5 Kebiasaan Jelek Ini Mulai Sekarang Harus Diperbaiki Karena Bisa Merusak Otak untuk Jangka Panjang

20 Mar 2024 10:51 230 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

5 Kebiasaan Jelek Ini Mulai Sekarang Harus Diperbaiki Karena Bisa Merusak Otak Untuk Jangka Panjang

Otak pada makhluk hidup terutama kita sebagai manusia merupakan salah satu bagian paling penting dalam kehidupan kita yang memiliki sifat kompleksitas berfungsi sebagai media untuk mengendalikan pikiran, perasaan dan ingatan kita. Karena otak dikelilingi oleh jaringan neuron yang rumit bertugas untuk mengendalikan semua gerakan-gerakan kita yang menjadikan otak sebagai organ tubuh terpenting dalam ruang lingkup tubuh manusia pada umumnya. Meskipun kita sudah tahu bahwa otak sifatnya sangat rumit dan kompleks sehingga harus berhati-hati dalam memperlakukannya, kita seringkali tanpa disadari melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membahaykan organ ini dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Seharusnyalah kita menjaga kesehatan otak, salah satunya adalah dengan mengetahui beberapa kebiasaan yang bisa merusak otak jika terlalu sering dilakukan. Apa saja kebiasaan yang dianggap jelek untuk kesehatan otak, silahkan baca artikel ini sampai selesai sehingga kita bisa mengantisipasinya agar mengetahui cara terbaik untuk menghindarinya.

1. Duduk terlalu lama terutama pada benda keras seperti kursi dari kayu

Di masa serba teknologi seperti saat ini kadang-kadang membuat kita merasa nyaman-nyaman saja menjalani gaya hidup yang tidak banyak membutuhkan menggerakkan tubuh jadi seharian hanya duduk di kursi sibuk dengan laptop dan gadget lainnya bahkan hingga lupa untuk makan siang atau tidur. Kita terlalu asik dengan kegiatan yang satu ini dan kurang menyadari memiliki dampak negatif terhadap kesehatan otak kita. Duduk dalam jangka waktu lama apalagi pada benda keras seperti lantai atau kursi dari kayu dapat menurunkan aliran darah yang menuju ke bagian otak, seperti yang dijelaskan oleh studi UNCLA Health. Adanya penipisan wilayah otak tertentu berhubungan dengan proses pembentukan memori merupakan pengingat bahwa gerakan-gerakan yang kita lakukan tidak hanya bermanfaat bagi tubuh tetapi juga sangat penting bagi kesehatan kognitif. Maka dari itu hindarilah terjebak ke dalam perangkap ini dengan cara mengaplikasikan jadwal mingguan yang meliputi paling tidak 150 menit melakukan kegiatan fisik beserta mengajak istirahat tubuh sejenak yaitu setiap 15 sampai dengan 30 menit saja. Dengan cara ini bisa untuk mengalirkan kembali darah ke bagian otak dengan lancar.

2. Terlalu sering terpapar layar teknologi

Kebiasaan jelek yang kedua adalah membuang banyak waktu untuk menonton secara berlebihan bisa mengganggu keseimbangan ritme sirkadian kita dan jika ini dilakukan terlalu sering maka akan dapat menyebabkan adanya gangguan mood, kelelahan dan insomnia. Menurut national Institutes of Helath memperingatkan kepada kita bahwa waktu untuk menatap layar yang terlalu lama khususnya yang dilakukan oleh anak-anak bisa dikaitkan dengan hasil tes terhadap kemampuan berpikir dan penguasaan bahasa yang buruk sekali. Maka dari itu batasi waktu penggunaan perangkat harian dan ciptakanlah zona bebas layar setidaknya selama satu jam setiap hari sebelum tidur guna membantu kita menavigasi organ terpenting di dalam tubuh kita agar tetap dalam kondisi sehat.

3. Kurangnya asupan air mineral yang tidak mencukupi

Air merupakan salah satu komponen terpenting untuk menjaga kesehatan otak, namun sering kali kita melupakannya dimana dalam aktivitas kita setiap hari kadang-kadang sampai lupa untuk minum segelas air putih. Kalau pun minum kita cenderung memilih jenis minuman kekinian yang terlalu banyak mengandung gula. Dehidrasi ringan sekalipun bisa saja mempengaruhi waktu reaksi, memori dan perhatian sehingga otak yang memegang fungsi ini pelan-pelan tapi pasti akan mulai melemah daya kerjanya. Maka dari itu pastikan kita minum cukup air sepanjang hari setiap hari terutama sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik yang berat terutama sekali dan memunculkan rasa haus di mulut dan kerongkongan. Jangan biarkan keadaan ini berlama-lama, segeralah minum segelas air mineral untuk menetralisir keadaan.  

4. Kita kurang memiliki waktu untuk tidur

Kadang-kadang kita sering kali mengabaikan pentingnya tidur dalam kehidupan kita yang super sibuk terutama di masa canggih serba teknologi saat ini dimana hampir semua orang memiliki kesibukan yang sangat padat di kantor. Ini kadang-kadang membuat kita lupa untuk melakukan istirahat dengan tidur sejenak di waktu siang hari atau melakukan tidur yang nyaman di waktu malam hari. Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan kognitif, mempengaruhi memori, menajamkan penalaran, dan keterampilan memecahkan masalah seperti yang diperlihatkan oleh penelitian Harvard Health. Melakukan tidur satu jam lebih awal, tidak mengkonsumsi alkohol dan kafein selama satu jam sebelum tidur malam dan mengurangi paparan cahaya biru dari benda-benda gadget semuanya dapat bertindak sebagai penghalang pelindung, ini menjamin adanya pembaharuan dan perbaikan otak terutama saat melakukan tidur pada waktu malam hari.

Nah kelima kebiasaan jelek tersebut di atas kerap kita sepelekan namun inilah yang justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh terutama pada otak. Jadi mulailah sadar untuk melakukan pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel