Males ngoding? Tips and Trick agar Semangat Ngoding

8 Jul 2024 14:22 77 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
berikut ini adalah tips & trik agar semangat ngoding

Menjaga semangat dalam ngoding memang tidak selalu mudah. Setiap orang pasti pernah merasa malas, dan jika dibiarkan terlalu lama, rasa malas ini bisa merugikan diri kita sendiri, terutama dalam hal pengembangan karir dan keterampilan. Berikut adalah beberapa tips dan trik agar tetap semangat ngoding dan mengatasi rasa malas:

1. Ubah Pola Pikir

Seringkali kita menganggap ngoding sebagai aktivitas yang membosankan dan menimbulkan stres. Pola pikir negatif sering menjadi penyebab rasa malas. Cobalah mengubah pola pikir ini menjadi lebih positif sebelum mulai ngoding. Anggaplah ngoding sebagai aktivitas yang menyenangkan dan penuh tantangan yang menarik. Setiap error adalah kesempatan untuk belajar, bukan hambatan. Dengan begitu, kita akan lebih menikmati proses ngoding, walaupun ada tantangan yang harus dihadapi.

2. Cari Motivasi untuk Diri Sendiri

Motivasi adalah bahan bakar penting untuk mengatasi rasa malas. Cobalah mencari motivasi dari sekitar kita, seperti teman, keluarga, atau pasangan. Mereka bisa memberikan dorongan dan semangat agar kita tetap konsisten ngoding. Jika sulit menemukan motivasi dari orang lain, mencari motivasi dari dalam diri sendiri itu juga penting. Ingatlah tujuan besar yang ingin dicapai atau manfaat jangka panjang dari kemampuan ngoding. Sosial media juga bisa menjadi sumber motivasi yang baik. Banyak akun yang memberikan inspirasi dan motivasi yang bisa membantu kita tetap semangat.

3. Mengerjakan yang Mudah Terlebih Dahulu

Rasa malas sering muncul ketika kita dihadapkan pada pekerjaan yang sulit. Untuk mengatasinya, mulailah dengan mengerjakan tugas-tugas yang lebih mudah. Ini memberikan rasa pencapaian dan menjadikan kita lebih mood untuk ngoding. Setelah pekerjaan atau tugas mudah selesai, kita akan merasa lebih percaya diri untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas yang lebih sulit. Teknik ini tidak hanya membantu mengurangi rasa malas, tetapi juga membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan terstruktur.

4. Sambil Mendengarkan Musik

Kadang kita merasa malas ngoding dikarenakan bosan dan suntuk. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan mendengarkan musik. Musik bisa menjadikan kita lebih tenang dang enjoy. Pilihlah musik yang sesuai dengan selera dan mood kita. Musik bisa membuat kita lebih tenang dan membuat ngoding lebih menyenangkan. Kita bisa mendengarkan dan menyanyi agarlebih menyenangkan saat ngoding, Cobalah berbagai jenis musik sampai menemukan yang paling efektif untuk meningkatkan mood saat ngoding.

5. Membuat Target yang Harus Diselesaikan

Kadang kita merasa malas karena tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Untuk mengatasi ini, buatlah target atau rencana kerja yang jelas. Tentukan apa saja yang harus diselesaikan dalam periode waktu tertentu, baik itu harian, mingguan, atau bulanan. Dengan adanya target, kita memiliki panduan yang jelas tentang apa yang harus dikerjakan. Selain itu, pencapaian setiap target akan memberikan rasa puas dan motivasi untuk terus melanjutkan pekerjaan. Jangan lupa untuk membuat target yang realistis dan bisa dicapai, agar tidak merasa terbebani.

6. Istirahat yang Cukup

Jangan lupa untuk mengambil istirahat yang cukup. Bekerja terlalu lama tanpa istirahat bisa menjadi kita lelah dan menjadikan kita kurang produktif, Kita lebih pintar lagi mengatur aktifitas dan istirahat agar seimbang,  karena ketika tidak seimbang itu akan mempengaruhi mood kita ketika ngoding. Istirahat sejenak akan membantu menyegarkan pikiran dan tubuh, sehingga kita bisa kembali ngoding dengan semangat yang baru.

7. Cari  teman sefrekuensi

Teman juga jadi pengaruh besar untuk mood kita ketika kita berteman dengan yang tidak suka ngoding maka itu akan merubah mood kita jadi males ngoding, tapi ada juga temen yang tidakngoding namun menyemangati, namun ketika satufrekuensi, teman kita suka ngoding itu jadi tambah mood kita menjadi mood ketika ngoding, kita juga harus saling support ketika ngoding

Dengan menerapkan tips dan trik di atas, kita bisa mengatasi rasa malas dan tetap semangat dalam ngoding. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki hari-hari sulit, tetapi dengan strategi yang tepat, kita bisa melewati masa-masa tersebut dan terus berkembang menjadi programmer yang lebih baik.

Tags

About The Author

muhamad elgy fahri hidayat 9
Novice

muhamad elgy fahri hidayat

Saya Muhamad Elgy Fahri Hidayat, siswa Wikrama bogor, dan hobby saya bermain futsal
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel