Cara Install Theme di WordPress

7 Mar 2023 15:40 708 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

 

WordPress theme merupakan sekumpulan file yang mencakup gambar, style sheet, dan kode yang menunjukan ciri khas tampilan dan fungsionalitas visual website.

Theme, memiliki fungsi untuk mengendalikan  tampilan dari penyajian informasi.

 

Cara Install Theme di WordPress

Apa itu WordPress?

WordPress merupakan sebuah platform content management system yang paling populer di dunia. WordPress di gunakan hampir 43% website di seluruh dunia, bahkan untuk platform CMS-nya,  hampir menguasai hampir 65% website di seluruh dunia.    

WordPress sendiri terbagi menjadi dua yaitu WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com ialah platform pembuat website dari WordPress sekaligus memberikan hosting dan domain. Sedangkan WordPress.org. ialah penyedia platform CMS WordPress yang bisa diunduh dan diinstall secara gratis.

Apa itu theme?

Sebelum masuk kedalam tutorialnya, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu theme di WordPress. Apa sih WordPress theme?  

WordPress theme merupakan sekumpulan file yang mencakup gambar, style sheet, dan kode yang menunjukan ciri khas tampilan dan fungsionalitas visual website.

Kalau kita masuk ke halaman Developers di situs WordPress maka kalian akan menemukan tombol menu yaitu develop Themes dan Develop Plugins.

Secara konsep peruntukan theme dan plugin pada WordPress adalah 

  1. Theme, memiliki fungsi untuk mengendalikan  tampilan dari penyajian informasi.
  2. plugin, berfungsi mengendalikan fitur behavior dari situs WordPress kita.

Kalau kita melihat penjelasan diatas theme berhubungan dengan penampilan, sedangkan plugin berhubungan dengan fungsional fitur.

Setelah mengetahui apa itu theme sekarang kita lanjutkan, bagaimana cara install theme di WordPress. Ada berbagai cara dalam menginstall theme di WordPress, seperti: melalui wp-admin, melalui cPanel, maupun manual. Namun dalam artickel kali ini kita akan menggunakan wp-admin, berikut langkah-langkah nya.

Cara Install Theme WordPress

Install theme wordPress melalui wp-admin

Berikut langkah-langkah dalam menginstall theme WordPress melalui wp-admin atau dashboard WordPress Anda:

1. Pertama, login ke dashboard wordpress melalui nama domain/wp-admin.

2. Klik menu Tampilan > Tema.

3. Selanjutnya, klik tombol "Add new" / "Tambah baru".

4. Bagi belum memiliki theme, Anda bisa memilih salah satu theme yang telah tersedia di halaman add new tersebut. Klik tombol "Install" untuk melakukan instalasi theme yang akan ditampilkan. 

Jika sudah menemukan tema nya klik "Install" selanjutnya klik "Aktifkan" jika sudah aktif maka akan otomatis akan berubah tinggal klik refresh dan selesai.

5. Jika Anda sudah memiliki theme sendiri, Anda bisa klik menu "Upload themes" lalu pilih "Choose file" .zip yang telah anda miliki, setelah itu klik tombol "Install now"

Tunggu hingga instalasi tersebut selesai, lalu klik tombol "Aktifkan".

Untuk melihat hasil dari install theme tersebut silahkan klik "kunjungi situs"  Seperti tampilan dibawah ini

Demikian penjelasan kami tentang Cara install theme WordPress, semoga bermanfaat.

 

Tags

About The Author

Hysm 25
Novice

Hysm

SMK PLUS PRATAMA ADI Jl.Dipatiukur no.9 banjaran KELAS :XI NAME ;Hysm TTL :Bandung, 26-Maret-2006 HOBI :Rajin Mengaji CITA2 :Ustadz/Kiyai
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel