Ini Trik Yang Dilakukan Apple Agar iPhone Mereka Laku Tiap Tahun

13 Nov 2023 09:50 429 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ini Trik Yang Dilakukan Apple Agar iPhone Mereka Laku Tiap Tahun

Apakah anda seperti warga Inggris pada umumnya yang mengendus akal bulus dilakukan oleh Apple setiap tahun agar produk iPhone mereka selalu laku dan menempati posisi teratas para pengguna ? Hal tersebut terungkap dalam gugatan yang dilayangkan oleh aktivis pembela konsumen Inggris bernama Justin Gutmann atas nama sekitar 24 juta pengguna iPhone di Inggris. Pihak Apple dilaporkan kalah dalam upaya untuk memblokir gugatan masal tersebut, dimana gugatan itu menuduh Apple menyembunyikan baterai yang rusak di jutaan iPhone produk baru. Mengutip Reuters, Gutmann menuntut ganti rugi dari Apple atas nama komunitas mereka senilai 1,6 miliar Pound (Rp. 30 triliun) ditambah bunga dengan kisaran klaim adalah sekitar 853 juta Pound.

Pengacara sang pelapor berpendapat bahwa Apple menyembunyikan masalah baterai pada model ponsel tertentu dengan membatasi baterai tersebut dengan pembaruan perangkat lunak dan memasang alat manajemen daya yang membatasi kinerja. Namun Apple lebih lanjut mengatakan bahwa tuduhan dari pelapor tidak berdasar dan membantah keras bahwa baterai di iPhone rusak kecuali sejumlah kecil model iPhone 6s yang menawarkan penggantian baterai gratis.

Perusahaan berusaha untuk membatalkan kasus tersebut ke pengadilan namun Pengadilan Banding Kompetisi (CAT) mengatakan bahwa kasus Gutmann dapat dilanjutkan dalam keputusan tertulis. Namun CAT mengatakan bahwa kurangnya kejelasan dan kekhususan dalam kasus Gutmann yang perlu diselesaikan sebelum diadili. Ia juga mengatakan bahwa pengaturan pendanaan litigasi Gutmann mungkin perlu diubah menyusul keputusan penting Mahkamah Agung pada bulan Juli yang menyatakan bahwa banyak perjanjian semacam itu melanggar hukum. Gutmann mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan tersebut merupakan langkah besar menuju keadilan konsumen.

Seorang juru bicara Apple mengacu pada pernyataan sebelumnya mengatakan bahwa mereka tidak pernah dan tidak akan pernah melakukan apap pun yang dengan sengaja memperpendek umur produk-produk Apple, atau menurunkan pengalaman pengguna untuk mendorong peningkatan bagi pelanggan.

Sertifikasi kasus Gutmann menambah jumlah tuntutan hukum masal bernilai tinggi yang saat ini diajukan di London. Menyusul keputusan sebelumnya pada Juli yang memberikan lampu hijau terhadap klaim terhadap bank-bank besar atas dugaan kecurangan valuta asing.

Diketahui bahwa produk Apple di dunai sudah mendapat pengakuan dari banyak para pengguna karena memiliki kelebihan menggunakan rpoduk Apple adalah semua produknya saling terintegrasi. Ekosistem Apple sangat mudah terbantukan dengan adanya AirDrop mengirim file menjadi mudah, dan adanya Family Sharing bisa untuk bagi-bagi bersama keluarga memakai produk Apple untuk menghemat biaya untuk pembelian dalam aplikasi.

Produk dari perusahaan Apple seperti iPhone, iPad, dan Mac menjadi produk unggulan dengan branding perusahaan yang kuat. Keunggulan kompetitif yang utama bagi perusahaan adalah kemampuan untuk mengembangkan produk inovatif yang berbagi sistem operasi, software dan aplikasi yang sama. Meskipun demikian di pasaran produk Apple lebih mahal karena Apple menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga kombinasi hardware dan software mampu memberikan kinerja terbaik. Alasan lainnya adalah biaya riset dan pengembangan perusahaan yang mahal, Apple butuh banyak waktu melakukan penelitian dan pengembangan setiap tahunnya.

Salah satu kunci kesuksesan Apple adalah inovasi dimana Apple terbukti terus menciptakan inovasi dengan meluncurkan produk-produk terbarunya. Dengan misi ini ingin menjawab kebutuhan pelanggan, Apple pun berupaya selalu menghadirkan inovasi-inovasi baru tersebut.

Semoga bermanfaat.

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel