Tips Praktis Melacak iPhone Anda Yang Hilang

28 Nov 2023 16:15 466 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Praktis Melacak iPhone Anda Yang Hilang

Ponsel iPhone dari Apple baru-baru ini memiliki sejumlah fitur keamanan yang menyebabkan iPhone ini bisa dilacak oleh pengguna apabila perangkat tersebut tiba-tiba hilang. Jika ponsel anda hilang karena dicuri maka pencuri kemungkinan akan mematikan iPhone meskipun demikian fitur-fitur pelacakan Apple masih tetap bisa digunakan untuk menelusuri lokasi terakhir iPhone. Sedangkan jika ponsel tidak dimatikan, iPhone akan tetap memberikan lokasi terkininya bahkan jika ponsel dalam keadaan offline. Karena iPhone adalah salah satu benda bernilai jual yang mahal sehingga ini termasuk kategori barang berharga jadi anda harus hati-hati dalam membawanya agar tidak hilang atau kecurian yang membuat anda rugi. Untuk itulah anda perlu mempelajari beberapa fitur yang menjadi fasilitas dalam layanan yang diberikan oleh Apple untuk membantu para pengguna dalam menjaga iPhone mereka dari aksi pencurian atau kehilangan tiba-tiba.  

Cara pertama yang bisa digunakan untuk dapat melacak iPhone adalah dengan menggunakan Apple Watch. Namun cara ini terbatas pada jarak yang sangat dekat saja. Seperti dikutip dari laman dukungan Apple, berikut ini beberapa cara melacak iPhone yang hilang antara lain sebagai berikut :

1/ iCloud

Pengguna bisa menggunakan iCloud guna mencari dan menemukan iPhonenya yang hilang lewat laman iCloud.com/find. Saat anda memasuki halaman tersebut, anda mungkin akan diminta memasukkan kode verifikasi yang telah dikirim ke dalam perangkat anda. Apabila anda kehilangan satu-satunya perangkat yang bisa menerima kode maka pilih tombol Find Devices alaih-alih memasukkan kode. Sebagai catatan, saat menggunakan iCloud.com/find, anda tidak dapat menemukan lokasi perangkat jika perangkat dimatikan, baterai habis atau sudah lebih dari 24 jam sejak lokasi terakhir dikirim ke Apple. Selain untuk mencari iPhone yang hilang, fitur ini juga dapat menandai iPhone sebagai salah satu perangkat hilang dan menghapus data-data penting di iPhone dari jarak jauh.

2/ Aplikasi Find My

Cara berikutnya adalah dengan memakai aplikasi Find My dimana langkah-langkah yang dilakukan pertama adalah harus melakukan pengunduhan aplikasi Find My di perangkat Apple lainnya. Pada aplikasi Find My, anda akan menemukan bagian daftar perangkat lalu pilih perangkat yang anda ingin lacak. Jika aplikasi Find My tidak dapat menampilkan lokasi saat ini karena ponsel dimatikan atau tidak mengirimkan lokasinya maka Find My akan menampilkan lokasi terakhir yang dikirim oleh perangkat atau lokasi terakhir yang diketahui di jaringan Find My. Jika lebih dari tujuh hari berlalu sejak perangkat yang anda miliki terakhir kali mengirimkan lokasinya ke Apple melalui jaringan Find My, maka aplikasi Find My tidak dapat menampilkan lokasi dan akan menampilkan ‘tidak ditemukan lokasi’. Jika perangkat anda sedang online namun tidak dapat mengirimkan lokasinya misalnya jika ada masalah dengan layanan lokasi maka Find My tidak bisa menampilkan lokasi dan akan menampilkan ‘tidak berbagi lokasi-online’.

3/ Aplikasi Family Sharing

Dengan Family Sharing maka anda bisa berbagi lokasi dengan anggota grup Family Sharing dan membantu mereka menemukan perangkat yang hilang. Ketika admin grup mengatur berbagai lokasi di pengaturan Family Sharing maka lokasi admin secara otomatis dibagikan kepada semua orang dalam keluarga termasuk anggota baru yang ditambahkan. Namun anggota keluarga dalam grup kemudian dapat memilih untuk membagikan lokasi mereka atau tidak. Ketika anda berbagi lokasi dengan keluarga anda maka mereka bisa melihat lokasi anda di aplikasi Find My mereka. Dengan fitur ini maka perangkat milik anggota keluarga anda bisa melacak iPhone anda yang hilang.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel