Trik Menanam Pepaya Pendek Agar Berbuah Lebat Dari Pertama Kali Panen

28 Nov 2023 14:15 475 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Trik Menanam Pepaya Pendek Agar Berbuah Lebat Dari Pertama Kali Panen

Pepaya adalah buah tropis yang dikenal karena dagingnya yang berasa manis, segar, kaya air serta kandungan nutrisinya yang tinggi. Buah pepaya ini umumnya berbentuk lonjong yang memiliki kulit hijau atau oranye dan dagingnya berwarna jingga dengan biji-biji kecil di tengahnya. Pepaya juga diketahui banyak mengandung vitamin C, vitamin A, serat dan enzim pencernaan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Buah pepaya ini sering dimakan secara langsung dalam keadaan segar, atau diolah menjadi campuran salad, jus, selai atau dibuat kue bolu pepaya. Rasanya sangat enak.

Buah pepaya diketahui sebagai salah satu buah yang banyak memiliki manfaat kesehatan diantaranya adalah baik untuk pencernaan dan menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh, baik untuk penderita diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi dari radang sendi, mengurangi stress, mengurangi nyeri haid, dan mencegah kanker usus dan prostat. Dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya akan membuat organ jantung lebih sehat dan terhindar dari resiko penyakit jantung dimana dengan pencernaan yang lebih sehat dan terjaga maka organ pencernaan memiliki peranan begitu penting dalam hal mengolah dan mendistribusikan berbagai nutrisi makanan ke seluruh tubuh.

Melalui artikel kami kali ini selain membahas buah pepaya juga akan mengulas bagaimana budidaya cara menanam pohon pepaya pendek dengan berbuah lebat untuk panen pertama kalinya. Dilansir dari kanal YouTube @Jo Farmer Jumat (24/November/2023), berikut kami berikan panduan dalam budidaya cara menanam pohon pepaya pendek dan berbuah lebat dari awal hingga panen pertama.

1/ Pertama-tama anda akan ambil buah pepaya pendek yang matang dan dalam kondisi bagus (dari bibit unggul) kemudian belah dan seleksi ambil bijinya saja.

2/ Kemudian bersihkan biji lalu lakukan penyemaian setelah pertumbuhan cukup tinggi tanamlah pada polibeg dengan saluran air yang baik.

3/ Siapkan lahan dan pastikan terdapat saluran air yang memadai, persiapkan pupuk kandang dolumid dan NPK 1616.

4/ Kemudian buat lubang untuk melakukan penanaman bibit, tanam dengan posisi miring, dan lakukan penyiraman.

5/ Setelah sekitar 3 minggu lakukan pemotongan di atas tanah untuk merangsang pertumbuhan baru.

6/ Setelah potong batang induk, pilihlah semai terbaik dan bersihkan dari tunas yang tidak diinginkan.

7/ Anda juga bisa gunakan NPK 1616, KCL, dan fosfat guna memberikan nutrisi dengan cara semprot dengan ganda Sil B untuk tujuan pertumbuhan buah yang optimal.

8/ Kemudian dilakukan pemangkasan daun bawah untuk memfokuskan nutrisi pada buah dan bunga agar tumbuh dalam ukuran normal.

9/ Setelah gunakan pupuk KCL dan granul dari NASA untuk membesarkan buah, lakukan pemupukan ini secara rutin.

10/ Terakhir adalah pada usia memasuki sekitar 8 bulan, lakukan panen perdana yang biasanya setiap batang pohon menghasilkan kurang lebih dua buah pepaya.

Selamat mencoba.

 

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel