Tips Praktis Mematikan Pohon Pisang Yang Terserang Virus Fusarium

30 Nov 2023 14:30 414 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Praktis Mematikan Pohon Pisang Yang Terserang Virus Fusarium

Melalui artikel kami kali ini akan membantu anda yang hobi berkebun pisang untuk mengetahui secara singkat mengenai cara aman mematikan pohon pisang ayng terlanjur terserang virus fusarium. Dimana keberadaan virus ini sangat mengganggu pohon pisang anda menjadi terganggu pertumbuhan batang dan daun yang menyebabkannya menjadi kerdil, susah berbuah lalu mati dan kadang-kadang bisa menular ke pohon yang sehat sehingga harus diberantas hingga ke bagian akar.

Penyakit layu fusarium atau sering disebut penyakit panama pada tanaman pisang disebabkan oleh fusarium oxysporum t. sp cubense (FOC) dimana penyakit ini merupakan penyakit paling berbahaya yang menyerang tanaman pisang yang menyebabkan kerugian petani buah pisang lebih dari 35%. Fusarium spp merupakan salah satu jenis jamur yang mampu bertahan lama dalam tanah sekitar tanaman pisang sebagai klamidospora yang terdapat banyak dalam akar menyebabkan akar menjadi sakit. Jamur mengadakan infeksi melalui akar dimana adanya luka pada akar akan meningkatkan infeksi. Penyakit ini merupakan pathogen yang habitatnya dalam tanah dan menular melalui aliran air, terikut pada alat pertanian dan menginfeksi melalui luka akar. Perlu untuk diketahui bahwa selain menyerang pada tanaman pisang, penyakit ini juga muncul pada tanaman cabai, layu fusarium juga dapat menyerang pada tanaman tomat, terong, semangka, melon, pisang, jeruk kubis, timun da masih banyak yang lainnya.

Adapaun langkah-langkahnya secara detail bisa and abaca tuntas dalam artikel ini agar anda dapat mengatasi ini dengan efektif.

Gambaran awal adalah melihat keadaan pohon pisang yang terkena virus fusarium, perhatikan pohon pisang anda apakah menunjukkan gejala daun layu, kekuningan atau adanya kerusakan pada batang daun yang menjadi busuk sehingga mempengaruhi kondisi pertumbuhan pada daun. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1/ Lobangi pohon pisang yang terkena penyakit. Gunakan bor untuk melubangi pohon pisang yang terkena virus dimana lubang ini akan digunakan untuk menyuntikkan racun ke dalam pohon.

2/ Pemilihan racun rumput. Pilihlah racun rumput yang memiliki efek bakar. Hal ini akan membantu memastikan bahwa virus fusarium mati dan tidak pindah ke pohon lain.

3/ Penggunaan suntikan. Gunakan suntikan untuk menyuntikkan racun ke dalam pohon pisang. Pastikan penyuntikan dilakukan di beberapa bagian pohon termasuk bagian batang dan akar.

4/ Pnutupan lubang. Tutup lubang yang telah disuntikkan dengan menggunakan daun pisang atau bahan penutup lainnya. Tujuannya adalah agar racun tetap di dalam pohon dan tidak terpengaruh oleh hujan atau terkena oleh anak-anak atau binatang.

5/ Pemantauan. Tunggu sampai pohon pisang menunjukkan tanda-tanda kematian. Hal ini dapat memakan waktu jadi bersabarlah dengan pantau perkembangannya.

6/ Pencegahan terhadap penyebarannya. Jika pohon lain di sekitar juga terkena virus fusarium, berikan racun sebagai tindakan pencegahan. Ini akan membantu mencegah penyebaran vurus tersebut ke wilayah yang lebih luas.

7/ Pastikan anda menggunakan alat pelindung diri saat melakukan proses ini dan hindari kontak langsung dengan racun dan pastikan keamanan area sekitar dari racun.

Semoga bermanfaat.

  
Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel