Memahami SSH: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Kerja

8 Jan 2024 12:30 514 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pahami apa itu SSH beserta kegunaanya.

Semakin berkembangnya teknologi memungkinkan kita untuk melakukan kontrol perangkat secara remote atau yang jaraknya jauh melalui jaringan. Salah satunya adalah berkat adanya secure shell connection atau yang sering dikenal dengan SSH.

Apa itu SSH?

SSH adalah sebuah protokol keamanan yang digunakan untuk mengamankan akses jaringan dan pertukaran data melalui jaringan yang tidak aman. Dengan menggunakan kriptografi, SSH menyediakan cara aman untuk melakukan remote login, transfer file, dan eksekusi perintah di jarak jauh.

SSH umumnya digunakan untuk menyediakan akses aman dan terenkripsi ke perangkat atau server jarak jauh. Ini memungkinkan pengguna, khususnya administrator sistem, untuk mengelola dan menjalankan perintah pada perangkat atau server tanpa harus berada di lokasi fisiknya. Penggunaan utama SSH melibatkan remote access, di mana pengguna dapat masuk ke perangkat dengan aman melalui koneksi terenkripsi, serta transfer file dengan menggunakan protokol SCP atau SFTP. Autentikasi kunci publik-privat yang diterapkan oleh SSH juga meningkatkan tingkat keamanan, menggantikan metode login berbasis kata sandi yang lebih rentan terhadap serangan.

 

Kegunaan SSH

SSH memiliki berbagai kegunaan yang sangat penting dalam dunia komputasi dan keamanan jaringan. Berikut adalah beberapa kegunaan utama dari SSH:

Remote Access

Akses ke Server: SSH memungkinkan pengguna untuk mengakses server atau perangkat jarak jauh melalui koneksi aman. Ini memungkinkan administrator sistem atau pengguna untuk mengelola server tanpa harus berada di lokasi fisiknya.

Shell Remote: Dengan SSH, pengguna dapat mendapatkan akses shell pada perangkat tujuan, memungkinkan mereka untuk menjalankan perintah dan skrip dari jarak jauh.

 

Transfer File Secara Aman

SCP (Secure Copy Protocol): SSH memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer file antar perangkat dengan aman menggunakan SCP. File dapat dikirim atau diterima dengan enkripsi untuk melindungi kerahasiaan dan integritas data.

SFTP (SSH File Transfer Protocol): SFTP adalah protokol yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer file dan direktori dengan aman melalui koneksi SSH.

 

Tunneling dan Port Forwarding

SSH Tunneling: Penggunaan SSH dapat digunakan untuk membuat tunnel aman antara dua perangkat melalui jaringan tidak aman. Ini dapat digunakan untuk menyembunyikan lalu lintas dan mengamankan koneksi ke layanan yang tidak dienkripsi.

Port Forwarding: SSH memungkinkan pengguna untuk meneruskan lalu lintas melalui koneksi aman ke port yang ditentukan pada perangkat target. Ini dapat digunakan untuk mengamankan akses ke layanan atau aplikasi yang berjalan di server.

 

Autentikasi dan Keamanan

Kunci Publik-Privat: SSH menggunakan metode autentikasi kunci publik dan privat, yang lebih aman daripada penggunaan kata sandi. Kunci publik disalin ke server, sedangkan kunci privat disimpan dengan aman di perangkat pengguna.

Enkripsi: Semua data yang dikirimkan melalui koneksi SSH dienkripsi, termasuk informasi login dan perintah yang dijalankan. Ini melindungi informasi dari potensi serangan pengintai atau peretasan.

 

Manajemen Sistem dan Administrasi

Perintah Remote: SSH memungkinkan administrator sistem untuk menjalankan perintah atau skrip pada perangkat jarak jauh, memfasilitasi manajemen dan pemeliharaan sistem.

Pemantauan dan Konfigurasi: Dengan menggunakan SSH, administrator dapat memantau dan mengonfigurasi server atau perangkat jarak jauh tanpa harus berada di dekatnya.

 

Cara Kerja

SSH bekerja dengan mengamankan komunikasi data antara dua perangkat, biasanya antara client dan server, melalui koneksi terenkripsi. Saat sebuah sesi SSH dibuka, pertama-tama, klien dan server berkomunikasi untuk menegosiasikan parameter koneksi yang aman, seperti algoritma enkripsi dan metode autentikasi. Setelah negosiasi selesai, kunci enkripsi dipertukarkan, dan sesi dienkripsi untuk melindungi data yang dikirim dan diterima. Autentikasi pengguna dapat dilakukan melalui metode kunci publik-privat atau kata sandi, dengan kunci publik yang disimpan di server dan kunci privat yang dipegang oleh pengguna.

Tags

About The Author

Refi 14
Novice

Refi

Penulis Artikel Pemula No. 2
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel