Kenali Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada HP Anda

28 Nov 2023 19:15 513 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kenali Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada HP Anda

Sebagai salah satu barang elektronik yang paling sering dipakai, HP bisa saja mengalami kerusakan yang mendadak. Jika harus membeli yang baru, pastilah anda banyak membutuhkan uang. Sebelum menggantinya, anda bisa membawa ke service center, jika perlu, bisa mengganti sparepart yang rusak. Salah satu toko sparepart HP yang lengkap dan murah adalah Braderparts.

Mengganti sparepart yang rusak memang alternatif terbaik sebelum anda merencanakan untuk membeli smartphone baru. Dengan demikian, komunikasi dan penggunaan lainnya tidak akan terganggu. Di toko-toko sparepart HP terdekat biasanya menyediakan berbagai jenis kebutuhan untuk perbaikan HP.

Penggunaan yang hampir 24 jam dengan berbagai aplikasi bisa menyebabkan beberapa bagian dari HP menjadi aus. Belum lagi cara penyimpanan dan perawatan yang salah. Ini membuat perangkat tersebut mudah menjadi rusak. Belum lagi benturan ketika jatuh atau kelalaian lainnya. Harga sparepart HP cukup bervariasi. Karena itu tidak ada salahnya sebelum memutuskan untuk menggantinya, menyanyakan terlebih dahulu kepada petugas service bagian mana saja yang harus ganti dan kira-kira membutuhkan dana berapa. Jangan sampai biaya penggantian lebih besar dari harga HP itu sendiri. Beberapa kerusakan yang sering terjadi adalah sebagai berikut :

1/ Layar pecah

Bagian layar adalah termasuk paling sensitif dan mudah pecah. Penggunaan yang kurang berhati-hati, terjatuh atau terbentur bisa menjadi penyebabnya. Selain itu tidak jarang bagian layar rusak karena penyimpanan yang tidak berhati-hati, seperti tertindih barang berat. Sedangkan karena berbahan kaca, bagian ini sangat rentan. Layar penting untuk menjalankan aktifitas karena hampir semua smartphone saat ini berjenis touchscreen. Di bawah layar terdapat LCD yang mempunyai fungsi pengoperasian maka dari itu jika layar retak berpengaruh pada fungsinya bisa saja terganggu. LCD merupakan sparepart yang harganya lumayan mahal, tergantung jenis HP. Di Braderparts, tersedia berbagai jenis LCD HP sesuai kebutuhan.

2/ Kemasukan air

Tidak jarang karena kelalaian, HP kesayangan terguyur air, jika air sudah masuk dan menyebar ke seluruh bagian di dalam smartphone akan bisa dipastikan menyebabkan HP anda rusak. Namun ada cara untuk mengantisipasinya. Begitu HP basah karena terkena air, segera lepaskan baterai, tujuannya adalah untuk mencegah agar tidak terjadi konsleting yang menyebabkan kerusakan parah. Kemudian tegakkan HP yang sudah terbuka dari tutupnya dan angina-anginkan dimana untuk mempercepat proses pengeringan bisa dengan memanfaatkan hairdryer.

3/ Port baterai tidak berfungsi

Port adalah bagian yang cukup rentan mengalami kerusakan karena sering digunakan. Pemasangan kabel charger atau melepasnya yang asal-asalan bisa menyebabkan kerusakan. Cara ini dapat menyebabkan beberapa bagian tidak dapat mengalirkan listrik secara maksimal. Debu juga bisa menjadikan bagian ini bermasalah. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan menggunakan kuas kecil yang lembut. Debu tersebut bisa menghambat arus listrik atau tanpa sengaja terdorong lebih masuk dan menutup bagian-bagian di dalamnya.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel