Manfaat Utama Smartphone Bagi Guru di Kelas

28 Feb 2024 21:15 653 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Utama Smartphone Bagi Guru di Kelas

Seperti diketahui bahwa smartphone telah menjadi salah satu aspek yang mendarah daging dalam kehidupan para guru ketika melakukan proses mengajar di kelas. Ketika berbicara tentang manfaat yang diberikan, penting untuk dipahami bahwa smartphone memungkinkan guru untuk melakukan proses belajar-mengajar melalui media yang menurut mereka paling nyaman dilakukan secara online.  Dengan mengingat betapa pentingnya keberadaan smartphone maka anda bisa melihat manfaat utama yang diberikan oleh jenis gadget ini untuk tujuan memperluas kesempatan belajar bagi siswa/wi terutama para guru ketika sedang berada di kelas offline atau online. Lantas apa saja manfaat utama penggunaan smartphone khususnya bagi para guru di kelas-kelas offline atau daring terhadap para pelajar dalam melakukan proses kegiatan belajar di sekolah ? Yuk baca penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Sebagai platform untuk alat praktis

Last but not least. Ponsel bisa menghitung sekaligus menampilkan konten-konten yang memiliki sifat pribadi yang disesuaikan dengan individu dengan mudah. Untuk aplikasi-aplikasi yang beresiko geo-lokasi, jejaring sosial, fungsi pencarian, pembaca berita, dan simulasi bisa dengan mudah disesuaikan untuk menyediakan alat pembelajaran praktis visa smartphone.

Siswa/wi terhadap gurunya lebih bersikap bersedia untuk berpartisipasi dalam pembelajaran keyika konten-konten pendidikan disampaikan dengan cara yang sifatnya interaktif dan dinamis seperti melalui kuis, jejak pendapat, survey, dan video. Dalam hal ini smartphone sangat membantu dan mendukung pengiriman jenis ini.

Juga pembelajaran seluler menawarkan peluang besar guna meningkatkan pendidikan pelajar dengan memadukan antara metode biasa yang dipakai dalam keseharian. Pendekatan blended-learning bisa sangat efektif ketika peran smartphone dalam rangkaian proses belajar mengajar bisa benar-benar dipahami. Kuncinya adalah integrasi.

Ketika diatur sedemikian bentuk lalu diintegrasikan dengan cara yang benar ke dalam proses pendidikan maka smartphone dan aplikasi pembelajaran seluler memiliki potensi meningkatkan pengalaman belajar dengan lebih dari satu cara.

2/ Alat bantu belajar portable yang dapat diakses

Tersedia dan yang terpenting adalah mudah diakses, anda saat ini hidup di dunia dimana smartphone lazim dipegang oleh setiap orang maupun rumah tangga. Jika di rumah atau ke sekolah sudah ada laptop, tablet, atau desktop, maka anda bisa 99,9 persen yakin aka nada smartphone.

Menjadi kehadiran umum di seluruh rumah tangga dan tempat-tempat formal seperti guru dengan murid-muridnya dari semua demografi bahwa smartphone menyediakan platform portable yang menjadikannya alat bantu belajar yang kuat.

3/ Pembelajaran

Pembelajaran melalui smartphone memungkinkan berbagai media untuk melibatkan mereka di dalamnya yang nantinya dapat disesuaikan dengan preferensi individu. Aspek pembelajaran mobile ini akan memberikan hubungan antara guru dengan siswa/wi di kelas berkesempatan untuk mengendalikan pendidikan mereka dan mengembangkan rasa memiliki.

Memiliki yang dimaksudkan adalah pilihan memberi siswa/wi pilihan untuk belajar melalui media yang paling nyaman bagi mereka dan dengan demikian meningkatkan perjalanan belajar secara keseluruhan.

4/ Kolaborasi

Ruang lingkup smartphone untuk menyinkronkan komunikasi bisa saja menjadikannya alat sosial yang luar biasa dan bisa meningkatkan kolaborasi antara siswa/wi dengan guru di kelas juga melibatkan para orang tua dan komunitas sekolah yang sifatnya lebih luas. Dengan smartphone maka interaksi sosial ditingkatkan dan komunitas sekolah tetap terjalin hubungan formal setiap saat

5/ Kapan saja dimana saja

Terakhir namun sangat penting untuk diperhatikan adalah smartphone bisa dibawa kemana-mana dengan ringan sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Ini membuat mengakses konten pembelajaran menjadi praktis dilakukan dan sangat mudah terlepas dari lokasi atau waktu.

Jadi antara siswa/wi dengan guru di kelas dapat memiliki akses ke dalam proses pembelajaran mereka tanpa gangguan. Pembelajaran tersedia secara harfiah dengan sentuhan ujung jari mereka.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel