Mengenal cPanel Hosting

22 Feb 2023 19:20 415 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kesimpulannya cPanel ialah control panel yang digunakan untuk mengatur segala hal teknis mengenai website-mu.atau control panel untuk mengelola hosting website. Dengan adanya cPanel, Anda tidak perlu memerlukan pengetahuan tentang programing  maupun  coding secara terperinci untuk membangun website. Sebab cPanel dapat memberikan Anda kemudahan melalui tampilan khusus untuk pengguna untuk mengelola website.

Apa Itu cPanel?

Apakah Anda pernah mendengar kata cPanel? cPanel / control panel merupakan alat untuk mengontrol pengaturan domain, hosting maupun website.

cPanel ialah control panel yang digunakan untuk mengatur segala hal teknis mengenai website-mu.atau control panel untuk mengelola hosting website. Dengan adanya cPanel, Anda tidak perlu memerlukan pengetahuan tentang programing  maupun  coding secara terperinci untuk membangun website. Sebab cPanel dapat memberikan Anda kemudahan melalui tampilan khusus untuk pengguna untuk mengelola website.

Pada dasarnya cPanel merupakan platform panel kontrol yang sangat memudahkan penggunanya dalam pengelolaan website.

Fungsi dari cPanel

Setelah Anda mengetahui sedikit mengenai pengertian cPanel. Ada pula berbagai fungsi cPanel yang perlu Anda ketahui, berikut ini merupakan beberapa fungsi cPanel yang perlu Anda ketahui.

  • Mempermudah dalam mengelola website.
  • Membuat atau menghapus alamat email.
  • Mengatur konfigurasi PHP.
  • Mempermudah dalam mengelola file website.
  • Konfigurasi keamanan "security" folder/website.

Fungsi dari Fitur-fitur cPanel

Setelah Anda memahami fungsi cPanel, lalu ada beberapa hal bisa kamu lakukan di cPanel untuk mengoptimalkan website-mu agar lebih mudah diakses oleh pengguna. Berikut ini beberapa fitur-fitur dalam cPanel yang bisa kamu gunakan.

  • Mengelola file

Kamu bisa memilih beberapa menu dari dalam kolom files untuk melakukan pengaturan pada file di website-mu.

  • Mengelola database dan software

Pengelolaan database bisa Anda lakukan di cPanel dengan menggunakan PHPMyAdmin dan MySQL Database.

  • File Manager

Fitur ini berfungsi untuk mengatur file Anda. File manager memungkinkan Anda untuk meng-upload, membuat, menghapus, dan mengedit file tanpa memerlukan FTP atau aplikasi pihak ketiga.

  • Site Publisher

âSite publisher memungkinkan pengguna untuk membuat situs web secara cepat dengan berbagai template yang tersedia. 

 

Kelebihan & Kekurangan cPanel

Lalu di dalam cPanel terdapat kelebihan dan kekurangan yang pastinya kita ketahui, Berikut keunggulan cPanel?

Kelebihan

  • Beragam Fitur yang Melimpah

âKeunggulan cPanel yang pertama adalah ketersediaan fitur yang melimpah. Saking melimpahnya, Anda bisa menggunakan beberapa fitur berbeda dengan satu tujuan yang sama.

  • Mudah digunakan

ââKelebihan lainnya bisa kalian lihat dari sisi kemudahannya. Control panel ini mengusung tampilan GUI (Graphical User Interface) dengan begitu, akan lebih mudah dipahami dan digunakan oleh pemula sekalipun.

Kekurangan 

Selain keunggulan yang menarik bahkan cPanel masih memiliki beberapa kekurangan yang wajib kita ketahui, Berikut penjelasannya.

  • Performa agak lambat

âKekurangan yang pertama yakni kinerja yang agak lambat. Hal ini  merupakan konsekuensi dari ratusan fitur di masukan ke dalam software tersebut.

  • Biaya langganan yang mahal

âSebagai software yang berbayar, biaya penggunaan cPanel terbilang cukup mahal. Bahkan varian termurahnya di bandrol Rp 230.000.00/bulan

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian cPanel beserta serba-serbinya. Pada dasarnya cPanel merupakan alat yang memudahkan kita semua untuk mengelola website

Banyak yang menggunakan cPanel ini untuk mengelola WordPress karena dapat diinstal langsung melalui cPanel.

Tags

About The Author

Hysm 25
Novice

Hysm

SMK PLUS PRATAMA ADI Jl.Dipatiukur no.9 banjaran KELAS :XI NAME ;Hysm TTL :Bandung, 26-Maret-2006 HOBI :Rajin Mengaji CITA2 :Ustadz/Kiyai
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel