Tips Membuat Buah Hati Tercinta Betah Sepanjang Hari di Rumah

17 Feb 2023 10:51 586 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Membuat Buah Hati Tercinta Betah Sepanjang Hari Di Rumah

Situasi pandemi belakangan ini mewajibkan setiap orang untuk tetap berada di dalam rumah. Ini akan menjadi kesempatan bagus bagi para orangtua untuk dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan sang anak. Hubungan yang dimaksudkan sebenarnya bisa terwujud melalui interaksi dan komunikasi yang lancar antara anak-anak dan para orangtua. Salah satu strategi yang dapat anda lakukan adalah dengan menjalankan aktivitas menyenangkan di dalam rumah bersama-sama. Pada saat mereka tidak bisa lagi bermain secara bebas dengan teman-temannya di taman, para orangtua bisa berperan menjadi teman bermain yang seru untuk mereka. Dimana aka nada banyak aktivitas menyenangkan bisa dilakukan di dalam rumah bersama dengan anak-anak. Seperti membereskan rumah dan memasak bisa menjadi alternatif bagus untuk dicoba. Tetapi perlu diingat bahwa anda tidak menyuruhnya untuk melakukan sendiri sebab kegiatan yang dilakukan bersama-sama adalah yang terbaik. Jadi apa saja aktivitas yang dimaksudkan ? Silahkan menyimak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Kegiatan membaca buku

Kebiasaan membaca yang bisa dibangun sejak dini dapat membantu meningkatkan kemampuan otak anak, bahkan pada waktu orang lain yang membacakannya. Rangsangan kata-kata dan frasa yang mereka terima secara terus-menerus akan bisa mengaktifkan bagian otak yang memprosesnya menjadi bahasa. Hal ini akan memberikan dampak bagus pada kemampuan komunikasi serta kreativitas mereka di masa depan. Untuk dapat membentuk kebiasaan yang baik ini maka ajaklah anak-anak anda untuk membaca buku bersama-sama. Temani mereka hingga selesai membaca dan lakukan ini secara berkala. Bila anak-anak anda belum bisa membaca maka anda bisa membacakan dongeng sebelum tidur atau cerita-cerita lain yang mereka gemari.

2/ Memasak bersama-sama

Memasak adalah salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan untuk anda lakukan bersama dengan anak-anak. Memasak akan membantu melatih kemampuan sensorik anak-anak seperti indra peraba saat anak-anak mengaduk-aduk bahan dan indra perasa ketika anak-anak mencicipi masakan. Memasak mampu mengajari anak-anak anda tentang pentingnya kerja sama dalam sebuah tim. Perlihatkan kepada mereka bahwa kegiatan yang dilakukan bersama-sama akan memberikan hasil terbaik. Tak perlu berat-berat, mereka bisa memulainya dengan mengupas dan mengiris bawang serta memotong sayuran.

3/ Berkemah

Berkemah tidak perlu jauh-jauh dilakukan sampai ke gunung, anda bisa menggunakan bahan seadanya saja di rumah seperti sarung atau selimut lebar untuk dijadikan sebagai sebuah tenda di dalam rumah. Ini seperti sebuah kegiatan yang unik dilakukan di rumah dan akan mampu mencuri perhatian anak-anak sehingga mereka sejenak mau melepaskan gawai yang terus digenggamnya. Jika anda memiliki uang lebih dan kebetulan halaman rumah yang cukup luas maka direkomendasikan untuk memakai tenda camping asli sehingga anak-anak bisa merasakan aktivitas berkemah yang lebih nyata di luar rumah.

4/ Menggambar

Pada umumnya anak-anak suka menggambar seperti hanya berupa coret-coretan belaka atau gambaran serius di buku gambar. Lantas mengapa kegiatan ini tidak dijadikan sebagai aktivitas bersama-sama ? Anak-anak yang diperhatikan ketika mereka sedang menggambar pastinya akan merasa senang karena orangtua mempedulikan mereka dan menjadi tidak kesepian. Ajaklah anak-anak untuk menggambar hal-hal kegemaran mereka dengan menyediakan krayon, pensil warna atau cat air supaya kegiatan menggambar kian menyenangkan. Hindari sikap-sikap asal menyuruh, dalam hal ini para orangtua sebaiknya ikut menggambar supaya bisa menemani anak-anak sekaligus memiliki banyak waktu luang untuk mengobrol hal-hal seru.

5/ Mendongeng atau bercerita

Ketika anda sedang mendongeng di hadapan anak-anak, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk belajar bahwa ternyata bentuk emosi dan ekspresi itu ada beragam misalnya marah, kecewa, bingung, sedih, terkejut atau lain sebagainya. Dengan mengajak anak bercerita maka pengalaman emosi mereka semakin dipertajam. Ini tentu saja berpengaruh kepada kecerdasan emosional mereka di masa depan. Mendongeng bisa mengembangkan kemampuan bahasa mereka sejak dini hari, menanamkan nilai-nilai luhur serta menambah kehangatan keluarga melalui proses komunikasi yang akan berlangsung secara otomatis ketika anda sedang mendongeng hingga pada akhirnya mereka mau melakukannya sendiri tanpa perlu disuruh akan tumbuh jiwa amanah dalam diri mereka sejak masih kecil.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel