Kesehatan Tubuh Bumil Bisa Dijaga dengan Memanfaatkan Ikan Mujair

12 Dec 2022 10:26 497 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kesehatan Tubuh Bumil Bisa Dijaga Dengan Memanfaatkan Ikan Mujair

Ikan mujair adalah salah satu jenis ikan laut yang berasal dari Afrika termasuk ke dalam keluarga cichlid. Ikan mujair mudah dalam pembiakan sehingga dibudidayakan di lebih dari 135 negara di seluruh dunia. Manfaat ikan mujair banyak sekali salah satunya adalah untuk meningkatkan produktivitas pria dan menjaga kesehatan ibu hamil. Diketahui bahwa ibu hamil perlu memperhatikan konsumsi ikan (ikan laut dan ikan air tawar) karena banyak mengandung gizi namun perlu berhati-hati dalam memilih jenis ikan terutama dari kelompok ikan laut karena dikuatirkan ikan tersebut mengandung merkuri yang kurang bagus untuk perkembangan janin dalam perut. Mohon hindari ikan seperti ikan hiu, ikan pedang, makarel, marlin dan tuna. Maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi saja ikan mujair dimana ikan ini mempunyai kandungan merkuri rendah dan bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk ibu hamil. Ikan mujair juga banyak mengandung nutrisi yang bagus untuk ibu hamil seperti tersebut di bawah ini :

1/ Mengandung vitamin dan mineral

Ikan mujair mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bagus untuk perkembangan janin. Kandungan yang dimaksudkan adalah magnesium merupakan kandungan yang berfungsi untuk meminimalisir janin lahir cacat. Juga magnesium bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang pada janin. Kemudian ada kandungan niasin yang berfungsi hampir sama dengan magnesium yaitu berguna untuk memperkecil resiko keguguran pada ibu hamil. Ada juga kandungan vitamin B12 yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, di dalam ikan mujair mengandung sekitar 1.83 mcg vitamin B12, dimana vitamin B12 ini sangat efektif untuk mencegah spina bifida pada janin. Spina bifida merupakan suatu kondisi dimana tulang janin tidak berkembang sebagaimana mestinya. Selanjutnya adalah kandungan selenium yang bermanfaat untuk menangkal segala gangguan selama kehamilan dimana dalam ikan mujair mengandung sekitar 48.5 mcg. Terakhir adalah kandungan fosfor dalam ikan mujair mencapai angka 197.2 mg dimana fosfor ini bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang pada ibu hamil dan janis.

2/ Mengandung protein

Protein memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin. Kandungan protein dalam ikan mujair jumlahnya cukup besar yaitu sekitar 21-23 gram protein per filetnya. Sedangkan kebutuhan protein harian untuk ibu hamil adalah sekitar 71 gram. Jadi dengan mengkonsumsi satu filet ikan mujair per hari maka ibu hamil sudah memenuhi sepertiga kebutuhan protein harian. Bagi tubuh ibu hamil, protein berguna untuk memperbaiki organ-organ tubuh yang mengalami perubahan selama kehamilan seperti otak, otot dan darah.

3/ Perkembangan otak dan mata

Ikan mujair berfungsi membantu perkembangan otak dan retina mata janin secara maksimal. Ini karena ikan mujair kaya akan kandungan asam lemak omega-3 DHA. Omega-3 tersebut ternyata bagus untuk perkembangan sistem saraf pada janin. Bahkan omega-3 dalam ikan mujair digadang-gadang jumlahnya seperti dalam ikan tuna. Sehingga disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi omega-3 yang mencukupi setiap harinya.

4/ Rendah kalori

Ketika hamil, ibu-ibu perlu memperhatikan diet makanan. Maksudnya adalah perlu memperhatikan seberapa banyak kandungan nutrisi harian yang masuk ke dalam tubuh ibu. Ibu-ibu hamil disarankan untuk tidak makan sembarangan apalagi dalam jumlah yang berlebihan sehingga tidak menyebabkan munculnya gangguan kesehatan selama kehamilan. Diketahui bahwa ikan mujair mempunyai tingkat kalori yang rendah yaitu hanya 90 kalori per filetnya. Jadi ibu-ibi hamil tidak perlu kuatir dalam mengkonsumsi ikan mujair karena ikan ini rendah kandungan kalori.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel