Fakta Singkat tentang Westernisasi

30 Nov 2022 16:25 303 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Singkat Tentang Westernisasi

Secara harfiah westernisasi adalah istilah yang diberikan untuk hal-hal yang berhubungan dengan proses pembaratan. Westernisasi ibarat sebuah fenomena modern yang secara langsung bisa menyebar secara luas. Konsep ini telah memberikan pengaruh terhadap pola piker dan sudut pandang moral budaya serta struktur budaya terhadap sebuah bangsa. Westernisasi adalah konsep yang bisa mempengaruhi kondisi politik, ekonomi, moral, sosial dan budaya. Dimana fenomena ini akan memberikan dampak positif dan negatif terhadap masyarakat dalam suatu negara.

Dampak Positif Dari Westernisasi

Westernisasi menyebabkan munculnya role model dunia global yang mengarah kepada perspektif negara barat. Dalam proses westernisasi bermunculan masyarakat non barat yang terkungkum di bawah pengaruh barat lalu akan diarahkan untuk mengadopsi budaya barat melalui kehidupan sehari-harinya yang berhubungan dengan berbagai bidang. Dalam hal ini westernisasi memiliki dampak positif dan negatif. Dampak yang sifatnya positif akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan pada masyarakat tertentu. Berikut adalah dampak positif dari westernisasi.

1/ Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Budaya barat selama ini dikenal sebagai salah satu budaya modern dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah sangat canggih. Masuknya westernisasi membuat kemajuan Iptek bagi negara-negara non barat untuk mencontohnya.

2/ Akulturasi antar budaya

Dari westernisasi akan menyebabkan terjadinya akulturasi budaya dalam masyarakat tertentu. Ini akan membuat masyarakat tidak mengalami kebosanan dalam bidang budaya karena masayarakat selalu menginginkan hal-hal yang baru yang dapat menambah budaya baru dalam masyarakat.

3/ Peningkatan kemampuan bahasa asing

Westernisasi mengharuskan masyarakat untuk bisa meningkatkan kemampuan berbahasanya. Dengan westernisasi maka masayrakat budaya timur bisa belajar bahasa-bhasa di luar bahasa ibunya. Ini akan meningkatkan komunikasi bahasa dan jaringan pada setiap individu.

4/ Memperluas peluang ekonomi

Fenomena westernisasi bermanfaat untuk mengglobalisasikan produk-produk ekonomi guna menciptakan cara yang lebih efisien untuk memproduksi, mendistribusikan serta menjual barang dan jasa ke masyarakat dunia. Westernisasi menjadi salah satu permulaan yang bagus untuk pembangunan ekonomi jangka panjang pada tingkat lokal.

Dampak Negatif Dari Westernisasi

Westernisasi akan melahirkan generasi bangsa yang diharapkan mampu mengubah sikap dan perilaku yang kurang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Generasi muda sekarang ini cenderung beranggapan bahwa budaya negara barat lebih maju dan lebih modern. Berikut adalah beberapa dampak negatif dari adanya westernisasi.

1/ Hilangnya rasa nasionalis

Dengan adanya anggapan bahwa budaya barat adalah budaya yang lebih maju dan lebih modern dibandingkan dengan budaya lokal sehingga menyebabkan mulai hilangnya rasa cinta terhadap kebudayaan sendiri bahkan sampai tidak adanya jiwa nasionalis dalam masing-masing individu.

2/ Memudarnya nilai tradisi dan budaya asli

Westernisasi membuat orang cenderung memuja kebudayaan asing dibandingkan dengan kebudayaan sendiri. Ini bisa mengakibatkan turunnya moral tradisi penduduk suatu negara yang secara langsung terkena dampak dari westernisasi.

3/ Terancamnya suatu keteraturan sosial masyarakat

Perkembangan westernisasi dalam masyarakat akan menyebabkan kerusakan dalam keteraturan sosial masyarakat, kondisi ini tentunya sangat dipengaruhi oleh keadaan yang berbeda berlangsung dalam kehidupan masyarakat. Banyak bermunculan penyimpangan-penyimpangan yang tidak lagi sesuai dengan kondisi poistif dan pada akhirnya akan menjadikan terancamnya keteraturan sosial.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel