Cara Menginstall dan Membuat Database Menggunakan MariaDB

3 Jan 2024 16:30 421 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Cara menggunakan MariaDB untuk membuat database.

Sebuah database adalah suatu sistem yang terstruktur untuk menyimpan, mengatur, dan mengelola kumpulan data yang terkait. Ini berfungsi sebagai kumpulan informasi yang terorganisir, memungkinkan untuk menyimpan berbagai jenis data seperti teks, gambar, angka, dan lainnya dalam format yang terstruktur, yang memudahkan pengelolaan, pencarian, dan manipulasi data. Database memegang peran utama dalam teknologi modern, dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti bisnis, pendidikan, ilmu pengetahuan, layanan kesehatan, dan banyak lagi.

MariaDB, di sisi lain, adalah sistem manajemen basis data (DBMS) yang merupakan turunan dari MySQL. Ini dikembangkan sebagai proyek open-source setelah akuisisi MySQL oleh Oracle, dengan fokus pada kebebasan, kinerja, dan keandalan. MariaDB mengadopsi sebagian besar fitur dari MySQL dan juga menambahkan perbaikan serta peningkatan fungsionalitas. Dengan dukungan SQL yang kuat, MariaDB menyediakan lingkungan yang stabil dan andal untuk menyimpan dan mengelola data. Ini menawarkan kemudahan bagi pengguna dalam membuat, memodifikasi, dan mengakses basis data, serta menawarkan kinerja yang baik bahkan dalam skala besar.

Fungsinya, secara khusus adalah menyediakan platform untuk membuat dan mengelola basis data yang efisien, memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai operasi seperti menyimpan, mengambil, memperbarui, dan menghapus data. MariaDB juga memfasilitasi penyimpanan data dalam tabel-tabel yang terstruktur dengan baik, yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan manipulasi data kompleks secara efisien. Sebagai DBMS yang handal, MariaDB digunakan dalam berbagai lingkungan aplikasi termasuk pengembangan web, sistem manajemen konten, analitik data, dan aplikasi bisnis lainnya. Keandalannya dalam memelihara integritas data dan kinerja yang baik menjadikannya pilihan yang populer di kalangan pengembang dan organisasi.

 

Install MariaDB

1. Membuka website resmi MariaDB pada browser.

2. Pilihlah versi terbaru dan OS sesuai perangkat yang digunakan lalu klik Download.

3. Buka installer MariaDB lalu klik Next dan beri centang pada License Agreement Terms setelah dibaca.

4. Ikuti perintah setup jika ingin menggunakan settingan default, bisa menggunakan custom setup jika ada yang ingin diubah seperti password lalu klik Finish jika sudah selesai.

 

Membuat Database Pada MariaDB

1. Buka aplikasi HeidiSQL lalu klik Create New Session (masukan User dan Password) dan Open Session.

2. Klik kanan pada tab Database lalu klik Create New Database dan beri nama Database tersebut (contoh “sekolah”).

3. Klik kanan pada Database sekolah lalu klik Create New Table dan beri nama Tabel tersebut (contoh “kelas”) lalu beri kolom (contoh “nama_kelas” dan “lokasi_ruangan” dengan tipe data varchar) jika sudah klik Save.

4. Lalu untuk menambahkan data gunakan Query “INSERT INTO kelas VALUES ('XII RPL 1', 'D2.1');” dan satu data telah terisi pada Database.

Tags

About The Author

Yuddha 14
Novice

Yuddha

Penulis Artikel Pemula
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel