E-book dan Sumber Pembelajaran Interaktif Bagi Guru

2 Apr 2024 15:50 343 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

E-book Dan Sumber Pembelajaran Interaktif Bagi Guru

Saat ini perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (smartphone) memberi pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia antara lain adanya tuntutan untuk selalu menciptakan inovasi atau produk baru yang memerlukan keterampilan khusus terhadap sumber daya manusia. Juga adanya pengaruh IPTEK (smartphone) bisa terlihat dalam bidang pendidikan merupakan sebuah tuntutan untuk selalu mengembangkan inovasi pembelajaran yang bersumber dari kreativitas manusia di dalam membangun konsep, teori, dan teknologi baru untuk nantinya bisa meningkatkan kualitas dalam bidang pendidikan. Era digital seperti sekarang ini membuat segala sesuatu hadir dalam versi serba digital contohnya memiliki sebuah smartphone tercanggih. Ini termasuk berhubungan dengan buku-buku digital yang dikenal juga dengan istilah e-book. E-book atau electronik book (buku-buku elektronik) menjadi salah satu jenis literasi masa kini yang sepertinya wajib hadir dalam format digital. Awal kehadirannya adalah diprediksi akan menggeser buku-buku fisik. Namun siapa sangka justru antara e-book dengan buku fisik saling bersanding dengan rukun hingga saat ini sejalan berimbang. 

Diketahui bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dan justru kondisi ini yang membuat mereka saling melengkapi yang sangat dibutuhkan oleh para guru. Sehingga ketika ada satu kekurangan maka akan dirasakan pembaca yang kemudian beralih ke versi lain guna menambal kekurangan bersangkutan.

Berkembangnya teknologi masa kini telah berhasil mengeluarkan beragam jenis produk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Contohnya adalah sebelumnya anda membutuhkan waktu dan tenaga guna mentransfer uang, pergi ke Bank atau Kantor Pos. Saat ini anda bisa dengan mudah mentransfer uang hanya dengan menekan tombol HP menggunakan fitur mBanking. 

Di samping mBanking ada banyak juga istilah lain yang muncul sebagai akibat dari berkembangnya teknologi seperti e-Commerce, e-Banking, e-Ticket, e-Gift, e-Card, e-Cigarettes, e-Learning dan e-Book.

Banyaknya produk digital tersebut harus benar-benar bisa dimanfaatkan oleh para guru supaya bisa meningkatkan mutu proses pembelajaran dimana pada akhirnya mutu lulusan akan meningkat. Untuk bisa meningkatkan mutu lulusan, maka seorang guru wajib dan mampu untuk mengembangkan media pembelajaran yang menyenangkan dan memiliki banyak fitur yang bisa membantu siswa/wi dalam memahami suatu konsep atau teori sehingga memudahkan diaplikasikan dalam keseharian kehidupan sebenarnya.

Dewasa ini buku-buku digital atau e-book cenderung diminati karena memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan buku fisik. Umumnya mempunyai fitur pencarian sehingga kata-kata dalam buku digital bisa dengan cepat dicari dan ditemukan. Buku digital sangat praktis karena bisa dibuka melalui smartphone maupun komputer. Adapun transisi pemakaian buku digital dari buku fisik akan memberikan dampak terhadap keadaan perpustakaan tradisional zaman dulu.

Diketahui bahwa perpustakaan tradisional mulai dilupakan karena keperluan mobilitas yang cepat dan flesibilitas tinggi. Dimana semakin ditinggalkannya perpustakaan tradisional maka semakin bertambah komputer yang difungsikan sebagai personal server.

Personal server akan menggantikan fungsi perpustakaan tradisional yang mengandalkan buku fisik menjadi digital yang bisa diakses melalui smartphone maupun komputer.

Buku-buku digital atau buku elektronik disingkat e-book atau ebook adalah salah satu bentuk digital dari buku cetak. Pada umumnya buku cetak terdiri dari setumpuk kertas dijilid yang berisikan teks atau teks dan atau gambar maka buku elektronik berisikan informasi digital yang berisikan info digital yang bisa berisi teks, gambar, audio, video, yang kesemuanya bisa dibaca di komputer, laptop, tablet atau smartphone.

Teknologi digital memungkinkan anda untuk menyimpan, membawa dan membaca buku hanya dengan peralatan kecil saja lebih kecil dari ukuran bukunya. Banyak perangkat komunikasi yang bisa digunakan sebagai alat baca buku digital seperti Feature Phone, Smartphone dan Tablet.

Buku digital merupakan salah satu jenis buku atau bacaan yang hadir dalam bentuk softcopy atau elektronik untuk selanjutnya bisa dibaca menggunakan perangkat digital baik itu smartphone maupun komputer (PC dan laptop).

Meskipun bentuknya softcopy yang artinya tidak mempunyai fisik karena desain atau layout buku tidak dicetak dalam media kertas seperti buku konvensional namun dari segi tampilan ternayta sama persis dengan buku pada umumnya.

Semoga bermanfaat.

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel