Kenali Sejak Dini Kondisi Kesemutan di Tangan, Kaki Atau Mulut Yang Memiliki Tanda Penyakit Tertentu di Tubuh

15 Nov 2023 15:50 599 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kenali Sejak Dini Kondisi Kesemutan Di Tangan, Kaki Atau Mulut Yang Memiliki Tanda Penyakit Tertentu Di Tubuh

 

Kesemutan kadang-kadang dianggap sebagai salah satu sensasi yang tidak perlu dikuatirkan terlalu dalam. Namun apakah anda benar-benar memahami apa yang terjadi pada tubuh anda ketika anda merasakannya ? Kesemutan adalah pesan penting dari sistem saraf yang perlu diinterpretasikan dengan benar. Kali ini melalui artikel ini kami akan menjelaskan tentang tanda kesemutan di beberapa area tubuh dan apa yang mungkin menjadi penyebabnya.

Kesemutan merupakan sensasi seperti tertusuk ribuan jarum kecil atau kondisi mati rasa yang biasanya terjadi di berbagai bagian tubuh. Ini akan terjadi ketika aliran darah ke area tertentu terganggu atau ketika saraf-saraf di area tersebut tertekan. Kesemutan bukanlah suatu penyakit melainkan reaksi tubuh terhadap faktor tertentu.

Kesemutan di bagian tangan dan lengan seringkali disebabkan oleh posisi tidur yang tidak nyaman. Juga adanya masalah seperti sindrom terowongan karpal atau tekanan pada saraf di leher dapat menjadi penyebabnya. Jika kesemutan berlangsung terlalu lama atau berulang kali maka konsultasikan dengan dokter untuk menghindari masalah serius.

Kesemutan di area kaki dan kaki bawah bisa disebabkan oleh perubahan posisi yang cepat terutama setelah duduk dalam jangka waktu yang lama. Ini juga bisa menjadi gejala dari masalah sirkulasi, seperti penyakit arteri perifer, yang membutuhkan perhatian medis.

Kesemutan di area wajah atau mulut bisa menjadi tanda adanya gejala kecemasan atau stress. Ini kemungkinan besar ada hubungannya dengan masalah gigi atau saraf wajah. Jika kesemutan berkepanjangan maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter gigi atau dokter untuk melakukan evaluasi lebih lanjut.

Sebagian besar kesemutan bersifat sementara dan tidak membutuhkan perawatan media khusus. Namun ada situasi dimana anda harus segera mencari perhatian medis. Ini khususnya untuk kesemutan yang berlangsung dalam jangka waktu lama terjadi bersamaan dengan kesemutan otot, disertai dengan gangguan bicara atau penglihatan atau terjadi setelah trauma fisik. Kesemutan adalah cara tubuh anda memberitahukan bahwa ada sesuatu yang perlu diperhatikan da diketahui penyebab dari kesemutan tersebut. Memahami penyebab kesemutan dapat membantu anda mengidentifikasi masalah potensial dan mencari perawatan yang tepat. Jika merasa cemas tentang penyebab kesemutan yang anda alami, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dimana seperti diketahui bahwa kesehatan adalah asset berharga dan sangat penting untuk merawatnya dengan baik termasuk mengalami kesemutan di bagian tubuh tertentu seperti tangan, kaki hingga mulut.

Jika anda tidak ingin sering mengalami kesemutan maka berusahalah untuk menjalani pola hidup sehat dengan menghindari asupan lemak jenuh tinggi seperti pada sate kambing. Untuk menurunkan risiko neuropati, anda perlu membatasi asupan lemak jenuh selain daging mentah, lemak jenuh, juga bisa ditemukan pada produk-produk susu dan makanan olahan lainnya. Kesemutan di area tangan, kaki atau mulut ternyata bisa juga muncul karena kekurangan nutrisi seperti vitamin B1, B6, B12 yang dapat menyebabkan terjadinya kesemutan di area tangan, kaki atau mulut. Maka dari itu usahakan mengkonsumsi dalam jumlah mencukupi asupan makanan yang mengandung vitamin dan asam folat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan fungsi saraf.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel