Kesuksesan Orang Jepang Diraih Melalui 5 Hal Berikut ini

19 Feb 2024 10:26 262 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kenapa Orang Jepang Selalu Sukses Menjalani Keseharian Hidup Mereka? Karena Mereka Melakukan Kebiasaan Sederhana Ini Setiap Hari, Patut Untuk Kita Contoh

Seperti diketahui bahwa Jepang merupakan salah satu negara yang populer di Indonesia sebagai salah satu tujuan destinasi wisata dan juga disukai oleh turis mancanegara lainnya.

Jepang yang sangat populer di Indonesia ini tidak hanya terkenal karena kuliner, hiburan, dan budaya yang sudah melegendaris melainkan juga tradisi maupun kebiasaan-kebiasaan hidup sehari-hari mereka yang membuat masyarakat negara tetangga penasaran karena mereka dimana-mana mampu tampil sukses dan rata-rata orang Jepang memiliki taraf hidup yang mapan namun tetap menunjukkan sisi kesederhanaan.

Jepang populer di Indonesia karena kebiasaan masyarakat Jepang yang bisa dicontoh dan diterapkan dalam keseharian kehidupan kita disini. Penasaran apa saja yang dimaksudkan? Silahkan membaca artikel ini sampai habis.

1. Orang-orang Jepang dikenal sebagai sosok yang memiliki hobi membaca

Ketika kamu berkunjung ke Jepang, mungkin kamu akan kaget melihat kondisi ini yaitu ketika sedang berada di kereta listrik, para penumpang kereta mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlihat asyik membaca baik itu bacaan jenis kitab, majalah, komik, koran hingga buku-buku pelajaran. Kebiasaan membaca ini tentunya membawa dampak bagus terhadap keseimbangan fungsi otak. Karena dengan membaca maka cakrawala berpikir seseorang akan menjadi terbuka dan memiliki pengetahuan yang luas.

Apabila kamu ingin menerapkan tips sukses ala orang-orang Jepang maka pastikan Anda membaca sesuatu yang bermanfaat di setiap waktu yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan yang satu ini. Misalnya buku-buku tentang pengembangan diri atau kitab-kitab wacana pengetahuan umum.

2. Orang-orang kerja memiliki kebiasaan bekerja secara team work

Seperti diketahui bahwa orang-orang Jepang mempunyai kebiasaan untuk memulai bekerja dengan team work (kerjasama tim), mereka lebih suka bekerja secara berkelompok dibandingkan bekerja sendiri. Begitu juga dengan hasil kerja, orang-orang Jepang lebih suka klaim sebuah akibat sebagai salah satu wujud prestasi tim.

Ada anekdot yang mengatakan bahwa, “satu orang profesor Jepang akan kalah dengan satu orang profesor Amerika, tetapi 10 orang profesor Amerika tidak akan mampu mengalahkan 10 orang profesor Jepang yang berkelompok”.

Budaya team work di Jepang tentunya adalah sesuatu yan sangat bagus untuk dicontoh. Sebuah problem sesulit apapun akan mampu lebih cepat terselesaikan jika dikerjakan menggunakan sistem gotong royong bersama-sama dalam sebuah tim yang solid.

3. Orang Jepang menjaga tradisi serta menghormati orangtua mereka

Dunia sudah mengakui bahwa Jepang adalah salah satu sentra teknologi global. Tetapi perkembangan zaman dan kemajuan teknologi tak serta merta menghasilkan orang-orang Jepang kehilangan jati diri mereka. Dimana Bangsa Indonesia sangat menghargai dan menjaga dengan menerapkan secara tegas tradisi leluhurnya.

Dulu ada tradisi orang Jepang membuang orangtua mereka yang sudah renta ke hutan, karena dianggap menjadi beban. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tradisi ini sudah tidak dilakukan lagi bahkan kini orang Jepang sangat terkenal di dunia sebagai orang-orang yang sangat menghormati orang tua mereka.

4. Orang Jepang loyalitas dan totalitas melakukan pekerjaan mereka

Orang-orang di Jepang terkenal dengan loyalitas mereka, inilah salah satu misteri sukses orang Jepang. Dibandingkan di Indonesia, di Jepang rata-rata banyak perusahaan yang lebih mengutamakan mendapatkan fresh graduate sebagai karyawan/wati mereka. Hal ini bertujuan buat memberikan kesempatan melatih para karyawan/wati agar mengerti tentang budaya kerja pada perusahaan tersebut dan bisa bekerja menggunakan totalitas serta loyal kepada perusahaan. Kebanyakan orang Jepang hanya bekerja pada satu atau 2 perusahaan hingga mereka purna tugas.

5. Orang-orang Jepang pantang menyerah sesulit apapun tantangan

Seluruh dunia tahu bagimana hancurnya Negara Jepang saat dua kota krusial mereka yaitu Nagasaki dan Hiroshima diluluh-lantakkan sang bom atom. Adanya banyak kerusakan infrastruktur yang sangat parah sudah menghentikan semua aktivitas ekonomi dan politik di negara ini. Tetapi jika diperhatikan, kerusakan terparah adalah pada psikologis rakyat Jepang saat itu.

Selain peristiwa bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, musibah tsunami yang terjadi tahun 2011 silam pun memukul keras bagi Negara Jepang. Infrastruktur mereka mengalami kerusakan yang sangat parah. Namun seluruh tantangan tersebut mereka lalui dengan akal sehat dan jiwa penuh semangat. Hasilnya adalah Jepang hari ini menjadi salah satu negara super power yang mendominasi perekonomian global.

Tags Android

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel