Do And Do Not Dalam Hubungannya Dengan Menggunakan Media Sosial

9 Oct 2023 16:00 632 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Do And Do Not Dalam Hubungannya Dengan Menggunakan Media Sosial

Media sosial dan anak-anak muda menjadi dua hal yang kian sulit dipisahkan di era digital sekarang ini. Meskipun keduanya sangat melekat, anda tetap harus bijak dalam menggunakan media sosial supaya kemudahan media sosial tersebut dapat memberikan benefit bukan malah menjadi bencana bagi penggunanya.

Media sosial tentunya menjadi media yang memudahkan anda untuk mengekspresikan diri di ruang publik. Tetapi jangan lupa bahwa karakter ruang publik yang sangat terbuka ini juga perlu diantisipasi karena media sosial bisa diakses berbagai jenis orang baik yang dikenal maupun tidak dikenal. Nah melalui artikel kami kali ini akan memberikan tips apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan media sosial.

Do (Lakukan dengan bijak)

1/ Bijaksana dalam berbagi status atau pun unggahan-unggahan mengenai apa yang sedang anda lakukan dan rasakan di platform media sosial. Pikir dan timbang masak-masak sebelum menggunggah sesuatu baik itu sekadar status, foto maupun video.

2/ Cek dan recheck kembali berita-berita dan sumber berita untuk menyaring kebenaran dan menghindari hoaks sebelum diteruskan kepada yang lainnya.

3/ Jaga identitas dan kemananan akun pribadi anda.

4/ Selalu berhati-hati dan bijak ketika anda akan melakukan transaksi atau belanja secara online dengan berdasarkan iklan dan penawaran bareng melalui media sosial.

5/ Harus selalu diingat bahwa apa yang telah diposting secara online sulit untuk dihapus kembali. Internet akan menyimpan semua jejak maya penggunannya. Anda secara bertahap harus sudah mulai belajar cara mengatur waktu. Mengatur kapan waktunya menggunakan media sosial, kapan waktu istirahat dan tidur, serta kapan saatnya berkumpul dengan orang tua dan keluarga meskipun sekadar berbincang-bincang.

6/ Gunakan media sosial untuk segala hal yang dirasakan positif dan bermanfaat. Perhatikan etika menggunakan media sosial yang baik karena negara telah memberikan aturan dan batasan bermedia sosial (Undang-Undang ITE).

7/ Jangan berlebihan menggunakan medsos. Jaga kesehatan dengan memakai media sosial secara bijak sesuaikan dengan kebutuhan.

 

Don’t (Jangan dilakukan)

1/ Jangan sembarangan membagikan informasi pribadi di media sosial.

Lindungi data-data pribadi anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

2/ Jangan curhat permasalahan pribadi anda di media sosial karena bisa memicu konflik dan dampak negatif lainnya.

3/ Jangan memancing terlebih lagi memulai konflik dengan siapa pun ketika menggunakan media sosial karena dapat merusak reputasi dan hubungan.

4/ Hindari hate speech atau memberikan komentar yang mencela dan menjelekkan orang lain pada saat menggunakan media sosial karena dapat menyakiti perasaan orang lain dan merusak reputasi. Selain itu juga berhati-hati dengan dampak hukum yang diakibatkannya.

5/ Hindari bersikap terlalu ekstrim dalam menanggapi apapun di meida sosial karena hal ini dapat menyebabkan kesalahpahaman dan dampak negatif lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel