Inilah Penyebab Smartphone Anda Mudah Panas

11 Sep 2023 15:40 555 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Penyebab Smartphone Anda Mudah Panas

Kebiasaan terlalu sering bermain dengan smartphone anda tanpa sadar kalau tiba-tiba saja smartphone anda menjadi panas. Anda pun tidak menyadari bahwa meningkatnya suhu pada ponsel pintar disebabkan karena penggunaan yang berlebihan sehingga kinerja baterai hingga kondisi prosesor pun meningkat lebih tinggi. Hal tersebutlah yang membuat smartphone menjadi cepat panas. Apabila sudah seperti ini, ada baiknya anda berhenti sejenak dan membiarkan ponsel rehat.

Memang belum banyak yang tahu bahwa suhu panas smartphone sebetulnya berbahaya dimana ponsel akan beresiko meledak atau terbakar ketika suhu semakin meninggi.

Seperti dilansir dari Kompas.com, pengguna harus mengerti betul apa yang menjadi penyebab suhu pada smartphone meningkat agar terhindar dari hal-hal membahayakan.

1/ Sinyal tidak stabil

Kondisi sinyal atau jaringan yang tidak selalu dalam keadaan baik menyebabkan kinerja smartphone meningkat lantaran terus mencari jaringan secara ekstra. Ketika sinyal provider lemah maka HP anda akan bekerja ekstra keras guna menemukan sinyal. Ini adalah menjadi penyebab HP mudah menjadi panas, bahkan saat tidak digunakan HP akan terus menerus mencari sinyal sehingga suhu perangkat makin tinggi dan baterai cepat habis. Untuk mengatasinya, cukup dengan mematikan sinyal selular. Hubungkan HP ke wifi agar internet menjadi lebih lancar, juga beban HP menjadi berkurang untuk mencari sinyal.

2/ Baterai bermasalah

Ketika kinerja baterai menurun, daya baterai akan menjadi cepat bocor, ini yang menyebabkan baterai cepat habis, juga baterai bocor membuat HP cepat panas. Jika masalahnya terletak pada baterai HP anda, maka ini akan berpengaruh ke bagian belakang HP juga menjadi cepat panas dan ini bisa menjadi masalah yang sangat serius, dimana banyak kasus HP meledak disebabkan masalah pada baterai.

3/ Bug pada sistem operasi

Yang ketiga adalah karena ada bug pada OS atau operating system dimana bug dalam OS ini bisa menyebabkan konsumsi daya melebihi batas normal. Bug juga membuat fitur dan aplikasi bawaan bekerja terus-menerus di latar belakang. Konfigurasi yang kurang optimal karena bug menyebabkan baterai cepat terkuras tenaganya dan HP menjadi cepat panas. Solusi untuk memperbaikinya adalah cukup dengan update sistem operasi.

4/ Bug pada aplikasi

Bug atau eror juga bisa terjadi di dalam aplikasi. Salah satu bug yang sering muncul adalah membuat aplikasi berjalan terus di latar belakang. Eror karena gagal terhubung ke server juga membuat aplikasi bekerja terus-terusan. Di samping akan memakan RAM dan baterai, aplikasi yang berlangsung secara terus-menerus membuat HP cepat panas. Solusi mengatasinya bisa dilakukan up date aplikasi melalui App Store atau Play Store dan jika tidak ada up date, anda bisa uninstal aplikasi untuk sementara waktu.

5/ Lingkungan yang panas

Paparan sinar matahari secara langsung membuat suhu HP mudah panas, dimana suhu HP yang sudah panas karena operasional ditambah dengan suhu panas dari luar maka suhu HP menjadi 2-3 kali lebih panas dari biasanya. Meletakkan HP di dashboard mobil juga membuat HP mudah panas, suhu yang sangat tinggi bisa merusak HP bahkan ada kasus HP meledak karena menaruh di dashboard.

Semoga bermanfaat.

 

Tags gadget

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel