Review Singkat Novel Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra Berjudul Sangkakala di Langit Andalusia

8 Mar 2023 13:10 871 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Review Singkat Novel Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra Berjudul Sangkakala Di Langit Andalusia

Adalah seorang wanita cantik bernama drg. Hj. Hanum Salsabiela Rais, M.B.A. merupakan seseorang kelahiran Yogyakarta pada tanggal 12 April 1982 dikenal sebagai penulis, politikus dan mantan presenter berita reportase di Trans TV. Hanun Salsabiela Rais merupakan putri dari Amien Rais yang saat ini menjabat sebagai anggota ‘Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta / DPRD DIY’ periode 2019 sampai dengan 2024 dari fraksi partai Amanat Nasional untuk daerah pemilihan DIY VI. Hanum menjalani pendidikan dasar di Muhammadiyah kota Jogja dan berhasil mendapatkan gelar dokter gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gajah Mada. Setelah lulus, Hanum sempat menekuni profesi sebagai jurnalis dan presenter berita di Trans TV. Hanum selanjutnya berangkat ke Eropa ketika sang suami yaitu Rangga Almahendra melanjutkan kuliah di Eropa. Hanum bekerja untuk proyek video podcast bernama ‘Executive Academy’ di WU Vienna selama 2 tahun dan kemudian pindah tempat ke detik.com sebagai staf koresponden untuk kawasan Eropa dan sekitarnya. Pada tahun 2010, Hanum menerbitkan buku pertamanya yang berjudul ‘Menapak Jejak Amien Rais : Persembahan Seorang Putri Untuk Ayah Tercinta’. Ini adalah sebuah novel biografi yang di dalamnya mengulas tentang kepemimpinan, keluarga dan pelajaran hidup. Hanum juga berhasil menerbitkan buku kedua yang berjudul ‘Berjalan Dia Atas Cahaya Dan 99 Cahaya Di Langit Eropa’ telah sukses diadaptasi menjadi film bersekuel yaitu ’99 Cahaya Di Langit Eropa Dan 99 Cahaya Di Langit Eropa’ part 2.

Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M. adalah seorang pria kelahiran tanggal 25 Januari 1981. Rangga Almahendra adalah dosen pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis pada Universitas Gajah Mada / UGM di Yogyakarta. Ia adalah lulusan dari Institut Teknologi Bandung / ITB, Universitas Gadjah Mada / UGM Yogyakarta dan WU Vienna Eropa. Rangga Almahendra adalah suami dari Hanum Salsabiela Rias, putri dari Amien Rais.

Bekerjasama dengan sang istri tercinta, ia telah berhasil menerbitkan beberapa buku yaitu : 99 Cahaya Di Langit Eropa : Perjalanan Menapak Jejak Islam Di Eropa, Bulan Terbelah Di Langit Amerika, Hanum & Rangga : Faith And The City dan I Am Sarahza.

Mengulas Secara Singkat Pros & Cons

1/ Pros

Dalam novel ini menyajikan sebuah kisah tentang sejarah yang dikemas dengan cara menarik. Kisah-kisah di dalam buku ini bersifat informatif, yang dapat menambah insight dan pengetahuan baru. Penulis melukiskan kisah ini secara objektif dan subjektif. Penulis dinilai berhasil menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang tidak terasa dipaksakan.

Hanum dan Rangga banyak menyisipkan pesan-pesan moral lain yang menjadi bahan untuk pembelajaran motivasi kehidupan bagi para pembaca. Novel ini banyak memuat kutipan-kutipan yang berhasil menggugah hati para pembaca dan memberikan semangat dan motivasi.

2/ Cons

Periode masing-masing kisah dalam novel ini disajikan cukup panjang yaitu kisah yang menghadirkan cukup banyak tokoh yang dinilai sulit untuk diingat satu per satu dan inilah yang menjadi sebuah kendala dalam proses membaca kisah ini.

Setelah hampir delapan abad Islam berdaulat di Andalusia, kepemimpinan Ferdinand dan Isabella menjadikan Muslim terusir dari negeri ini. Adalah Rammar Ibunu Baqar, seorang pemuda yatim-piatu yang dikenal dalam lingkungannya sebagai penghafal Al-Qur’an terakhir di Andalusia, menempuh jalan panjang guna menemukan jawaban mengapa dirinya selamat dalam pertempuran yang menewaskan kedua orangtuanya. Baqar diuji antara berhasil memenangkan perang melawan inkuisitor ximenes de Cisneros atau melawan kemelut umat di hari pertempuran tersebut terjadi.

Secara garis besar novel ini meggambarkan seputar kehidupan Muslim di Eropa khususnya di Tanah Andalusia. Sebagimana yang banyak diketahui oleh orang-orang Muslim di Indonesia, Andalusia menjadi saksi bisu majunya peradaban Islam di Eropa. Andalusia menjadi saksi kezaliman yang terjadi di dalam tubuhnya. Novel ini juga mempunyai hubungan yang sangat erat dengan karya penulis sebelumnya yang berjudul 99 Cahaya Di Langit Eropa.

Perjalanan terakhir Hanum dan Rangga dalam buku berjudul 99 Cahaya Di Langit Eropa yang mengajak para pembaca untuk menelusuri perjalanan tokoh utama dalam novel ini yaitu Rammar Ibnu Baqar beserta keluarganya menjadi titian kezaliman rezim penguasa di masa lampau, silang selimpat Muslim dan usaha untuk mencapai ghayah dan wasilah, hingga tibalah dalam sebuah persimpangan jalan yaitu antara kematian atau kebangkitan ?

Kelebihan Novel Sangkakala Di Langit Andalusia

Gaya cerita yang ditonjolkan oleh Hanum dan Rangga dinilai sangat menarik. Mereka mampu melukiskan latarbelakang dengan detail sehingga pembaca terpengaruh dan bisa membayangkan bagaimana suasana yang berlangsung dalam cerita tersebut. Ada situasi mencekam, sedih atau menakutkan. Gaya bercerita yang menarik ini mengajak para pembaca untuk betah dan merasa penasaran akan kelanjutan kisah yang diulas. Hanum dan Rangga dinilai berhasil dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang ringan dan tidak dipaksakan. Pesan-pesan tersebut disiratkan dalam kisah bab per bab ditulis dengan rangkaian kata-kata yang menarik dan indah. Alur kisah dinilai apik dan mengalir apa adanya. Di samping terselip pesan keagamaan, mereka berdua banyak menyisipkan pesan-pesan moral lainnya yang bisa menjadi bahan pembelajaran bagi para pembaca khususnya kelompok remaja. Dari awal hingga akhir kisah dalam buku ini para pembaca bisa menemukan ada banyak kejutan karena ada sisi insight yang selalu baru. Novel ini memuat banyak kutipan yang mampu menggugah hati para pembacanya untuk memberikan semangat dan motivasi.

Pesan Moral Dalam Novel Sangkakala Di Langit Andalusia

Melalui novel ini anda diajak untuk senantiasa mampu memperjuangkan apa yang menjadi hak anda. Dimana masing-masing orang memiliki kebebasan untuk dapat menjalani hidupnya dengan tenang dan bisa menentukan pilihan sesuai dengan kehendaknya. Jangan lupa untuk selalu menghormati hak-hak orang lain serta berani untuk memperjuangkan hak anda. Melalui kisah yang tertulis apik dalam novel ini anda akan diberitahukan bahwa kemenangan tak selalu diperoleh dengan cara mengalahkan. Anda bisa menjadi pemenang jika anda memiliki kelapangan dada untuk mengalah. Kemenangan tidak dapat didefinisikan secara pasti.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel