Apa Sarana dan Alternatif Parenting Pada Era Digital

15 Aug 2023 13:10 1266 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apa Sarana Dan Alternatif Parenting Pada Era Digital

Orang tua memegang peranan penting dalam keperluan membentuk karakter dan sikap anak-anak sudah tidak bisa diragukan lagi terutama di era serba digital seperti sekarang ini, parenting mengalami pergeseran dari cara yang bersifat tradisional ke cara lebih modern dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi hadir sebagai sarana dan alternatif untuk dapat membantu orangtua dalam hal mengawasi anak-anak dan memberikan pengasuhan yang tepat. Dalam menggunakan teknologi tersebut para orangtua juga perlu memperhatikan beberapa hal termasuk jangan khawatir secara berlebihan jika harus beradaptasi dengan teknologi.

Sarana Dan Prasarana Parenting Di Era Digital

Sarana dan prasarana yang dibutuhkan saat melakukan parenting di era digital jenisnya sangat beragam seperti berikut di bawah ini adalah sarana dan prasarana yang perlu Bunda miliki untuk menunjang proses parenting di era digital.

1/ Gadget dan Perangkat Digital

Apa Sarana Dan Alternatif Parenting Pada Era Digital

Gadget yang dimaksudkan adalah seperti smartphone, laptop atau tablet menjadi sarana utama dalam melakukan parenting di era digital ini. Para orangtua bisa menggunakan gadget tersebut untuk melakukan aktivitas parenting seperti mengawasi aktivitas anak-anak di internet, memberikan edukasi tentang penggunaan teknologi secara bijaksana atau memfasilitasi anak-anak untuk belajar secara online.

2/ Jaringan internet yang stabil

Apa Sarana Dan Alternatif Parenting Pada Era Digital

Jaringan internet yang stabil sangat penting dalam melakukan parenting di era digital. Dengan jaringan internet yang cepat dan stabil, maka diharapkan para orangtua bisa melakukan pengawasan secara real-time terhadap aktivitas anak-anak di internet atau memfasilitasi anak untuk dapat belajar secara online dengan lancar.

3/ Aplikasi Parenting

Apa Sarana Dan Alternatif Parenting Pada Era Digital

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi parenting yang berfungsi membantu para orangtua dalam melakukan pengawasan terhadap aktivitas anak-anak di internet. Aplikasi ini pada umumnya dilengkapi dengan fitur seperti pengaturan waktu layar, filter konten berbahaya atau monitoring aktivitas anak-anak secara real-time.

Alternatif Parenting Di Era Digital

Di samping sarana dan prasarana yang mendukung, Bunda juga dapat memberikan alternative parenting guna membantu membimbing tumbuh kembang anak-anak. Untuk dapat mengimbangi sarana dan prasaran teknologi maka Bunda perlu memperhatikan beberapa hal tersebut di bawah ini.

1/ Beri dukungan dari lingkungan

Alternatif pertama yang patut untuk dicoba dalam hubungannya dengan mengembangkan parenting di era digital ini adalah dengan memberikan dukungan kepada anak-anak melalui lingkungannya. Bukan hanya anak saja yang perlu beradaptasi dengan lingkungan yang serba digital tetapi para orangtua juga perlu menciptakan lingkungan yang mampu mendukung dalam melakukan parenting di era digital. Lingkungan yang mendukung bisa saja mencakup dukungan dari pasangan, keluarga atau teman-teman yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang sama mengenai parenting di era digital.

2/ Pelatihan dan edukasi

Apabila bunda merasa sulit untuk mengajarkan anak-anak berbagai tools digital, para orangtua masih mempunyai banyak waktu dan kesempatan guna belajar dari nol. Bunda perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup memadai guna melakukan parenting di era digital ini. Dukunglah pengetahuan Bunda melalui keikutsertaan pelatihan atau mengikuti seminar atau seminar online tentang parenting di era digital agar bisa memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel