framewok Laravel & Ci

19 Jun 2023 11:41 3246 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Framework laravel sangat mempermudah developer untuk pembuatan web/aplikasi,meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu.

Sebelum mengenal macam-macam framework php,mungkin beberapa dari kalian ada yang tidak tahu apa sih itu framework?nah begini penjelsanya.

 

Pengertian Framework PHP

  Framework yaitu suatu kerangka kerja perangkat lunak yang tersusun dari serangkaian kode generik yang mempermudah pengembangan website yang menggunakan  bahsa pemrograman php.

dengan adanya framework dapat membantu pengembang untuk memanfatkan struktur,komponen,dan fitur yang sudah ada,meningkatkan produktifitas,mengefisienkan waktu,memastikan kemanan serta kualitas website/aplikasi dengan baik.

 

Jenis-jenis Framework PHP

  ada beberapa jenis framework php ,namun kali ini saya akan menjabarkan dua jenis framework php yaiti laravel&CI.

1.Laravel

   framework ini terkenal sekali kesederhanaanya mengapa?karena pemrogramanya yang dinamis,sehingga performanya lebih powerfull cepat simpel sehingga dapat meng-efesiensikan waktu pembuatan,dan syntax nya juga sangat mudah dipahami.

Beberapa fitur utama dari Laravel adalah:

-Routing: Laravel menyediakan sistem routing yang kuat untuk mengatur URL dan mengarahkan permintaan HTTP ke fungsi-fungsi yang sesuai.

-ORM (Object-Relational Mapping): Framework ini memiliki ORM yang disebut Eloquent, yang memudahkan pengaksesan dan manajemen basis data dengan menggunakan model-model objek.

-Template Engine: Laravel menyediakan sistem template engine yang intuitif dan kuat, yang disebut Blade, yang memungkinkan pengembang untuk membuat tampilan yang menarik dan dinamis dengan mudah.

-Migrasi Database: Laravel menyediakan alat migrasi database yang memudahkan pengembang dalam mengelola skema database dan mengubah struktur basis data dengan nyaman.

-Keamanan: Framework ini memiliki fitur keamanan yang kuat, termasuk proteksi terhadap serangan CSRF (Cross-Site Request Forgery) dan XSS (Cross-Site Scripting), serta otentikasi pengguna yang mudah digunakan.

-Caching: Laravel mendukung sistem caching yang memungkinkan pengembang untuk menyimpan hasil komputasi yang mahal secara waktu dan sumber daya, sehingga meningkatkan kecepatan aplikasi.

-Testing: Laravel memiliki dukungan yang baik untuk pengujian (testing), termasuk dukungan untuk pengujian unit dan pengujian fungsional.

 

2.Framework CI

   Framework CI merujuk pada CodeIgniter,yang ringan untuk penggunanya. CodeIgniter memiliki pendekatan yang sederhana namun kuat dalam membangun aplikasi web dengan cepat.

Berikut ini adalah beberapa fitur utama dari CodeIgniter:

Struktur MVC: CodeIgniter mengikuti pola desain Model-View-Controller (MVC), yang memisahkan logika bisnis (Model), tampilan (View), dan pengendali (Controller). Ini memungkinkan pemisahan yang jelas antara tampilan dan logika aplikasi.

-Routing: Framework ini menyediakan sistem routing yang fleksibel, di mana Anda dapat dengan mudah menentukan pola URL dan menghubungkannya ke pengendali (controller) yang sesuai.

-Database Abstraction: CodeIgniter menyediakan lapisan abstraksi database yang sederhana, yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan berbagai jenis database dengan mudah menggunakan Query Builder atau menulis query SQL langsung.

-Validasi Form: Framework ini menyediakan fitur validasi form yang mudah digunakan, yang memungkinkan Anda untuk memvalidasi input pengguna dengan aturan yang ditentukan.

-Keamanan: CodeIgniter dilengkapi dengan fitur keamanan yang membantu melindungi aplikasi Anda dari serangan seperti Cross-Site Scripting (XSS) dan SQL Injection. Ini termasuk penghindaran potensial serangan dengan menghapus karakter berbahaya dan memberikan fitur keamanan lainnya.

-Koleksi Pustaka: CodeIgniter menyertakan kumpulan pustaka bawaan yang dapat digunakan untuk tugas-tugas umum seperti pengelolaan file, pengiriman email, manipulasi gambar, dan banyak lagi. Ini membantu dalam menghemat waktu dan usaha dalam pengembangan aplikasi.

-Dokumentasi yang baik: CodeIgniter memiliki dokumentasi yang komprehensif dan mudah diikuti, serta komunitas yang aktif.

 

 

 

 

 

 

Tags

About The Author

rahma rabbani 14
Novice

rahma rabbani

pelajar smkn1 katapang untuk sharing ilmu& pengalaman semoga menyenangkan dan bermanfaat:)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel