Penggunaan Error Handling untuk Mempermudah Mendefinisikan Error

20 Jun 2024 15:55 183 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Error Handling, Error merupakan kesalahan dan Handling merupakan penanganan. Sehingga Error Handling bisa diartikan penanganan kesalahan pada berbagai macam keadaan dalam pemrograman, dan bisa digunakan di berbagai framework pemrograman. dan pembahasan mengenai tips and trik bagaimana penggunaan error handling dalam salah satu bahasa pemrograman

Error Handling

            Error Handling, Error merupakan kesalahan dan Handling merupakan penanganan. Sehingga Error Handling bisa diartikan penanganan kesalahan pada berbagai macam keadaan dalam pemrograman, dan bisa digunakan di berbagai framework pemrograman.

 

Macam – Macam Jenis Error :

  1. Perceptual Error yaitu kesalahan yang disebabkan oleh ketidakjelasan keterangan dari petunjuk penggunaan yang menyebabkan kesalah tanggapan dair pihak pengguna atau user. Contohnya penggunaan icon yang dapat membuat ambiguitas dengan sebuah desain dan fungsinya.
  2. Cognitive Error, ini adalah kesalahan yang dilakukan oleh user dalam mememcahkan atau karena konteks yang terlalu banyak dan informasi yang tidak merata, contohnya adalah penggunaan argumen atau parameter dalam pemrograman.
  3. Motor Error yaitu kesalahan yang disebabkan oleh ketidaksikronan antara mata, tangan, dan kemampuan yang dimiliki oleh user. Contohnya dalam klik mouse apakah harus single klik atau double klik.

Jenis – Jenis Kesalahan Pada User

  1. Mistake, yaitu kesalahan yang dapat dikatakan ketika user telah melakukan sesuatu dan telah dinggap benar namun sebetulnya adalah Tindakan yang salah.
  2. Slip, yaitu kesalahan diluar keinginan user, contohnya kesalahan klik menu yang diinginkan.

Bentuk – Bentuk Error Handling

  1. Error Prevention, yaitu untuk mencegah kesalahan user sehingga skala kesalahan user dapat diminimalisisr agar tidak terjadi error yang lebih fatal dalam suatu sistem, contohnya adalah munculnya error message untuk menghindari adanya kesalahan yang lebih fatal.
  2. Error Recovery, yaitu untuk memperbaiki kesalahan terhadap suatu kesalahan yang sudah terlanjut dilakukan oleh user. Contohnya ketika user terlalu banyak melakukan undo ataupun cancel di suatu sistem.

Cara Membuat Error Handling yang Baik

  1. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh user.
  2. Hindari kata – kata seperti : dummy, bad, dll.
  3. Hindari kalimat perintah.
  4. FAQ (Frequently Asked Questions)
  5. Menyiapkan berbagai macam model respon.
  6. Validitas masukan
  7. proteksi pengguna
  8. penampilan pesan
  9. optimasikan funsi HELP
  10. editing of error fields
  11. desain yang efektif dan effisien
  12. return cursor and highlight error
  13. no interrupting work flow
  14. confirmation commands

 

Kelebihan Error Handling

  1. membantu user dalam menangani kesalahan
  2. mempermudah programmer dalam pendeteksian kesalahan
  3. user tidak perlu melakukan restrart program setelah terjadi kesalahan
  4. resiko kehilangan data diminimalisir.

 

Kekurangan Error Handling

  1. Memperumit Kode Program
  2. programmer harus benar – benar tahu kesalahan apa yang kemungkinan akan terjadi
  3. satu fungsi dalam program bisa memiliki bebragai kemungkinan kesalahan

Tips sederhana untuk mencegah Error dalam program

  1. menulislah dengan teliti, coba ikuti aturan penulisan program dengan benar dan kosisten karena dengan penulisan kode yang sesuai dengan aturan akan mempermudah dan meminimalisir kesalahan dalam program.
  2. Menulislah dengan rapi, coba ikuti aturan penulisan program yang baik atau mengikuti konvensi. Hal ini akan mempermudah dalam pencarian kesalahan program dan juga membantu tim pengembang dalam memahami isi kode maupun membantu dalam memperbaiki error jika terjadi error.
  3. selalu konsisten dalam penamaan variabel dan sejenisnya juga membantu mencegah terjadinya error karena terkadang kesalahan terjadi karena perbedaan huruf besar dan kecil.
  4. pastikan algoritma yang digunakan sudah teruji kebenarannya.

 

Penanganan kesalahan, atau error handling dalam Python, adalah cara untuk mengelola dan menangani kesalahan yang terjadi saat program dijalankan. Kesalahan atau exception dapat terjadi saat program mencoba melakukan operasi yang tidak valid atau tidak mungkin dilakukan, seperti pembagian dengan nol atau membuka file yang tidak ada.

Python, salah satu penggunaan exception bisa menggunakan statement try – except . Pada blok try, program mencoba menjalankan kode tertentu.

Contoh sederhana penanganan kesalahan dalam Python:

```python

try:

x = 10 / 0

except ZeroDivisionError:

print("Error: pembagian dengan nol")

```

Dalam contoh di atas, program mencoba melakukan pembagian 10 dengan 0, yang akan menimbulkan kesalahan ZeroDivisionError. Namun dengan bantuan try – except program dapat menangani kesalahan dengan pesan yang terlampir.

Contoh penggunaan blok finally:

```python

try:

file = open("file.txt", "r")

# melakukan operasi pada file

finally:

file.close() # menutup file setelah operasi selesai atau terjadi kesalahan

```

Dalam contoh tersebut saat program membuat file.txt, blok finally akan digunakan untuk memastikan bahwa file ditutup.

Tags Teknologi

About The Author

DANENDRA GAFRILA 13
Novice

DANENDRA GAFRILA

Saya adalah Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Prodi D3 Teknik Informatika. dan disini saya akan menuliskan artikel dengan Tema Teknologi dan Pemrograman
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel