Trik Jitu Meningkatkan Brand Awareness

28 Mar 2023 11:10 679 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Trik Jitu Meningkatkan Brand Awareness

Yang dimaksud dengan brand awareness adalah salah satu istilah yang dibuat guna menjelaskan tentang keterkenalan atau keluasan sebuah merek yang telah dikenal oleh konsumen. Brand awareness mirip dengan penggambaran kondisi yaitu seberapa akrab dan baik para pelanggan dengan sebuah merek. Brand awareness akan menunjukkan sejauh mana para pelanggan mengenal merek atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan aplikasi ini maka anda bisa melihat bagaimana cara pelanggan untuk bisa merespon produk-produk anda. Apabila mereka kurang mengenal atau acuh terhadap produk=produk anda maka dapat diartikan bahwa brand awareness anda masih rendah.

Apa Peranan Penting Brand Awareness ?

Masing-masing pelanggan pastilah ingin membeli sebuah produk karena didasari oleh adanya pengenalan terhadap merek yang ditawarkan. Dimana diketahui bahwa tidak mungkin para pelanggan akan membeli produk yang berasal dari merek yang kurang mereka kenal. Merek produk dengan brand awareness yang bagus pastilah akan membantu masing-masing produk untuk semakin didengar oleh pelanggan sehingga mendorong adanya peningkatan penjualan produk menjadi tinggi. Ada 3 tingkatan brand awareness yang perlu diperhatikan di sini yaitu :

  • Brand recognition atau aided recall merupakan kemampuan pelanggan dalam mengenali produk-produk mereka ketika pertama kali melihat produk tersebut.
  • Brand recall atau unaided recall, merupakan salah satu kemampuan para pelanggan guna mengingat nama merek sesuai dengan kategori produk.
  • Top of mind awareness adalah kemampuan para pelanggan untuk bisa mencetuskan nama merek ketika memikirkan sebuah industri atau kategori tertentu.

Sebuah bisnis akan melakukan beberapa cara guna meningkatkan brand awareness perusahaan mereka. Apabila sebuah bisnis telah lama dikenal oleh masyarakat dan mampu bersaing dalam kualitas produk, maka kepercayaan para pelanggan terhadap perusahaan anda akan meningkat.

Apa Manfaat Dari Brand Awareness ?

Beberapa manfaat dari pentingnya melakukan brand awareness adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan penjualan dan pendapatan.
  • Meningkatkan rasa percaya para pelanggan terhadap perusahaan.
  • Menjaga para pelanggan lama agar tetap setia.
  • Mendapatkan banyak pelanggan baru.
  • Menjadi strategi perusahaan dalam jangka panjang.

Strategi Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan guna meningkatkan brand awareness. Beberapa strategi yang cukup sering digunakan untuk dapat membantu membangun sebuah brand awareness adalah sebagai berikut :

1/ Membuat iklan konvensional

Iklan-iklan konvensional adalah salah satu jenis pemasaran yang mempunyai sifat hard selling dan dipasang melalui media konvensional misalnya saja adalah TV, reklame, radio, Koran dan lain sebagainya. Melalui iklan ini maka diharapkan anda mampu menjelaskan merek perusahaan ke para audiens secara luas. Teknik ini adalah salah satu teknik manjur dan bisa diandalkan oleh perusahaan.

2/ Sebagai media sosial

Media sosial dalam hal ini bisa menjadi salah satu pilihan yang mempunyai tujuan untuk membantu adanya peningkatan terhadap brand awareness. Media sosial bisa menjadi konsumsi publik setiap hari. Caranya adalah dengan melakukan unggahan konten yang sifatnya relevan dan interaktif secara berkala dimana anda dapat mengumpulkan banyak audiens yang mempunyai prospek besar bagi bisnis anda.

3/ Content marketing

Content marketing dalam hal ini bisa menjadi pilihan baru di dunia brand awareness yang tampak mulai bosan dengan melakukan cara pemasaran melalui periklanan. Dengan content marketing anda bisa menyuguhkan konten-konten yang di dalamnya mengandung nilai informasi atau hiburan terhadap audiens. Pada akhirnya audiens akan merasa tertarik untuk mengkonsumsi konten anda sehingga secara tidak langsung akan terpapar dengan merek perusahaan anda.

Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Awareness ?

Melalui artikel kami kali ini akan memberikan petunjuk tentang beberapa cara yang bisa anda lakukan guna meningkatkan brand awareness terhadap sebuah merek perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Menggunakan logo yang menarik

Logo adalah salah satu hala pertama yang akan dilihat oleh para pelanggan yaitu nama logo. Nama logo akan lebih mudah untuk diingat karena terdiri dari bentuk dan warna yang sifatnya spesifik terhadap produk-produk anda. Pemakaian logo dalam sebuah perusahaan dilakukan hampir di seluruh bidang yang erat hubungannya dengan bisnis seperti di dalamnya menyangkut tentang penggunaan poster, kemasan, sosial media, kartu nama, situs resmi dan konten iklan. Pakailah logo yang menarik dan mudah untuk diingat oleh pelanggan. Pilih warna yang mencolok tetapi serasi atau bentuk yang unik mudah diperhatikan dan diingat. Semakin menarik dan mampu menunjukkan ciri khusus dari logo yang anda siapkan maka akan menjadi semakin mudah untuk diingat oleh para pelanggan. Logo bisa menjadi salah satu strategi brand awareness yang jitu.

2/ Menggunakan tagline yang menarik

Tagline atau slogan yang melekat dalam sebuah merek perusahaan haruslah menarik dan tidak boleh kalah dengan logo. Semakin spesifik tagline atau slogan yang anda gunakan maka akan menjadi semakin mudah pelanggan untuk mengenali nilai-nilai yang diusung oleh sebuah perusahaan. Pastikan perusahaan anda memakai tagline yang praktis untuk diucapkan dan tidak menimbulkan persepsi ganda. Pilih kata-kata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat dan sifatnya sederhana. Slogan atau tagline ini bisa difungsikan sebagai jingle (gabungan tagline dengan nada-nada cantik).

3/ Memaksimalkan penggunaan media sosial

Media sosial dalam hal ini bisa difungsikan sebagai media konsumsi publik sehari-hari. Dimana ini diharapkan bisa membantu meningkatkan produk di pasar media sosial terutama di era serba digital ini. Penggunaan media sosial bertujuan untuk meningkatkan brand awareness seperti merangkul pasar pelanggan melalui platform digital yang wajib diperhatikan oleh manager. Anda bisa mengoptimalkan langkah ini terutama yang berhubungan dengan konten dalam digital advertising di setiap platform media sosial yang dimiliki dan memastikan bahwa usaha anda memiliki beragam platform media sosial sehingga bisa dengan mudah melakukan brand awareness.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel