Diet Sehat dengan Makan Buah Naga? Emang bisa?!

9 Feb 2024 12:20 524 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Diet Sehat Dengan Makan Buah Naga

Siapa sih yang tidak mengenal buah naga ? Selain memiliki bentuk yang unik eksotik dan warna mencolok dari kulit buah seperti ungu, kuning dan ping, buah ini juga dikenal sebagai salah satu jenis buah yang tebal, ternyata buah naga memiliki banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Kandungan nutrisi pada buah naga terbilang cukup lengkap dari mulai kaya akan kandungan serat, karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lengkap dengan kandungan antioksidan. Di antara kandungan mineral pada buah naga adalah kalsium, magnesium, zat besi, flavonoid, dan polifenol yang semuanya memiliki kontribusi yang besar untuk mendukung program diet anda.

Buah naga menjadi makanan yang ideal dikonsumsi saat diet. Hal ini disebabkan karena buah naga memiliki banyak kandungan nutrisi dengan jumlah kalori yang rendah. Pada sebutir buah naga mengandung rata-rata 57-60 kalori dan 8 gram gula. Diantara manfaat dari kandungan buah naga khususnya untuk membantu program diet sehat adalah sebagai berikut :

1/ Melancarkan sistem pencernaan

Buah naga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan perut kembung. Karena pada buah naga mengandung probiotik yang meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam area usus. Manfaat probiotik ini dapat mengatasi sembelit karena melancarkan buang air besar.

2/ Menu rendah kalori

Buah naga cocok dijadikan menu makanan diet harian yang bagus untuk digunakan sebagai bahan makanan diet harian. Baik dimanfaatkan sebagai menu makanan pokok maupun menu camilan sehat. Karena pada buah naga mengandung karbohidrat yang rendah namun kaya akan serat yang dapat memenuhi asupan tubuh.

3/ Mencegah kebiasaan makan berlebihan

Salah satu hal yang sering dilakukan saat diet adalah melakukan defisit kalori. Namun anda tetap perlu memperhatikan menu makanan yang sehat dan mengenyangkan untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Dalam buah naga mengandung serat yang tinggi dimana dengan konsumsi serat yang mencukupi akan terpenuhi asupan nutrisi yang dapat membantu mencegah konsumsi kalori yang berlebihan. Hal ini karena buah naga dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mencegah kebiasaan makan yang berlebihan. Jadi dalam hal ini buah naga cocok digunakan menjadi menu makanan defisit kalori. Karena nutrisi anda akan terpenuhi dan tetap kenyang ketika mengkonsumsi buah naga.

4/ Mengontrol kadar gula darah

Dalam buah naga memiliki kandungan antioksidan yang membantu mengatur kadar gula darah. Kandungan serat dalam buah naga dapat menyerap gula untuk mencegah kenaikan gula darah. Kadar gula adarah tinggi sangat mempengaruhi tubuh mengalami obesitas yang lebih cepat. Sehingga selain memperhatikan asupan kalori anda juga perlu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

5/ Menjaga daya tahan tubuh

Dalam daging buah naga mengandung flavonoid yang dapat menangkal bahaya radikal bebas bagi tubuh. Apalagi saat sedang diet, banyak usaha yang anda lakukan untuk dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Seperti aktivitas olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi, adanya defisit kalori sehingga mengurangi asupan harian. Dua faktor ini bisa saja mempengaruhi kesehatan tubuh menjadi sakit jika tidak diimbangi dengan asupan gizi yang seimbang. Pada buah naga terdapat banyak vitamin yang dapat menjaga daya tahan tubuh dan metabolisme tubuh tetap optimal meskipun sedang diet.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel