Mengenal dua framework PHP Laravel dan Yii Framework

14 Jun 2023 13:40 1223 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Dari kedua framework yang saya bahas tadi mempunyai keunggulan dan kelemahan nya masing-masing, Tergantung pada preferensi dan kebutuhan anda atau pengembang serta karakteristik project yang anda kerjakan. Sekian terimakasih

Hai, kali ini saya akan membahas mengenai tentang Framework PHP.

Pengertian Framework

Sebuah framework adalah kerangka kerja atau fondasi perangkat lunak yang menyediakan struktur dan komponen dasar untuk membangun sebuah aplikasi.

Framework PHP yang akan saya bahas kali ini adalah:

  1. Laravel,
  2. Yii.

Pengertian kedua framework Laravel dan Yii framework

Laravel dan Yii adalah dua framework pengembangan aplikasi web yang populer dalam dunia Pengembangan Perangkat Lunak. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing framework:

Yang pertama yaitu framework Laravel

Laravel adalah sebuah framework PHP yang dirancang untuk mempermudah pengembangan aplikasi web. Framework ini dibangun dengan menggunakan pendekatan MVC (Model-View-Controller) yang memisahkan logika bisnis (model), tampilan (view), dan pengendalian (controller) dalam pengembangan aplikasi. Atau untuk mengetahui lebih jelas nya anda bisa langsung mengunjungi link website berikut: Laravel - The PHP Framework For Web Artisans

Beberapa fitur dan sekaligus manfaat yang ada di Laravel adalah sebagai berikut:

  • Routing : Laravel menyediakan sistem routing yang fleksibel dan mudah digunakan untuk mengatur alur permintaan HTTP ke berbagai tindakan dalam aplikasi.
  • ORM (Object-Relational-Mapping) : Framework ini menyediakan ORM yang disebut Eloquent, yang memungkinkan pengembang untuk berinteraksi dengan basis data menggunakan representasi objek.
  • Security : Laravel menyediakan fitur keamanan yang kuat seperti hashing password, perlindungan dari serangan CSRF, dan validasi data yang mudah digunakan.
  • System Templating : Laravel memiliki sistem templating yang disebut Blade, yang memungkinkan pengembang untuk membuat tampilan dengan cepat dan efisien.
  • Database Migration : Laravel menyediakan alat migrasi yang memudahkan pengembang untuk mengelola skema basis data.

 

Yang kedua yaitu ada Yii framework

Yii adalah framework pengembangan aplikasi web berbasis PHP yang juga mengikuti pendekatan MVC. Yii merupakan singkatan dari "Yes, it is!" dan dikenal dengan kinerja yang tinggi serta skalabilitas yang baik. Untuk mengetahui lebih jelas tentang framework Yii ini anda bisa klick link berikut: Yii PHP Framework (yiiframework.com)

Berikut adalah beberapa fitur dan manfat dari framework Yii:

  • High Performance : Yii dikembangkan dengan fokus pada kinerja yang optimal. Framework ini menggunakan teknik caching dan pemrosesan paralel untuk meningkatkan kecepatan aplikasi.
  • Automatic Code Generation : Yii menyediakan fitur pembangkitan kode otomatis (code generation) yang mempercepat proses pengembangan dengan menghasilkan kode yang repetitif.
  • Security : Yii memiliki fitur keamanan bawaan seperti validasi input, penyaringan SQL, perlindungan dari serangan XSS (Cross-Site Scripting), dan proteksi terhadap serangan CSRF.
  • Integrasi dengan Pihak Ketiga : Yii mendukung integrasi dengan berbagai pustaka dan komponen pihak ketiga, yang memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan ekosistem yang luas.
  • Dokumentasi yang Baik : Yii memiliki dokumentasi yang lengkap dan jelas, serta komunitas yang aktif, sehingga pengembang dapat dengan mudah mempelajari dan memecahkan masalah yang muncul.

Mungkin cukup sekian untuk pembahasan mengenai dua framework tersebut. Terimakasih semoga anda bermanfaat ;)

Tags

About The Author

ndan 10
Novice

ndan

Berbagi ilmu programming untuk Pemula.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From ndan