Pengenalan Singkat Tentang Seni Kolase

12 Jan 2023 14:40 1416 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Pengetahuan Singkat Tentang Seni Kolase

Yang dimaksud dengan kolase adalah sebuah karya seni yang tercipta melalui cara menempel potongan-potongan, pecahan atau kepingan bahan-bahan material yang terbuat dari kertas, kaca, biji-bijian, kerang, kulit kayu, dedaunan kering atau bahan alam lainnya. Bahan-bahan tersebut ditempelkan pada sebuah gambar untuk dapat membentuk warna-warna yang unik dan indah. Kolase merupakan salah satu karya seni rupa dua dimensi yang menonjolkan berbagai macam paduan bahan. Kolase dapat memiliki bentuk tiga dimensi yang dikenal dengan istilah asemblase. Bahan yang tersedia dipadukan dengan bahan dasar lalu akan menjadi karya seni kolase yang menyuguhkan keindahan luar biasa cantik. Menurut Prof. Sofyan Salam, kolase adalah segala sesuatu yang ditempel termasuk bahan-bahan keras yaitu beberapa material yang dilekatkan dalam satu bidang maka sudah bisa disebut dengan istilah kolase.

Bahan Yang Digunakan Membuat Kolase

Karya seni kolase bisa dibuat dengan cara memanfaatkan bahan-bahan baku yang jenisnya bermacam-macam. Bahan-bahan yang dimaksudkan adalah akan menghasilkan karakter dalam bentuk kolase yang unik dan pastilah menarik. Bahan-bahan pembuatan kolase antara lain adalah sebagai berikut :

1/ Serutan kayu

Seni kolase yang pertama adalah memakai bahan dasar dari serutan kayu yang kering. Hal ini dimaksudkan agar mendapatkan warna natural yang awet lalu serutan kayu ditata sesuai dengan ukuran gambar yang diinginkan dan siap untuk ditempel.

2/ Kaca

Bahan kedua yang umum digunakan untuk karya kolase adalah dari bekas potongan kaca yang umumnya didapat pada tempat-tempat orang memasang bingkai untuk gambar pajangan yang sudah tidak digunakan lagi. Agar kaca terlihat berwarna-warni, anda bisa mengecatnya. Kalau anda tidak memiliki pemotong kaca maka anda bisa memecahkannya dengan cara dibanting atau dipalu. Dengan cara ini akan didapatkan ukuran kaca yang tidak beraturan dan berukuran tak teratur / tidak sama besar. Pengolahan kaca selanjutnya diharapkan berhati-hati agar tidak terluka.

3/ Batu

Batu yang cocok digunakan untuk karya kolase yang satu ini adalah batu akik karena mempunyai bermacam-macam warna lalu diasah sehingga warnanya akan terlihat lebih cemerlang.

4/ Logam

Sebaiknya dipilih bekas-bekas logam yang mudah didapat seperti seng, kuningan dan aluminium. Plat logam bisa dipotong-potong dalam ukuran yang dikehendaki lalu kemudian ditempel ke bidang dasar kolase.

5/ Keramik

Keramik memiliki warna yang bervariasi dimana anda bisa menggunakan bekas potongan keramik untuk lantai rumah dan pecahan keramik yang digunakan sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

6/ Tempurung kelapa

Pilihlah tempurung dari buah kelapa tua yang sebelumnya dibersihkan dari serat-serat sabut dan haluskan dengan ampelas. Setelah halus barulah dipotong sesuai ukuran yang dikehendaki. Tempurung bisa dipotong-potong dengan gergaji besi atau dipalu sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

7/ Biji-bijian

Kolase bisa dibuat dari bahan seperti biji-bijian. Bahan-bahan ini didapat dari tumbuh-tumbuhan yang ada di alam sekitar dimana biji-bijian tersebut ada banyak jenisnya dalam berbagai ukuran, warna dan tekstur. Biji-bijian ini sebelumnya dikeringkan agar mendapatkan warna-warna yang unik atau bila perlu digoreng tanpa menggunakan minyak (dengan pasir).

8/ Dedaunan kering

Bahan alam lainnya yang dapat digunakan untuk karya seni kolase adalah daun-daunan kering. Bahan ini sangat mudah diperoleh di sekitar halaman rumah yaitu dedaunan kering yang telah berguguran. Pilihlah warna daun kering yang mencolok berbeda-beda agar dalam penyusunannya menjadi sebuah lukisan yang terlihat hidup.

9/ Kulit buah

Kulit buah bisa digunakan untuk bahan dasar membuat karya seni kolase seperti kulit salak, kulit buah jeruk, kulit buah naga atau kulit buah rambutan. Semua kulit haruslah dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai bahan kolase lalu dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang dikehendaki untuk mendapatkan karya terindah.

10/ Kertas

Bahan kolase yang terakhir adalah memakai kertas yang berwarna. Sangat mudah menemukan jenis kertas berwarna yang bisa digunakan untuk bahan kolase. Kertas-kertas bekas sampul, majalah, poster, almanak, kemasan rokok atau kemasan produk industri dapat pula dimanfaatkan sebagai bahan kolase. Cara menggunakannya adalah kertas-kertas tersebut dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

Semoga bermanfaat

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel