Apa Aja Sih Framework PHP? Yuk Cari Tahu!

14 Jun 2023 11:39 825 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nah itu tadi sob penjelasan mengenai Framework yang ada pada PHP. Masing-masing framewok tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam fiturnya, namun saran penulis Laravel adalah pilihannya karena pupuler dan komplex.

 

Halo sobat semuanya, sebelum masuk ke penjelasan Framework PHP,  apa si framework tuh ini penjelasannya. Jadi Fremewok adalah dibahas dari segi bahasa yang berarti kerangka kerja yang mempermudah proses dari pembuatan suatu web secara terstruktur. Nah untuk PHP nya sendiri mungkin sobat semua sudah mengenal tentang bahasa pemrograman  PHP (Hypertext Preprocessor).

Adapun untuk tujuan penggunaan dalam framework adalah sebagai berikut:

- Mempercepat kinerja dalam pembuatan suatu web, ketika teman-teman menggunkan framework tersedia banyak fitur untuk mengefisiensi langkah dalam pengerjaan seperti adanya route, model dan lain-lain. 

- Keamanan yang terjamin jika kita menggunakan Framework jelas keeamanan akan lebih aman dan pengembang dapat mengurangi risiko keamanan serta memastikan perlindungan data dan pengguna.

- Konsitensi Fremework menyediakan struktur kerja yang konsisten dengan adanya hal tersebut membuat pengembangan dapat memastikan konsistensi dalam kode dan arsitektur aplikasi, hal ini memudahkan kaloborasi antar pengembang  juga memungkinkan proyek dapat di kelola dengan semestinya dan jauh lebih baik.

 

Kita lanjut ke jenis-jenis framework yang ada di PHP, sebenarnya Fremework PHP ada banyak hampir lebih dari lima namun pada kesempatan ini saya akan membahas 3 saja yang paling sering digunkan antara lain:

1.Laravel

     Laravel adalah salah satu framework PHP paling populer saat ini dan lengkap. Laravel ini menyediakan seperangkat alat yang memang programing butuhkan untuk pengembangan aplikasi web, termasuk sistem routing yang komplex, manajemen basis data yang mudah dengan ORM (Object-Relational Mapping), sistem templating efisien, keamanan yang terjaga, dan lain-lain.

Kelebihan Pemrograman Elegan dan Ekspresif Laravel menggunakan sintaks yang mudah dipahami dan ekspresif, yang memungkinkan pengembang untuk menulis kode dengan cepat dan mudah dibaca. Ini membantu dalam meningkatkan produktivitas dan mempercepat proses pengembangan. Sedangkan kekurangannya Kurva pembelajaran meskipun Laravel memiliki dokumentasi yang baik, tetapi untuk pengembang yang baru memulai, kurva pembelajaran awal mungkin cukup curam. Framework ini memiliki banyak fitur dan konsep yang harus dipahami sebelum dapat menggunakannya secara efektif.

 

2.Yii

     Yii adalah framework PHP yang efisien dan kuat untuk pengembangan aplikasi web. Ini dirancang dengan fokus pada kinerja tinggi dan pengembangan yang cepat. Yii memiliki seperangkat fitur yang kaya termasuk sistem caching, pengujian unit, keamanan, pemodelan basis data yang kuat.

Kelebihan yang dipunyai oleh Yii Performa Tinggi Yii dirancang dengan fokus pada kinerja tinggi. Dengan menggunakan teknik caching, optimisasi query, dan penggunaan kode yang efisien, Yii dapat menghasilkan aplikasi yang responsif dan efisien . Sedangkan kekurangan yang sering ditemui Kurangnya Popularitas meskipun Yii adalah framework yang performa bagus, namun tidak sepopuler seperti Laravel atau Symfony. Ini dapat mempengaruhi ketersediaan sumber daya dan komponen pihak ketiga yang didukung oleh komunitas yang lebih besar

 

3.Symfony

     Symfony adalah framework PHP yang sangat fleksibel dan dapat menyesuaikan. Ini menawarkan seperangkat komponen yang dapat digunakan secara terpisah atau bersama-sama untuk membangun aplikasi web yang skalabel. Symfony mengikuti arsitektur Model-View-Controller (MVC) dan menyediakan banyak fitur untuk mengelola tugas-tugas yang cocok untuk umum dalam pengembangan web.

Kelebihan Dokumentasi yang baik Symfony memiliki dokumentasi resmi yang sangat baik dan komprehensif. Dokumentasi ini menjelaskan dengan jelas tentang fitur, konsep, dan cara penggunaan Symfony. Hal ini memudahkan pengembang dalam mempelajari dan memahami framework dengan baik. Sedangan kekurangannya adalah Overhead Symfony adalah framework yang komprehensif dan kaya fitur. Hal ini dapat menyebabkan adanya overhead dalam hal performa dan penggunaan sumber daya. Dalam beberapa kasus, aplikasi yang dibangun dengan menggunakan Symfony mungkin memerlukan sumber daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan framework yang lebih ringan.

 

Tags

About The Author

Gilang Ramadhan 9
Novice
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Gilang Ramadhan