Mengenal WordPress Sebagai Pemula

15 Feb 2023 15:14 634 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Wordpress merupakan salah satu platform content management system yang bersifat  open-source, artinya semua pengembang bisa memodifikasi platform tersebut.

Apa itu Wordpress?

Wordpress adalah sebuah platform content management system yang paling populer di dunia. Berdasarkan laporan W3Techs, Wordpress digunakan hampir 43,2% website di seluruh dunia, bahkan untuk platform CMS-nya, Wordpress menguasai hampir 65,2% website di seluruh dunia.Dibalik kesuksesannya bagaimana sih kisah Wordpress sebelum menjadi penguasa CMS.

Wordpress merupakan salah satu platform content management system yang bersifat  open-source, artinya semua pengembang bisa memodifikasi platform tersebut. Wordpress sendiri saat ini terbagi menjadi dua yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org. Walaupun memiliki nama yang sama sebenarnya keduanya berbeda. Wordpress.com adalah platform pembuat website dari wordpress yang sekaligus memberikan hosting dan domain.

Sedangkan Wordpress.org adalah penyedia platform CMS Wordpress yang bisa diunduh dan diinstal secara gratis, untuk menggunakan layanan ini pengguna harus berlangganan hosting dan mendapatkan domain di penyedia lain.

Kelebihan Wordpress?

WordPress terkenal karena memiliki banyak fitur dan kelebihan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. SEO Friendly 

Website yang dibangun menggunakan Wordpress lebih ramah SEO. Website yang ramah SEO akan lebih mampu bersaing di mesin pencari seperti Google atau Bing . Tentu saja jika mencari sebuah keyword, pengguna kebanyakan hanya akan melihat halaman pertama pencarian atau bahkan hasil teratas pencarian.

2. Plugin Melimpah 

Plugin adalah semacam program yang mampu menunjang fungsi dari program utamanya.Plugin di Wordpress dapat membantu untuk lebih mudah dalam membangun kedua hal tersebut.

3. Murah

Penggunaan kata murah disini bukan berati dalam hal uang, namun kata murah disini Wordpress bisa digunakan secara gratis. pengguna hanya perlu menggunakan layanan hosting serta membeli sebuah domain agar Wordpress bisa berjalan dengan sempurna. Letak murahnya disini, terdapat banyak layanan hosting yang mempunyai paket layanan dengan harga murah dan sudah memberikan fitu-fitur mempuni.

 

Apa itu fungsi WordPress?

dengan perkembangan dan inovasi tiap tahunnya, Wordpress saat ini bukan hanya bisa digunakan untuk membuat blog dan sudah bisa mengakomodasi tipe website lainnya. Berikut penjelasan lebih lanjutnya :

1. Blog

WordPress memang pada awalnya adalah sebuah platform blog, karena itu membuat website blog tentu menjadi keunggulan platform yang satu ini. Apalagi fitu-fitur di WordPress juga memudahkan untuk membuat tulisan serta menambahkan gambar dan vidio.

2. Profil Perusahaan

WordPress bisa digunakan untuk membuat website  yang memuat profil perusahaan. Fungsi dari website profil perusahaan adalah untuk memperkenalkan perusahaan ke publik dengan memanfaatkan website. Tentu saja dengan tujuan untuk meningkatkan Engagement perusahaan.

3. Toko Online 

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa WordPress mendukung puluhan ribu plugin untuk mempermudah pembuatan website. salah satu plugin untuk WordPress bernama WooCommerce adalah plugin yang bisa kamu gunakan untuk membuat website toko online dengan mudah.

4. Komunitas Online 

Website komunitas online dapat membuat para pelanggan sebuah layanan atau bisnis untuk mendapatkan bantuan atau sekedar memberikan pendapat tentang produk. Dengan mempunyai website komunitas online pemilik bisnis akan lebih mampu untuk mengikat pelanggan dan bisa bersaing dengan bisnis lain.

Setelah kalian membaca dan mengetahui apa itu WordPress serta kelebihan dan fungsinya disini kami akan membagi tahu cara install WordPress di Subdomain.

Cara Install WordPress di Subdmain.

Install WordPress di subdomain cukup mudah, Sebelumnya,pastikan terlebih dahulu Anda sudah memmbuat Subdomain di cPanel. Jika belum, Anda bisa mengikuti  nya dibawah ini:

1. Buka cPanel

Buka cPanel lalu klik menu WordPress di Softaculous Apps Installer, lalu klik logo W

2. Klik Install Now

Klik Install now lalu pilih subdomain yang akan Anda install WordPress

3. Isi Data

Kemudian isi data website seperti biasa, dari nama website, deskripsi website, username, password, bahasa, hingga tema. Setelah itu,klik Install dan instalasi WordPress di subdomain selesai.

Sudah Siap Menginstall Website WordPress Anda!!

 

Tags

About The Author

Hysm 25
Novice

Hysm

SMK PLUS PRATAMA ADI Jl.Dipatiukur no.9 banjaran KELAS :XI NAME ;Hysm TTL :Bandung, 26-Maret-2006 HOBI :Rajin Mengaji CITA2 :Ustadz/Kiyai
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel