Cara Backup WordPress dengan Plugin

16 Mar 2023 12:30 658 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Backup adalah proses mencadangkan file atau data untuk website agar ketika sewaktu-waktu ada masalah tidak akan kehilangan data tersebut

Jadi, backup bisa dikatakan sebagai usaha untuk mencegah hilangnya file atau data ketika web dalam masalah. Penyebabnya mulai dari human error, website yang downtime, atau gagal upgrade ke versi WordPress yang baru.

Cara Backup WordPress Tanpa cPanel, hanya Menggunakan Plugin 

Backup adalah proses mencadangkan file atau data untuk website agar ketika sewaktu-waktu ada masalah tidak akan kehilangan data tersebut. Backup itu bisa dilakukan manual dengan menggunakan cPanel. Selain itu ada cara dalam backup WordPress tanpa cPanel yang jauh lebih simple dan praktis.

Untuk pencadangan tanpa cPanel, pemilik web harus Install plugin untuk backup data WordPress. Ada beberapa plugin terbaik yang memiliki fungsi sama yaitu membackup data, pada penjelasan kali ini kami hanya akan menggunakan plugin terbaik untuk backup data, yaitu "BlogVault" 

Pentingnya Melakukan Backup Data

Sebelum kami menerangkan caranya, alangkah baiknya terlebih dahulu pahami kenapa web berbasis WordPress itu harus di-backup. Dan apa pentingnya bagi website tersebut? Berikut Penjelasannya

Jadi, backup bisa dikatakan sebagai usaha untuk mencegah hilangnya file atau data ketika web dalam masalah. Penyebabnya mulai dari human error, website yang downtime, atau gagal upgrade ke versi WordPress yang baru.

Backup dilakukan dengan menyalin atau membuat arsip semua file. Meski sebenarnya penyedia web hosting mencadangkannya setiap akhir bulan, tapi lebih baik melakukannya sendiri. Inilah kenapa proses pencadangan begitu penting:

  • Karena mempunyai berkas database WordPress sendiri, maka pemilik web bebas melakukan modifikasi secara offline pada komputer lokalnya.
  • Lebih leluasa untuk mengakses dan mengedit file backup.
  • Jika berencana migrasi ke layanan hosting lain, akan lebih mudah dilakukan dan tidak perlu unduh ulang.
  • Meminimalisir kerugian apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga.
  • Data bisa hilang kapan saja.

Nah setelah kalian memahami apa yang sudah kalian baca diatas, selanjutnya kita akan masuk bagaimana cara melakukan backup tersebut. Berikut tutorialnya.

Cara melakukan backup WordPress Tanpa cPanel

Jika ingin mencadangkan file dan database yang lebih simple dan praktis, menggunakan plugin adalah solusinya. Bahkan ada beberapa plugin terbaik yang berfungsi menbackup data, namun kali ini kami hanya akan menggunakan satu plugin yaitu:

BlogVault

Rating: 4.0/5

Instalasi aktif: 100 Ribu+

Plugin backup WordPress populer lainnya yaitu BlogVault. Memiliki kelebihan tidak membebani server web hosting, sehingga dapat berjalan lancar

Selain itu, ada juga fitur staging yang memungkinkan Anda untuk melakukan cloning pada website untuk melakukan pengetesan yang dapat diterapkan langsung pada situs utama.

Cara backup Website WordPress Menggunakan BlogVault

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan backup WordPress BlogVault, yaitu:

1. Instalasi plugin BlogVault

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall plugin BlogVault terlebih dahulu. Caranya masuklah ke dashboard admin WordPress Anda dan pilih menu Plugins.

 

Kemudian, klik Tambah Baru > Ketik BlogVault > klik Install.

 

Kemudian, Jika instalasi plugin telah selesai dilakukan, aktifkan plugin dengan cara klik tombol Aktifkan.

2. Buka BlogVault 

Jika sudah diinstall dan aktifkan. selanjutnya, buka plugin tersebut lalu klik Add site untuk membuat akun.

3. Masukan URL web Anda

Jika sudah dimasukan klik continue.

 

4. Pilih penginstalan Otomatis 

  • Jika kalian belum memasukan website Anda silahkan Pilih opsi install otomatis > Masukan kredensial WordPress berupa nama pengguna dan password > Tekan submit adanya BlogVault akan melakukan tugasnya secara otomatis di latar belakang.

  • Atau, Anda dapat menginstall BlogVault langsung di situs WordPress Anda, Masukan alamat email Anda di pengaturan, dan dashboard Anda di BlogVault akan dibuat dengan otomatis. 

Sinkronisasi situs akan dimulai secara otomatis, dan Anda dapat menjalani web Anda.

 

Itulah cara backup WorPress tanpa menggunakan cPanel hanya dengan Plugin. Metode ini lebih praktis dan simple dibandingkan melakukannya manual. 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

Tags

About The Author

Hysm 25
Novice

Hysm

SMK PLUS PRATAMA ADI Jl.Dipatiukur no.9 banjaran KELAS :XI NAME ;Hysm TTL :Bandung, 26-Maret-2006 HOBI :Rajin Mengaji CITA2 :Ustadz/Kiyai
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel