil data, memungkinkan komunikasi web berjalan lancar. Mari kita kupas lebih dalam mengenai keduanya menggunakan istilah yang sudah Anda kenal.

METODE POST:

POST, ibarat kurir terpercaya, bertugas mengirimkan paket data ke server. Paket data ini bisa berisi berbagai macam informasi, mulai dari teks yang Anda ketik di formulir pendaftaran, foto yang Anda unggah ke media sosial, hingga data dinamis yang dihasilkan oleh aplikasi web. Dengan POST, Anda bisa:

  • Menyimpan Barang Baru: Seperti membuat akun baru, mengisi formulir pendaftaran, atau mengunggah foto ke media sosial.
  • Memproses Paket: Server dapat menggunakan data yang dikirimkan untuk berbagai keperluan, misalnya menghitung total belanjaan di keranjang online, menerjemahkan teks, atau membuat laporan.
  • Memodifikasi Isi Gudang: POST juga memungkinkan Anda untuk mengubah data yang sudah ada di server, seperti saat Anda mengedit profil pengguna, memperbarui informasi pengiriman, atau menghapus file yang tidak lagi diperlukan.

Kelebihan POST:

  • Keamanan Terjaga: Data yang dikirimkan tidak terlihat di URL, seperti alamat web yang Anda kunjungi. Hal ini penting untuk melindungi informasi sensitif seperti password atau data kartu kredit.
  • Beragam Muatan: POST dapat menangani berbagai jenis data, seperti teks, gambar, video, dan file lainnya, layaknya kurir yang dapat mengangkut barang bervariasi.
  • Interaksi Dinamis: POST mendukung interaksi yang lebih kompleks antara Anda dan server, seperti halnya saat Anda mengisi formulir, mengunggah file, atau melakukan transaksi online.

Kekurangan POST:

  • Sedikit Lebih Rumit: Dibandingkan dengan GET, implementasi POST sedikit lebih rumit, seperti halnya kurir yang harus memastikan barang sampai dengan aman sesuai instruksi.
  • Ukuran Paket: POST tidak ideal untuk data yang sangat besar karena dapat membebani server, ibarat kurir yang kesulitan membawa barang melebihi kapasitasnya.
  • Bookmark Tidak Langsung: Data yang dikirimkan melalui POST tidak terlihat di URL, sehingga halaman web hasil POST tidak bisa langsung di-bookmark.

METODE GET:

GET, di sisi lain, berperan sebagai pengambil data yang handal. Ibaratnya petugas gudang yang mengambil barang yang Anda pesan, GET dirancang untuk mengambil data dari server. Seringkali, GET digunakan untuk:

  • Mengambil Persediaan: Menampilkan daftar produk di toko online, berita terbaru di situs web, atau hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan.
  • Memproses Pesanan Kecil: GET dapat digunakan untuk mengirimkan parameter pencarian atau mengakses data konfigurasi, seperti halnya petugas gudang yang menerima instruksi spesifik untuk mengambil barang tertentu.
  • Membuat Tautan yang Mudah Dibagikan: GET memudahkan Anda untuk berbagi halaman web atau hasil pencarian dengan orang lain, layaknya memberikan petunjuk lokasi gudang kepada teman agar mereka bisa mengambil barang yang sama.
  • Berinteraksi dengan Gudang Lain: GET juga umum digunakan untuk berinteraksi dengan API web, memungkinkan pertukaran data antara aplikasi dan layanan online, seperti halnya petugas gudang yang berkoordinasi dengan gudang lain untuk mengambil barang yang tidak tersedia di tempatnya.

Kelebihan GET:

  • Mudah Digunakan: GET mudah dipahami dan diimplementasikan, baik oleh Anda selaku pengguna web maupun developer web yang membangun situs web.
  • Hemat Sumber Daya: GET umumnya lebih hemat bandwidth dibandingkan metode lain karena data yang dikirimkan lebih sedikit, ibaratnya petugas yang hanya mengambil barang sesuai kebutuhan sehingga menghemat waktu dan tenaga.
  • Kompatibilitas Luas: GET didukung oleh hampir semua browser dan server web, seperti halnya petugas gudang yang dapat bekerja dengan berbagai sistem manajemen persediaan.
  • Transparansi Data: Data yang dikirimkan melalui GET terlihat di URL, sehingga meningkatkan transparansi dan memudahkan Anda untuk memahami bagaimana data tersebut digunakan.

Kekurangan GET:

  • Keamanan Rendah: GET tidak ideal untuk data sensitif karena data terlihat di URL, seperti halnya siapapun yang bisa melihat alamat pengambilan barang.
  • Tidak Bisa Modifikasi: GET tidak dapat digunakan untuk mengubah data yang ada di server secara langsung, layaknya petugas gudang yang tidak bisa menambah atau mengurangi persediaan barang.
Kapasitas Terbatas: URL memiliki batasan panjang, sehingga data yang dikirimkan melalui GET tidak boleh melebihi batas tersebut, ibaratnya petugas yang tidak bisa membawa terlalu banyak barang dalam sekali jalan

About The Author

muhamad elgy fahri hidayat 9
Novice

muhamad elgy fahri hidayat

Saya Muhamad Elgy Fahri Hidayat, siswa Wikrama bogor, dan hobby saya bermain futsal
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel