HP Rusak Dibuang? Jangan! Lakukan Cara Ini Agar HP Rusak Tetap Bermanfaat Bagi Anda

27 Nov 2023 17:20 529 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lakukan Cara Ini Agar HP Rusak Tetap Bermanfaat Bagi Anda

Apakah anda memiliki smartphone yang rusak di rumah ? Biasanya HP yang rusak dibiarkan begitu saja teronggok di gudang, atau HP rusak akan langsung dibuang oleh pemiliknya. Alasannya sederhana, HP tersebut sudah tidak lagi bermanfaat, padahal HP rusak memiliki baterai bekas atau komputer usang tergolong limbah elektronik yang tidak boleh dibuang sembarangan. Tanpa pengelolaan yang tepat, limbah elektronik yang dibuang sembarangan bisa merusak lingkungan bahkan kesehatan diri anda. Lagipula masih banyak hal bermanfaat yang bisa anda lakukan dengan setumpuk HP yang rusak. Makanya ketimbang langsung dibuang sebaiknya lakukan beberapa cara ini yang menjamin akan lebih aman dan pastinya menguntungkan untuk anda. Yuk disimak.

1/ Donasikan HP rusak milik anda

Jika HP anda dalam kondisi 50% rusak dan anda enggan memperbaikinya maka jangan dibiarkan menumpuk di gudang. Karena anda dalam hal ini bisa menyumbangkannya ke lembaga yang menerima perangkat rusak dimana biasanya lembaga atau campaign khusus ini akan memperbaikinya lalu memberikannya ke orang-orang yang membutuhkan atau mengolahnya menjadi benda lain yang lebih berguna. Anda juga bisa mendonasikan ke orang-orang yang membutuhkan HP tetapi yang hanya mampu membayar biaya reparasi. Alternatif lainnya adalah memberikannya pada tukang loak yang berkeliling mencari perangkat elektronik yang sudah usang atau rusak. Setelah mengumpulkan banyak benda elektronik, biasanya benda tersebut akan ditimbang dan diolah menjadi sesuatu yang baru atau diperjualbelikan kembali ke pasar loak khusus untuk barang-barang elektronik. Tentukan saja cara mana dari du apilihan tersebut yang plaing praktis untuk anda.

2/ Recycle (daur ulang)

Seperti sudah disinggung di atas, benda elektronik yang rusak tidak boleh sembarangan dibuang ke tempat sampah seperti sampah domestik. Alasannya karena benda elektronik seperti baterai, kabel atau handphone memiliki unsur-unsur logam yang dapat membahayakan lingkungan maupun diri anda sendiri. Baterai misalnya jika dibuang sembarangan dapat sewaktu-waktu meledak dan menimbulkan kebakaran. Jika HP anda rusak, anda dapat mengirimkannya ke box pengumpulan HP rusak yang disediakan oleh beberapa merek perangkat elektronik atau ke perusahaan / organisasi yang memang bergerak di bidang tersebut. Limbah HP dapat disulap menjadi beberapa macam benda mulai dari instalasi seni, perabot rumah tangga bahkan perhiasan seperti emas. Dengan mendaur ulang perangkat elektronik yang sudah tidak terpakai atau rusak, anda secara langsung juga ikut andil dalam menjaga lingkungan.

3/ Perbaiki saja dulu

Jika tidak ingin membeli HP baru karena sudah nyaman dengan yang anda gunakan atau uang anda belum cukup, opsi ini merupakan alternatif yang paling mudah untuk dilakukan. Sekarang ini sudah banyak tempat reparasi HP rusak dengan harga yang tidak mahal. Namun jika tidak ingin mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya perbaiki HP rusak milik anda di service center resmi. Tetapi anda dalam hal ini pasti akan merogoh lebih banyak uang.

4/ Jual HP Rusak

Mungkin ada keinginan anda ingin memperbaiki HP rusak tersebut, tetapi bagaimana jika biaya yang harus dikeluarkan tidak berbeda dengan harga HP yang baru ? Solusinya adalah anda bisa menjual HP rusak tersebut dengan catatan jika kerusakannya tidak terlalu parah maka anda masih berpeluang mendapatkan uang penjualan yang lumayan. Uang tersebut kemudian bisa anda tabung untuk membeli HP baru.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel